Perjalanan Pencatat Waktu
Uncategorized

Anda Tahu Kenapa Pencatat Waktu Sangat Berharga ?

Perjalanan Pencatat Waktu

Perjalanan Pencatat Waktu. Mulianya waktu dalam hidup ini. Waktu yang telah pergi tidak akan kembali. Yang belum datang tak ada yang bisa memastikan. Waktu saat ini adalah harta karun untuk menanggapi masa lalu dan menyambut masa depan.

Peran Astronomi Muslim dalam Pencatatan Waktu Dunia

Salah satu penunjuk waktu pertama yang ditemukan di dunia adalah jam bayangan matahari atau sundial di zaman Mesir kuno pada sekitar tahun 1500 Sebelum Masehi. Jam tersebut tersebut dibagi menjadi 12 segmen seimbang untuk menandakan waktu. Jam matahari kemudian dikembangkan oleh Astronomi Muslim, Abu’l-Hasan Ibn al-Shatir pada tahun 1371. Berdasarkan pengembangan awal pada trigonometri oleh Muhammad ibn Jābir al-Harrānī al-Battānī (Albategni). Konsep ini kemudian juga ditemukan di belahan dunia barat dimulai pada tahun 1446.

Anda Tahu Kenapa Pencatat Waktu Sangat Berharga ? - RADATIME

Water Clock

Water clock atau pencatat waktu dengan menggunakan air juga merupakan instrumen awal pencatat waktu di peradaban manusia. Sekitar tahun 1417-1379 Sebelum Masehi, water clock ditemukan di zaman pemerintahan Amenhotep III, Mesir. Bahkan dari beberapa sumber, jam air dipercaya sebagai salah satu pencatat waktu yang paling tua di peradaban manusia, karena diindikasi digunakan pada tahun 4000 Sebelum Masehi di China.

Jam Air - RADATIME

Hourglass

Pencatat waktu juga terus berevolusi dengan tujuan pengelolaan waktu yang lebih efektif dan efisien. Salah satu pencatat waktu yang sangat populer yaitu jam pasir atau hourglass. Menurut sumber dari Guiness World Records, jam pasir pertama ditemukan pada abad ke 8 oleh biarawan Prancis bernama Liutprand.

Jam Pasir Durasi Setengah Jam Asal Jerman - RADATIME

Era Jam Moderen

Dalam kehidupan, tiada subjek maupun objek yang bisa luput dari jalannya waktu. Untuk mengoptimalkan kehidupan, peran pengelolaan waktu secara disiplin adalah hal yang paling penting. Oleh sebab itu, inovasi dan pengembangan alat pencatat waktu tidak pernah berhenti karena waktu yang tak ternilai harganya.

Kenapa Jam Tangan disebut “watch”, Jam Dinding disebut “clock”

Dari sumber wikipedia, “watch” berasal dari bahasa Inggris kuno yaitu “woecce” – watchman atau penjaga, yang berarti penjaga malam atau penjaga gedung kosong. Ada pula sumber yang mengatakan bahwa di abad ke 17, istilah ini digunakan oleh pelaut yang menggunakan mekanisme baru untuk mengukur panjangnya jadwal penjaga waktu di kapal. Clock atau jam dinding berasal dari bahasa Inggris pertengahan yaitu “clokke”, yang artinya bel.

Asal Mula Jam

Jam yang dipakai paling awal ditemukan pada abad ke 16. Ratu Elizabeth 1 Inggris menerima sebuah jam yang disebut sebagai jam lengan dari Robert Dudley pada tahun 1571. Pada saat itu, jam tangan umumnya digunakan oleh kaum wanita dan kaum lelaki memakai jam saku hingga awal abad ke 20. Ini dikarenakan kerentanan komponen jam tangan yang mudah sekali rusak, maka tempat teraman adalah menyimpannya di dalam saku.

Dari salah satu sumber menyatakan bahwa pencipta jam yang dipakai pertama di dunia adalah Peter Henlein, asal Jerman. Jam yang dibuat adalah jam ornamental yang dipakai sebagai liontin. Untuk jam tangan yang dipakai di pergelangan tangan atau wristwatch, menurut salah satu sumber, dibuat oleh Abraham Louis Breguet. Abraham Louis Brequet juga adalah pencipta tourbillon pertama di dunia.

Jam Tahun 1530 - RADATIME

Peran Jam Tangan di Militer

Jam tangan pertama kali digunakan di militer pada abad ke 19. Dan sangat berjasa dalam efektifnya pelaksanaan sinkronisasi manuver perang tanpa memberi signal yang biasanya bisa dibaca oleh musuh. Jam tangan merupakan faktor penting dalam kemenangan pada perang Boer sekitar tahun 1890an. Jam kantong yang umumnya disimpan dalam saku dirasakan kurang praktis sehingga para militer mengikatnya di pergelangan tangan. Peran jam tangan menjadi siginifikan mulai pada saat itu.

Marine Chronometers

Marine chronometers adalah jam yang digunakan di laut sebagai standar waktu, salah satu fungsi paling penting dari jam adalah untuk mengukur garis bujur posisi kapal di laut. Ada satu bencana yang terkenal dinamakan “Scilly Naval Disaster of 1707” dimana 4 kapal karam dikarenakan kesalahan navigasi. Pemerintah Inggris menawarkan hadiah sebesar £20,000 bagi yang bisa menemukan garis bujur secara tepat. Hadiah itu kemudian dimenangkan oleh John Harrison, seorang tukang kayu yang berhasil membuat sebuah marine chronometer yang akurat.

Catatan: Cara mengukur garis bujur sebuah lokasi adalah dengan menghitung perbedaan waktu dari lokasi yang diketahui contohnya Greenwich Mean Time (di Inggris) dan pada waktu kapal berada di posisi matahari paling tinggi di siang hari.

Marine Chronometer - RADATIME

Asal Mula Jam Baterai

Inti dari sebuah jam bertenaga baterai terletak pada kristal quartz atau kuarsa yang ditemukan oleh Jacques dan Pierre Curie di tahun 1880. Osilator kristal quartz pertama diciptakan oleh Walter G.Cady pada tahun 1921 dan jam dinding bertenaga baterai pertama diproduksi oleh Warren Marrison di tahun 1927 di Canada.

Jam tangan baterai pertama di dunia ditemukan oleh Seiko pada tahun 1969 yaitu Seiko Astron.

Jam Quartz dan Baterai - RADATIME

Pencatat Waktu paling tepat di Dunia

Ide ini tercetus oleh Lord Kevin pada tahun 1879, dan jam atom pertama dibuat oleh Louis Essen and Jack Parry pada tahun 1955 di National Physical Laboratory dengan menggunakan unsur kimia caesium-133 (logam alkali yang lunak) di Inggris. Saat ini jam atom digunakan sebagai acuan resmi di Amerika Serikat berada di National Institute of Standards and Technology in Boulder, Colorado.

Ilmuwan tidak pernah berhenti berinovasi untuk menyempurnakan keakuratan waktu. Pada sebuah jurnal yang terbit pada 15 Juli 2019, National Institute of Standards and Technology in Boulder, Colorado, telah menciptakan jam atom paling tepat di dunia dengan menggunakan ion aluminium. Keakuratan waktu tersebut adalah 1 detik dalam 33 milyar tahun.

Jam Atom Pertama DUnia - RADATIME

Di zaman modern saat ini, evolusi pencatat waktu telah berkembang pesat. Jam tangan dianggap sebagai aksesoris ultimat yang menyajikan fungsi, status, fesyen, gaya hidup atau mahakarya. Namun, fungsi inti dari sebuah penunjuk waktu adalah tetap yaitu untuk memuliakan waktu karena waktu adalah harta karun yang tak ternilai. Perjalanan pencatat waktu.

Jam Tangan Saat Ini - RADATIME

Penulis

Hendra Kesuma
CEO of RADATIME

Kamu perlu tips untuk memilih jam tangan Anda?
Yuk klik disini.

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Sumber :
Wikipedia.org
Theatlantic.com
Archaeology.org
Atlasobscura.com
Abcnews.go.com
Journals.aps.org

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *