ARTIKEL,  REVIEW JAM TANGAN

Apa itu Eco-Drive dan bagaimana cara kerjanya? Temukan jawabannya sekarang!

Banyak masyarakat yang sering kebingungan dengan bagaimana sebenarnya jam tangan Eco Drive bekerja? Bagaimana bisa cahaya matahari dan cahaya lampu LED bisa menjadi tenaga dan menggerakkan sebuah jam tangan dan juga membuatnya tetap akurat hanya dengan cahaya.

Disini, kita akan sama-sama mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini.

Sejak awal ditemukan, jam tangan bergantung pada sumber energi mekanik yang berasal dari mesin-mesin atau mainspring pada sebuah jam tangan untuk menggerakkannya. Karena keakuratannya yang dinilai tidak begitu baik, mulai bermunculan sebuah teknologi baru yang dikembangkan oleh Seiko, Jepang. Yaitu, jam tangan bertenaga baterai yang tentunya memiliki keakuratan yang lebih baik dari jam tangan mekanik.

Meskipun berhasil menjadi populer karena keakuratannya, jam tangan bertenaga baterai masih banyak menimbulkan pro dan kontra di berbagai kalangan. Hal ini terjadi dikarenakan pada saat itu teknologi baterai yang belum secanggih saat ini masih menggunakan material yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. ini lah yang membuat beberapa produsen jam tangan yang mengembangkan teknologi baterai mulai mencari alternatif material pembuat baterai yang lebih aman untuk tetap memastikan keberlangsungan bisnis mereka pada saat itu.

 

Dan menyadari hal itu, Citizen mencoba membuat sebuah gebrakan baru di dunia jam tangan dengan meluncurkan jam tangan ramah lingkungan dengan tenaga cahaya sebagai sumbernya. Jam tangan pertama dari Citizen ini diberi nama Citizen Quartz Crystron Solar Cell, peluncuran jam ini menjadikan Citizen sebagai pelopor pembuatan jam tangan yang mengandalkan cahaya matahari sebagai tenaganya. Teknologi yang dibuat oleh Citizen ini adalah sebuah panel surya yang berguna menangkap cahaya yang masuk ke jam tangan, kemudian cahaya tersebut diubah menjadi energi listrik oleh panel surya yang kemudian mulai mengisi daya pada kapasitor. Kapasitor berguna untuk mengalirkan daya listrik kepada motor penggerak jarum jam.

Seiring dengan perkembangannya jam tangan yang memiliki tenaga cahaya sebagai penggeraknya ini dinamakan sebagai Eco-Drive. Nama ini diberikan sebagai pengakuan atas asal usul teknologi yang sangat ramah lingkungan. Apa lagi seiring dengan perkembangannya cahaya yang dapat dijadikan sebagai energi bukan hanya sinar matahari melainkan cahaya lampu yang redup sekalipun.

Selain keunggulannya yang menjadikan jam tangan ini ramah lingkungan, teknologi Eco-Drive ini juga bisa bertahan hingga berbulan-bulan bahkan saat tidak terkena cahaya ketika disimpan. Keuntungan lainnya adalah jam yang memiliki sumber tenaga sendiri ini tidak memerluan penggantian baterai secara rutin. Dengan hal ini teknologi Eco-Dive juga mengurangi limbah berbahaya baterai yang terus menerus dibuang.

Sebagai masyarakat yang mendukung pencegahan “Global Warming” seharunya kita juga menggunakan jam tangan dengan material yang ramah lingkungan seperti dari Citizen ini. Segera klik gambar di bawah ini untuk mendapatkan diskon 45% untuk semua jam tangan dari Citizen yang ada di RADATIME. Yuk, ikut menyelamatakan dunia dan memulainya dari hal kecil bersama RADATIME.

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *