cara membaca bezel jam tangan
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Cara Membaca Bezel Jam Tangan

Alat-alat ini telah menjadi hal yang biasa, kebanyakan orang yang memiliki lebih dari satu jam tangan kemungkinan besar memiliki satu dengan fungsi bezel tambahan. Karena itu, kami telah mengumpulkan koleksi beberapa fungsi bingkai cincin yang paling umum dan telah menjelaskan sedikit tentang cara kerjanya. Berikut cara membaca bezel jam tangan.

Cara Membaca Berbagai Model Bezel Jam Tangan

Kompas

bezel jam tangan kompas

Meskipun ada sejumlah kecil jam tangan yang memiliki tanda kompas yang dilukis atau diukir pada bezelnya. Anda sebenarnya dapat menggunakan jam tangan analog apa pun sebagai kompas darurat dalam keadaan darurat – selama siang hari.

Cukup arahkan jarum penunjuk jam ke arah matahari dan catat jarak antara jarum penunjuk jam dan pukul 12.00. Setengah jalan di antara penanda adalah Selatan, selama Anda berada di Belahan Bumi Utara. Untuk belahan bumi selatan, ikuti proses yang sama, hanya Anda yang ingin menggunakan posisi jam 6, bukan 12.

Count-Up Bezel dengan skala 0-60

bezel jam tangan kompas

Paling sering dikaitkan dengan jam tangan selam, bezel count-up memiliki tanda fitur yang sejajar dengan menit pada dial. Perbedaannya karena tidak memiliki angka jam, melainkan angka yang sesuai dengan menit yang dibariskan (saat berada di posisi netral). Jam tangan selam juga paling sering menampilkan gerakan searah – artinya berputar, tetapi hanya berlawanan arah jarum jam, yang berfungsi sebagai fitur keselamatan.

Countdown Bezel dengan skala 0-60

Secara fungsional mirip dengan bezel count-up, bezel count-down memiliki satu perbedaan yang sangat berbeda. Daripada angka yang menghitung dari 0 hingga 60 di sekitar dial searah jarum jam, bezel tersebut menghitung mundur dari 60 hingga 0. Ini bermanfaat bagi siapa saja yang perlu menyinkronkan jam tangan dengan orang lain – seperti pilot, militer, atau polisi – dan juga dapat berfungsi sebagai pengatur waktu balapan untuk pelari, pengendara sepeda, atau siapa pun yang mencoba mengalahkan waktu terbaik mereka. Penghitung waktu mundur bekerja hampir sama dengan bezel count-up, kecuali untuk sedikit perbedaan operasional.

GMT

Bezel GMT adalah salah satu dari sedikit di daftar ini yang membutuhkan kerja sama dengan gerakan internal jam tangan agar berfungsi dengan baik. Dan ini karena satu alasan sederhana: Dial GMT – yang memungkinkan Anda melacak dua zona waktu pada satu waktu – membaca dalam skala 24 jam, sedangkan dial jam normal bekerja dalam kelipatan 12 jam. Jadi, sebagian besar jam tangan GMT memiliki jarum jam tambahan (selain jam, menit, dan detik) yang berputar di sekitar dial sekali setiap 24 jam, menunjukkan waktu terkait yang ditandai di bingkai cincin di sekitarnya.

Tachymeter

Salah satu jenis bezel yang paling umum – karena disertakan dalam banyak jam tangan kronograf – tachymeter adalah tambahan pintar yang memungkinkan pengguna melacak kecepatan apa pun – biasanya mobil dan / atau pesawat terbang – dan juga dapat melacak laju akumulasi apa pun, selama periode yang diukur terjadi selama sekitar 10 detik dan hingga satu menit – ini karena jarum detik (yang merupakan alat pengukur) berputar di sekitar jam tangan dalam interval 1 menit dan sebagian besar tanda bezel tachymeter mulai sekitar tanda 7,2 detik. Ini karena segala sesuatu yang terjadi dalam waktu kurang dari waktu itu terlalu sulit untuk diukur secara akurat dengan melihatnya (akibat dari kecepatan tindakan).

Telemeter

Mirip dalam pengoperasiannya dengan tachymeter, telemeter pada awalnya diciptakan untuk memberi tentara kemampuan untuk mengukur jarak tembakan musuh. Itu berarti digunakan untuk menghitung jarak relatif ke sesuatu yang dapat diamati dan didengar. Hari ini cara ini paling sering digunakan oleh orang biasa untuk menilai jarak badai petir. Cara kerjanya seperti ini: setel jarum detik Anda pada posisi 0, mulai saat Anda melihat kilatan cahaya, dan hentikan saat Anda mendengar dentuman petir. Pembacaan di sepanjang bezel luar akan memberi Anda jarak ke badai (atau musuh). Ingatlah bahwa bezel telemeter adalah ukuran yang ditetapkan – sehingga Anda dapat memiliki satu dalam kilometer, mil, atau – pada kesempatan yang jarang – keduanya, tetapi tidak dapat diubah untuk mengukur dalam satuan yang berbeda.

Pulsometer

Skala pengukuran bezel tetap lainnya, pulsometer berasal dari sekitar tahun 1940-an dengan pengguna asli yang dituju adalah profesional medis. Anda tahu, pulsometer (seperti namanya) digunakan untuk mengukur satu hal yang sangat spesifik: denyut nadi seseorang. Mulailah melacak ketika jarum detik mencapai 0 dan berhenti melacak ketika jumlah ketukan mencapai skala yang ditentukan – ditunjukkan pada bezel dan biasanya antara 10-30 denyut. Setelah denyut nadi mencapai angka itu, gunakan skala luar untuk mengukur denyut nadi per menit. Saat ini, pulsometer cukup sedikit dan jarang, tetapi Anda masih dapat melihatnya di sana-sini pada jam tangan yang dimaksudkan untuk digunakan oleh petugas pertolongan pertama dan petugas darurat.

Inilah beberapa cara membaca bezel jam tangan! Gimana? sekarang kamu sudah tahu kan?

sumber:https://hiconsumption.com/

Baca Juga :

Anda Harus Tahu Perjalanan Pencatat Waktu

Menjadi Pribadi Yang Menarik ? Simak Tips Berikut.

Alasan Mengapa Jam Tangan Cocok Dijadikan Hadiah

Follow us on :

Instagram : @RADATIME.ID

FACEBOOK : @RADA TIME

YOUTUBE : RADATIME

OFFICIAL WEBSITE : www.radatime.co.id

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *