Uncategorized

Cara Mengatasi Lapar Saat Menjalani Puasa

Cara Mengurangi Rasa Lapar

Cara Mengatasi Rasa Lapar Saat Menjalani Puasa – Selama bulan puasa, seseorang diwajibkan untuk menahan nafsu termasuk lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam. Merasakan lapar saat puasa adalah hal yang wajar. Tak jarang, ditengah aktivitas yang padat, seseorang sering kali merasakan rasa lapar yang berlebihan.

Beberapa tips menahan rasa lapar saat puasa berikut akan membantu teman – teman untuk menjalani puasa lebih seru dan menyenangkan..

1.Pilih makanan dan minuman yang tepat.

Salah satu hal yang paling berpengaruh adalah pemilihan menu saat kita sahur. Teman teman dapat memilih menu yang padat gizi dan tidak terlalu cepat dicerna oleh pencernaan.

Disarankan untuk menghindari makanan seperti Mie Instan dan Bubur akan membuat anda lebih cepat lapar pada siang hari.

Disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan seperti Oatmeal dan Ubi Jalar, sehingga karbohidrat yang kamu dapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan pada saat menjalani puasa.

2.Terapkan pola minum 2- 4 – 2

Pola yang satu ini sudah cukup dikenal baik oleh masyarakat, kebutuhan cairan adalah salah satu hal yang cukup penting pada saat kita menjalankan puasa.

Apabila anda kurang minum, maka tubuh anda akan menjadi lesu dan lemas akibat kekurangan asupan cairan atau dehidrasi.

Disarankan untuk minum minimal 8 gelas sehari untuk menghindari tubuh dari dehidrasi.

Anda bisa mencoba pola 2 – 4 – 2 yang berarti, minum dua gelas air saat berbuka puasa, empat gelas air saat sebelum tidur dan dua gelas air saat sahur.

Sehingga badan kamu akan tetap segar sepanjang hari karena kebutuhan cairan yang terpenuhi.

Baca Juga : Bersyukur Dan Berbagi, Penghargaan Terhadap “Waktu”

3.Pastikan tidur kamu berkualitas.

Teman – teman disarankan untuk hindari yang namanya tidur larut malam atau begadang, karena anda diharuskan untuk bangun lebih pagi untuk menjalani sahur.

Teman teman juga bisa memanfaatkan jam makan siang untuk tidur beberapa saat sehingga badan kamu tetap fit sampai waktunya berbuka puasa.

4.Konsumsi Makanan Baik Bagi Tubuh

Jika ada makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi, maka pastinya ada juga makanan yang disarankankan untuk dikonsumsi, makanan yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain :

  • Madu

Sangat disarakankan untuk dikonsumsi pada saat sahur karena minuman alami yang selama ini dipercaya menyehatkan tubuh. Madu memiliki rasa yang manis karena memiliki kandungan gula sekitar 70 – 80%.

Madu sangat bagus bagi tubuh anda untuk menjaga daya tahan tubuh serta stamina selama anda berpuasa. So jangan lewatkan minuman yang satu ini ya guys.

  • Kacang Merah

Makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik, mengandung karbohidrat kompleks yang sebaiknya dikonsumsi dalam porsi yang cukup saat sahur.

Sehingga anda merasakan kenyang yang lebih lama, kacang merah termasuk golongan makanan yang lama untuk dicerna, sehingga dapat membantu teman – teman untuk terhindar dari rasa lapar yang berlebih.

  • Beras Merah, Jeruk dan Lobak

Setelah madu dan kacang merah, ternyata saat sahur teman – teman juga disarankan untuk mengkonsumsi beras merah, jeruk dan lobak.

Sehingga puasa anda menjadi lebih lancar untuk mengatasi rasa lapar berlebih, makanan tersebut memberikan tubuh anda energi untuk menjalankan aktivitas.

5.Tidur secukupnya, jangan berlebihan

Waktu tidur yang berlebihan akan mempengaruhi kondisi tubuh menjadi kurang fit, sebaliknya dengan waktu tidur yang sedikit. Hal ini dapat menimbulkan rasa lelah dan lesu seharian.

Untuk itu, tidurlah dengan cukup selama delapan jam agar tubuh anda tetap sehat.

Baca Juga : Jam Tangan Yang Dipakai Iron Man

6.Luruskan kembali niat untuk menjalani puasa.

Hal yang terakhir ini sangat penting bagi teman – teman, karena ketika anda mengingat niat anda untuk sungguh sungguh menjalankan ibadah puasa.

Maka hal ini membuat rasa lapar dan haus yang mungkin dialami menjadi lebih tidak terasa.

Jalankan hal – hal diatas dengan sepenuh hati, maka mimin yakin dan percaya bahwa teman – teman dapat menyelesaikan ibadah puasa dengan hati yang gembira.

Rekomendasi Artikel Jam Tangan :

ALASAN MEMAKAI JAM TANGAN DIBANDING TELEPON SELULAR

JAM TANGAN TERMAHAL DI DUNIA

7 REKOMENDASI JAM PRIA 2019

Follow us on :

Instagram : @RADATIME.ID

FACEBOOK : @RADA TIME

YOUTUBE : RADATIME

OFFICIAL WEBSITE : www.radatime.co.id

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *