akurasi jam tangan otomatis
ARTIKEL,  INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Akurasi Jam Tangan Otomatis Yang Seharusnya

Salah satu hal paling menarik tentang meliput satu subjek selama bertahun-tahun dan bertahun-tahun (selain bertanya-tanya apakah menulis tentang jam tangan sepanjang hari benar-benar dianggap sebagai pekerjaan yang cocok untuk orang dewasa yang bertanggung jawab)

Ketika Anda mulai menulis artikel, Anda mulai memperhatikan berapa banyak celah yang masih ada. Bisa bersumber dari dalam pengetahuan Anda sendiri dan betapa sedikitnya Anda telah memeriksa fakta hal-hal yang telah Anda ulangi. Sebagai kebijaksanaan konvensional selama bertahun-tahun begitulah cara penulis membuat artikel. Belum lama ini, saya berbicara dengan seseorang yang sangat banyak mendengar. Beliau lebih sering mendengar daripada saya. Bisa dari pelanggan yang terkadang merasa harapan mereka untuk akurasi dari jam tangan mereka tidak terpenuhi. Orang ini bertanya kepada saya apa yang menurut saya merupakan harapan yang masuk akal. Seberapa akurasi sebuah jam tangan otomatis itu dapat dipenuhi

Saya pikir, tidak ada satu jawaban pun yang tepat untuk pertanyaan ini. Itu benar-benar tergantung pada jam tangan dan juga tergantung pada pemilik individu. Dalam banyak kasus, apakah ekspektasi Anda didasarkan pada kenyataan terhadap spesifikasi yang dinyatakan oleh pabrikan untuk jam tangan tersebut.

Rolex, Grand Seiko, dan banyak merek lain secara rutin mempublikasikan persyaratan akurasi dan presisi mereka. Jika Anda membeli Rolex hari ini, Anda harus mengharapkan akurasi hingga + 2 / -2 detik per hari, paling banyak ya berhenti penuh jika tidak digunakan. Pergerakan Grand Seiko Hi-Beat di spesifikasi memiliki akurasi hingga + 5 / -3 detik per hari, dan itulah yang seharusnya Anda harapkan.

Seberapa Akurasi Jam Tangan Otomatis Yang Bisa Diharapkan?

akurasi jam tangan rolex

Dalam kedua kasus di atas, Anda mungkin mendapatkan kinerja yang lebih baik dari spesifikasi. Menurut pengalaman saya, secara anekdot Grand Seiko secara rutin kurang melaporkan akurasi jam tangan merek. Tetapi saya jelas tidak memiliki sampel yang signifikan secara statistik.

Seorang teman saya yang membeli Grand Seiko GMT, beat non-high, sebulan yang lalu mengatakan dia tidak menyadarinya bahkan tidak sampai semenit pun. Kelebihan atau kekurangan maksimum satu menit per bulan pernah diiklankan sebagai pencapaian besar di tahun 1960-an oleh Girard-Perregaux. Untuk jam tangan Chronometer HF (frekuensi tinggi) mereka. Sebuah jam tangan dengan sertifikasi kronometer dari COSC tentunya harus mengikuti spesifikasi COSC; spesifikasi COSC antara lain, + 6 / -4 detik per hari. Atau sekitar + 3 menit / – 2 menit per bulan.

akurasi jam tangan grand seiko

Selain produsen yang mempublikasikan spesifikasi akurasi internal mereka. Terlebih mereka yang memiliki sertifikasi kronometer jam tangan. Banyak hal bisa menjadi sedikit lebih sulit untuk dijabarkan dari sisi akurasinya. Namun, Anda bisa melihatnya dari spesifikasi yang diterbitkan oleh pabrikan dengan estimasi untuk nilai pergerakannya yang berbeda. Sellita, misalnya, untuk SW 200-1-nya, memiliki empat tingkatan: standar, khusus (elaboré), premium (atas), dan kronometer.

Pada kelas standar yang disesuaikan dengan dua posisi, kecepatan deviasi maksimum antara posisi 30 detik / hari ditentukan. Dengan akurasi harian ± 12 detik per hari. Di kelas atas, variasi kecepatan maksimum yang diharapkan antara posisi adalah 15 detik per hari. Untuk akurasinya adalah ± 4 detik per hari (gerakan disesuaikan ke lima posisi). Dan tentu saja untuk Sellita atau ETA, pergerakan kelas kronometer harus sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh COSC.

Konstruksi Jam Tangan Otomatis

Ada beberapa perbedaan konstruksi antar grade, sebagian besar dalam escapement dan dalam sistem antishock. Satu perbedaan penting antara jam tangan yang lebih presisi dan kurang presisi ada di pegas keseimbangan. Perbedaan di kelas nya bisa terjadi karena memproduksinya dalam jumlah banyak.

Dengan tingkat presisi yang diperlukan untuk jam tangan kelas kronometer, dalam konsistensi tinggi, tidak banyak produsen yang dapat melakukannya (yang terbesar sejauh ini adalah Nivarox-FAR, yaitu dimiliki oleh Swatch Group).

Saya bertanya kepada salah satu pembuat jam tangan paling dihormati di New York, Alkis Kotsopoulos, dari Swiss Watch Repair Co. “Apakah ada gagasan bahwa arloji baru perlu menyesuaikan kecepatannya selama beberapa minggu sebelum Anda dapat mengevaluasi akurasinya?”

Saya menyebutkan ini adalah sesuatu yang saya dengar berulang kali. Saya mengatakannya lagi dan lagi tetapi saya tidak benar-benar tahu apakah itu benar dan dia tertawa. “Aku juga banyak mengatakannya.” Katanya, “tapi menurutku itu tidak benar.” Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa jika dia memiliki pelanggan yang benar-benar menginginkan akurasi terbaik, dia bertanya tentang kebiasaan memakai jam tangan, termasuk di pergelangan tangan mana jam tangan dipakai klien. Bagaimana disimpan di malam hari. Tingkat aktivitas. Dan sebagainya.

Kesimpulan

Kesimpulannya bagi saya dari semua ini adalah bahwa mesin jam modern, dibuat dengan bahan dan metode modern. Anda bisa mendapatkan akurasi kronometer (dalam pengertian COSC) atau lebih baik. Tetapi mungkin Anda perlu ke pembuat jam untuk mengatur jam tangan, terutama untuk mengevaluasi kebiasaan memakai Anda. Di luar kotak, kemungkinan Anda akan mendapatkan spesifikasi mesin jam dan / atau spesifikasi pabrikan apa pun untuk jam tangan itu, jadi jika Anda mengkhawatirkan keakuratan dan ketepatan, masuk akal untuk melakukan pekerjaan rumah Anda.

Ingat, kinerja yang konsisten dalam mesin jam yang diproduksi secara massal tidak hanya membutuhkan produksi presisi, tetapi juga memerlukan kontrol kualitas praktik terbaik. Perawatan merupakan bagian dari apa yang Anda bayar saat mendapatkan jam tangan presisi. Dan tentu saja, untuk jam tangan vintage dengan riwayat servis yang tidak diketahui, tidak ada ekspektasi presisi yang realistis sampai jam tangan tersebut diservis. Anda mungkin beruntung tetapi mungkin tidak, dan saya selalu merasa bahwa menjalankan jam tangan setiap hari dengan pelumas kering mungkin bukan ide yang bagus. Jadi jika ditanya seberapa akurasi jam tangan otomatis yang diharapkan? Tentunya semua berharap tidak sampai 1 detik setiap hari.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Sejarah Lahirnya Si Tangguh G-Shock
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *