Uncategorized

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi – Mengatur keuangan adalah salah satu cara untuk mencapai kehidupan yang bebas secara finansial.

Dapat dikatakan salah satu skill yang sangat penting ini diketahui oleh semua orang tetapi menjalankannya memerlukan konsistensi tingkat tinggi.

So, simak langsung yaa cara – cara dibawah ini :

Mencatat List Pengeluaran

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pengeluaran kamu, banyak pepatah mengatakan ‘Besar Pasak daripada Tiang’ ternyata hal itu mengandung makna yang sangat mendalam.

Artinya pengeluaran lebih besar daripada pendapatan, tentunya hal itu sangat tidak sehat untuk perputangan keuangan kamu.

Mulai sekarang coba buat catatan kecil untuk mencatat setiap detail pengeluaran kamu yaa. Karena ketika mencatat kamu akan tahu setiap uang yang keluar sehingga menghindari keborosan.

Membuat Anggaran Pengalokasian Dana

Menyusun anggaran memang terkesan simple tetapi coba kamu bayangkan ketika kamu ingin mencapai sebuah target.

Untuk mencapai sebuah target pastinya kamu harus menjabarkan dengan detail hal – hal yang mungkin akan kamu lakukan kedepannya.

Begitu juga dengan menyusun anggaran, ketika kamu sudah selesai menyusun.

Tugas kamu selanjutnya adalah mempertahankan agar pengeluaran kamu sesuai dengan plan anggaran yang telah kamu buat sehingga tetap on track.

Melakukan Audit Mingguan atau Bulanan

Untuk memastikan bahwa kamu masih tetap mengikuti susunan anggaran yang telah dibuat, alangkah baiknya jika kamu melakukan audit mingguan atau bulanan untuk menghindari overbudget.

Sisihkan untuk Dana Darurat & Investasi

Jangan lupa sisihkan untuk Dana Darurat dan Investasi, ingat bahwa Dana Darurat dan Investasi adalah dua hal yang berbeda.

Kamu harus memiliki setidaknya 6 kali pendapatan kamu sebagai dana darurat untuk jaga – jaga ketika ada kejadian yang tidak diinginkan.

Hindari Utang

Hal terakhir tetapi tidak kalah penting adalah Hindari Utang, kecuali kamu memanfaatkan uang tersebut untuk membangun bisnis yang akan menghasilkan Cash Flow untuk kamu kedepannya.

Jika kamu hanya berhutang untuk membeli barang – barang BRANDED, hal itu sangat tidak direkomendasikan oleh para pakar keuangan.

So pastikan sekarang kamu sudah mengerti yaa hal – hal yang harus kamu perhatikan dalam mengatur keuangan pribadi..

Baca Juga :

Momen Bahagia Yang Biasa Dilakukan Saat Idul Fitri

Ingin Menghemat Waktu ? Ternyata ada tipsnya!!

Anda Harus Tahu Perjalanan Pencatat Waktu

Follow us on :

Instagram : @RADATIME.ID

FACEBOOK : @RADA TIME

YOUTUBE : RADATIME

OFFICIAL WEBSITE : www.radatime.co.id

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *