7 tips bertahan hidup
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

7 Tips Bertahan Hidup Menggunakan Jam Tangan

Tidak ada yang ingin tersesat, tetapi jika itu terjadi, Anda harus memaksimalkan apa yang ada di tangan … atau di pergelangan tangan Anda. Akan kita bahas dibawah ini 7 tips bertahan hidup menggunakan jam tangan.

Meskipun jam tangan yang sederhana adalah sesuatu yang banyak dari kita mungkin anggap remeh, tahukah Anda bahwa ada beberapa trik di lengan Anda dengan arloji kecil ini? Misalnya, ada cara untuk menyalakan api, memberi tahu arah, dan bahkan cara membuat pisau darurat … semuanya dari jam tangan sederhana!

7 Tips Bertahan Hidup Dengan Jam Tangan Kamu

Tips #1 : Memberieri Tahu Arah
tips bertahan hidup 1

Sebelum membongkar arloji Anda, Anda sebenarnya dapat menggunakannya sebagai kompas sederhana untuk membantu memberi tahu arah. Trik ini akan membutuhkan jam atau arloji analog dan dilakukan pada siang hari.

Prosesnya sedikit berbeda tergantung di belahan bumi mana Anda berada, tetapi keduanya mengikuti langkah yang sama:

Belahan Bumi Utara
Letakkan jam tangan di tangan Anda dengan jam menghadap ke atas, lalu putar seluruh jam tangan hingga jarum penunjuk jam menunjuk ke arah matahari. Titik tengah antara jarum penunjuk jam dan 12 pada arloji adalah Selatan.

Belahan bumi Selatan
Letakkan jam tangan di tangan Anda dengan jam menghadap ke atas, lalu putar seluruh jam tangan hingga ke-12 jarum jam menunjuk ke arah matahari. Titik tengah antara jarum penunjuk jam dan 12 pada arloji adalah Utara.

Dari sini Anda dapat menentukan arah kompas lainnya.

Tips #2 : Bongkar Jam
tips bertahan hidup 2

Jam tangan mengandung banyak komponen yang lebih kecil yang dapat digunakan dalam berbagai situasi bertahan hidup.

Sebagian besar jam tangan mudah dibuka dari belakang. Lihat sekeliling pelat belakang untuk menemukan takik kecil yang dapat digunakan untuk mencungkil lapisan belakang dengan pisau tajam. Berhati-hatilah di sini, karena bagian belakang arloji dipasang sangat erat.

Dengan bagian belakang jam tangan dilepas, komponen lainnya dapat dengan mudah dilepaskan dari rumah jam tangan. Kaca bagian depan jam tangan juga pas dengan tekanan pada tempatnya, dan dapat dengan hati-hati dikeluarkan dari rumah logam dengan tongkat tumpul, atau batu yang dibungkus kain.

Tips #3 : Nyalakan Api
tips bertahan hidup 3

Banyak jam tangan menggunakan lensa cembung sebagai penutup kaca di atas permukaan jam, ini membuat waktu membaca lebih mudah. Lensa sempurna untuk memfokuskan matahari untuk menyalakan api.

Seka lensa hingga bersih dari noda dan tahan sekitar 6 inci dari tinder kering Anda. Anda akan ingin memegang lensa tegak lurus terhadap sinar matahari dan memindahkan lensa untuk memfokuskan matahari ke titik cahaya. Pindahkan titik ini ke sumbu dan tahan selama beberapa detik, berkas cahaya yang sangat terfokus sangat panas dan akan dengan mudah menyalakan sumbu dan menyalakan api Anda.

Tips #4: Jam Matahari Primitif
tips bertahan hidup 4

Mungkin terlihat konyol membuat jam matahari dari jam tangan, tetapi jika Anda terdampar dan jam tangan Anda kehabisan baterai, ini adalah penggunaan yang cukup bagus.

Meskipun jam matahari mungkin tampak primitif, sebenarnya jam matahari dirancang dengan cermat berdasarkan tempat pembuatannya saat matahari memberikan bayangan yang berbeda berdasarkan lokasi Anda secara garis lintang. Untuk mengimbangi panjang bayangan, lengan yang menjulur keluar dari pelat panggil dan membentuk bayangan diatur pada sudut yang berbeda, lengan ini disebut gnomon. Untuk mengetahui waktu yang tepat, gnomon harus sejajar dengan sumbu bumi dan harus mengarah ke Utara Sejati (lihat langkah tentang menggunakan arloji Anda sebagai kompas).

Akan membantu jika Anda mengetahui perkiraan garis lintang sebelum Anda berangkat, ini akan menjadi perkiraan derajat di mana gnomon Anda harus ditetapkan. Misalnya, jika Anda berkemah di suatu tempat di California Utara, Anda dapat memperkirakan garis lintang Anda sebagai 40º, oleh karena itu sudut gnomon untuk jam matahari Anda harus 40º.

Jelas ini tidak akan memberi Anda waktu yang tepat, tetapi dapat membantu Anda melacak hari saat Anda terdampar. Mulailah dengan menyelaraskan jam matahari dengan jam 12 ketika matahari berada pada titik tertinggi di atas Anda. Dengan menghabiskan lebih banyak waktu dengan jam matahari, Anda dapat memperbaikinya sedikit untuk mendapatkan waktu yang lebih akurat. Mengetahui bahwa matahari bergerak 15º ke arah barat dalam satu jam, Anda dapat dengan mudah mulai menandai jam dan menit.

Tips #5 : Reflektor

Bagian belakang jam tangan yang kokoh adalah reflektor yang sempurna untuk menarik perhatian orang yang jauh, atau pesawat yang lewat.

Meskipun bagian belakang arloji Anda memiliki lapisan matte, kemungkinan besar masih dapat digunakan sebagai reflektor. Coba gosok kembali arloji dengan kain katun apa saja untuk benar-benar menyinari arloji, lalu arahkan arloji ke belakang menghadap matahari dan coba pantulkan sinar matahari. Berlatihlah mengarahkan sinar matahari ke suatu tempat terdekat terlebih dahulu untuk memutar teknik refleksi Anda.

Saat Anda siap, Anda dapat dengan mudah memberi sinyal kepada orang yang sangat jauh dengan mengarahkan reflektor ke arah mereka untuk menarik perhatian mereka. Jika Anda merasa sangat percaya diri, Anda bahkan dapat mem-flash kode Morse dan mengirim pesan!

Tips #6 : Asah Pisau

Banyak jam tangan memiliki tali kulit yang tidak hanya membuat nyaman dipakai, tetapi juga memberi kita bahan yang bagus untuk membuat benda bertahan hidup.

Tali kulit bisa digunakan seperti tali untuk mengasah pisau. Kencangkan salah satu ujung tali jam untuk mengencangkannya, lalu gerakkan ujung pisau Anda dengan hati-hati di sepanjang tali kulit dengan ujung tajam di belakang batangnya. Meskipun talinya mungkin kecil, namun tetap berfungsi untuk menghilangkan kotoran di tepi pisau dan mengembalikan tepi pisau Anda.

Tips #7 : Buat Pisau

Yang terakhir dari 7 tips bertahan hidup, Jika Anda ahli di alam terbuka, Anda mungkin sudah memiliki pisau. Tetapi, dalam situasi bertahan hidup Anda mungkin membutuhkan pisau lain untuk kegunaan yang berbeda: mungkin Anda ingin menyimpan pisau yang baik untuk benda-benda yang membutuhkan ujung yang halus dan tajam, atau mungkin pisau Anda hilang.

Dalam situasi bertahan hidup, Anda dapat menggunakan arloji Anda untuk membuat pisau. Tutupi kaca bagian depan jam tangan dengan daun, ketuk kaca dengan hati-hati agar pecah dan membuat pecahan kaca. Anda akan dengan mudah menemukan beberapa potongan yang sangat tajam dan dapat dengan mudah dibuat menjadi pisau.

Gunakan pecahan kaca Anda untuk memotong potongan kulit panjang bersambung dari tali jam tangan Anda, ini akan digunakan untuk mengikat pecahan kaca ke pegangan. Untuk membuat pegangan, temukan tongkat yang kokoh dengan bukaan di salah satu ujungnya, lalu masukkan pecahan kaca ke tempatnya dengan aman di bukaan dan ikat erat dengan strip kulit.

Meskipun tidak sekokoh pisau asli, pisau ini dapat dengan mudah memotong kain dan daging.

Selain untuk menunjukkan waktu, jam tangan juga bisa membantu kamu bertahan hidup nih. Menurut kamu dari 7 tips bertahan hidup menggunakan jam tangan diatas mana yang paling bermanfaat?

sumber: http://instructables.com

Baca juga
Ingin Menghemat Waktu ? Ternyata ada tipsnya!!
Alasan Mengapa Jam Tangan Cocok Dijadikan Hadiah
Jam Tangan Dr.Ji Sun Woo Dalam Serial ‘The World Of The Married’
Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan #DirumahAja!

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *