Cara Menggunakan Jam Chronograph
INFO JAM TANGAN

Cara Menggunakan Jam Chronograph

Jam tangan chronograph memiliki tampilan yang menarik dan terlihat sangat teknis, dengan beberapa subdials, scales dan pushers disamping case yang menjadi alasan mereka tetap popular hingga sekarang.

Jam tangan ini dapat digunakan dengan mudah dalam kehidupan sehari hari dan juga menawarkan cara yang memuaskan untuk memaksimalkan jam tangan Anda, Cara menggunakan jam chronograph itu pun mudah loh!

Asal Usul Chronograph

Nama chronograph berasal dari Bahasa yunani, “chronos” yang artinya waktu dan “graphy” yang artinya pengukur.  Jam chronograph modern pertama diciptakan oleh pengrajin jam tangan dari Prancis, Louis Moinet pada tahun 1816.

Diciptakan untuk digunakan bersama dengan peralatan astrologi,  Chronograph Moinet dapat mengukur waktu secara akurat hingga 1/60 detik tingkat presisi yang tak tertandingi pada saat pembuatannya.

Mari Kita Bahas Tentang Cara Menggunakan Jam Tangan Chronograph.

Memulai Chronograph

Di sebagian jam tangan chronograph, terdapat 2 pusher di sisi kanan case. Tekan pusher sisi atas (terletak di arah jam 2) untuk memulai timing, dan Anda akan melihat jarum penunjuk waktu akan mulai bergerak.

Mengentikan Chronograph

Gunakan pusher yang sama (pusher atas) untuk menghentikan chronograph saat anda ingin menghentikan waktu. Tombol ini umumnya dioperasikan menggunakan jari telunjuk maupun jari tengah, dan ibu jari untuk menyangga sisi lain.

Membaca Waktu Yang Berlalu

Jam tangan chronograph menampilkan waktu di stopwatch terpisah dari jam pada saat itu. Namun format ini bisa saja berbeda tergantung pada design dan movement didalam, beberapa hanya bisa menghitung hingga 30 menit sedangkan jam yang lain memiliki kemampuan untuk menghitung hingga 12 jam. Detik, menit dan jam untuk chronograph biasanya dibaca pada subdial yang terpisah.

Misalkan jam tangan Anda memilik 30 menit couter/subdial pada pukul 3 dan jarum detik berjalan pada pukul 9. Jika anda mengukur untuk 15 menit dan 20 detik, subdial pada pukul 3 akan menunjukkan 15 menit telah berlalu, sedangkan jarum penunjuk detik yang dipasang ditengah akan menunjukkan 20 detik telah berlalu. Jarum penunjuk detik pada pukul 9 akan terus bergerak, karena ini mengukur waktu utama, bukan waktu di stopwatch.

Menyetel Ulang Chronograph

Tekan pusher (terletak pada jam 4) untuk menyetel ulang chronograph-nya menjadi nol.

Variasi chronograph meliputi flyback, yang memungkinkan anda untuk menyetel ulang chronograph tanpa menghentikannya terlebih dahulu. Chronogprah monopusher menggunakan hanya satu tombol untuk semua fungsinya yaitu stop, start dan setel ulang. Split-seconds atau yang disebut juga rattrapante, adalah tipe chronograph komplit yang memungkinkan anda untuk mengukur 2 waktu pada saat yang sama.

Nah beginilah beberapa tutorial yang bisa memudahkan Anda dalam menggunakan jam tangan chronograph. Semoga bermanfaat ya

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *