ARTIKEL,  NEWS & EVENT

Apa Saja Persiapan Sebelum Berpuasa? Yuk Simak!

Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah yang menjadi penanda awal ibadah puasa jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Yuk ikuti tips dari kami agar kamu bisa menjadalkan ibadah Ramadhan dengan baik dan lancar hingga selesai.

Persiapan Fisik

Anda tentu ingin menjalankan ibadah Ramadhan dengan baik dan lancar sampai selesai. Untuk mewujudkan hal itu, salah satu persiapan yang tidak boleh diabaikan adalah persiapan fisik. Tubuh yang fit akan membuat Anda lebih kuat dan maksimal dalam menjalankan puasa. Ada beberapa persiapan tidak sehat. Gaya hidup tidak sehat contohnya sering begadang atau merokok. Anda juga perlu mengurangi makanan dan minuman yang tidak sehat, misalnya soft drink dan fast food.

Memperdalam Ilmu Agama

Persiapan yang tidak kalah penting adalah wawasan dan pengetahuan tentang ilmu agama. Ketahui aturan apa saja yang perlu dilakukan atau sebaliknya tidak boleh dilakukan selama bulan Ramadhan, khususnya tata cara ibadah puasa. Tujuannya supaya Anda bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan memperoleh pahala besar. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri, diantaranya rajin mengikuti forum -forum agama yang membahas tentang keutamaan berpuasa. Selain itu, Anda pun bisa membaca buku-buku dan artikel berisi pembahasan agama.

Membeli Kebutuhan Dapur

Ramadhan tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sahur dan buka puasa. Kegiatan sahur sering kali menjadi tantangan bagi sebagian orang karena harus dilakukan lebih awal. Ada pula yang tidak bisa mempersiapkan sahur karna bahan makanan tidak lengkap. Untuk menghindari hal ini, lakukan persiapan sejak awal. Beli stok bahan makanan yang cukup sesuai kebutuhan. Pastikan Anda membeli bahan yang mudah diolah dan dimasak supaya lebih praktis. Selain untuk kebutuhan sahur, Anda pun perlu mempersiapkan kebutuhan untuk buka puasa.

Bersih-bersih Rumah

Rumah yang bersih tentu akan membuat hati lebih tenang dan siap untuk menjalankan ibadah. Lagipula, melakukan aktivitas bersih-bersih ketika sedang berpuasa tentu akan menguras energi. Karena tubuh terasa lemas, hasil bersih-bersih pun menjadi tidak optimal. Sebaiknya, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk melakukan kegiatan ini. Bukan hanya agar hasilnya lebih maksimal, tetapi juga supaya anggota keluarga bisa saling membantu dan lebih akrab. Pilihlah waktu yang bisa dihadiri oleh semua keluarga.

Persiapan Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Supaya bisa menjalani kegiatan di bulan Ramadhan dengan lebih semangat, Anda bisa membeli perlengkapan ibadah yang baru, mulai dari peci, mukena, sarung, hingga sajadah. Untuk membeli perlengkapan ibadah, ada beberapa faktor yang dipertimbangkan. Pertama, warna dan coraknya. Jika ingin perlengkapan ibadah tidak cepat kotor pilih lah warna yang cenderung gelap. Selain itu, faktor kenyamanan juga sangat penting. Baik dari segi material hingga ukuran, wajib Anda perhatikan lebih cermat. Faktor harga pun tidak boleh dilupakan.

Beralih Berbuat Kebaikan

Persiapan lainnya adalah mulai membiasakan diri untuk berbuat baik kepada orang lain. Dengan demikian, ketika Ramadhan tiba, Anda telah menjalankan kebiasaan yang positif sehingga bisa mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk berbuat baik. Mulailah dengan sederhana, seperti tidak pelit memberi pujian, menolong orang yang membutuhkan, mau mendengarkan, dan sebagainya. Untuk berbuat baik Anda tidak perlu harus memiliki uang atau materi. Dengan tindakan yang dilakukan sehari-hari, Anda pun sudah bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

Meminimalkan Pemicu Godaan

Terakhir, persiapan yang juga harus dilakukan adalah berusaha mengurangi pemicu godaan yang bisa membatalkan puasa. Sebagai contoh, jika selama ini Anda sering menyimpan cemilan di kamar atau meja kerja, cobalah untuk menyingkirkannya sejenak. Meskipun hakikat berpuasa adalah menang terhadap godaan, tidak ada salahnya mengurangi faktor pemicunya.

Berolahraga Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat olahraga saat puasa penting untuk menjaga kebugaran, meningkatkan daya tahan, dan mengelola berat badan. Olahraga juga dapat mengurangi tingkat stres dengan melepaskan hormon endorfin untuk memperbaiki suasana hati. Dan jangan lupa gunakan Smartwatch untuk memantau aktivitas saat kamu berolahraga di bulan Ramadhan. Dan pastikan kamu beli Smartwatch kamu di RADATIME yang pastinya 100% Original & Garansi Resmi.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjalankan bulan suci Ramadhan. Semoga nanti ibadahnya lancar dan diberkahi dengan kemudahan dan kesehatan. Amin.

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *