ARTIKEL,  FAKTA JAM TANGAN,  INFO JAM TANGAN

CEO’s Notes, Kenali Jam Tangan Baterai Anda & Karakter Yang Disampaikan

Telah lebih dari 1 tahun dunia menghadapi krisis pandemi COVID-19. Kami mewakili seluruh kru mendoakan agar krisis pandemi ini segera usai. Sehingga ekonomi kembali berjalan normal serta kesehatan kembali optimal untuk kita semua.

Di artikel kali ini, saya akan mengulas tentang berbagai variasi jam tangan baterai beserta karakter seperti apa yang disampaikan dari jam tangan tersebut.

Sebuah jam tangan memiliki pesan emosional yang lebih tinggi daripada fungsi semata. Oleh sebab itu, jam tangan mempunyai kaitan erat dengan kepribadian sang pemakai.

Source: ashton-blakey-antiques.com

Mengenali karakter jam tangan bisa membantu kamu lebih optimal dalam menemukan jam tangan yang tepat dan bermakna seperti menemukan seorang sahabat. Karena usia pemakaian sebuah jam tangan yang cocok biasanya dipakai bertahun-tahun hingga berbagai generasi.

Jam Tangan Baterai

Kelebihan utama jam tangan baterai adalah kepraktisan. Waktu yang akurat dan terus hidup hingga baterai habis. Perawatan juga mudah dan lebih terjangkau harganya. Untuk menandakan jam tangan baterai, bisa diidentifikasi dari mengamati loncatan jarum detik yaitu 1 loncatan untuk setiap detik.

*Beberapa tipe jam tangan baterai saat ini juga memiliki teknologi “sweep”, yaitu jarum detik yang terus berjalan seperti jam tangan otomatis atau mekanis.

Analog Vs. Digital

Secara garis besar, jam tangan terbagi atas 3 tampilan, yaitu Analog, Digital dan Analog-Digital.

Cara untuk membedakannya sangat mudah, jika tampilan jam tangan tidak tersedia tampilan digit angka pada layar LCD (seperti angka pada kalkulator), maka jam tersebut adalah Analog.

Jam tangan yang menampilkan digit angka pada layar LCD dan juga memiliki jarum jam disebut Analog-Digital.

Sedangkan jam yang hanya memiliki LCD untuk menampilkan informasi waktu (tanpa jarum jam) adalah jam digital.

*LCD: liquid Crystal Display

Dari Kiri ke Kanan: Analog (G-1022), Analog-Digital (Source: atomic811.com), Digital (Source: cnet.com)

Dari sisi karakter, penyuka jam tangan digital umumnya adalah orang yang mementingkan informasi yang detil, akurat serta memiliki cara berpikir yang praktis.

Penyuka jam tangan analog-digital adalah orang yang cenderung membutuhkan segala sesuatunya lengkap dan mudah merasa tidak nyaman jika ada hal yang penting bagi dirinya tidak utuh atau bolong-bolong.

Kemudian, karakter penyuka jam tangan analog memiliki makna cukup luas yang akan dibahas selanjutnya.

Chronograph Vs. Multifunction

Suka mengembangkan ide, kreatif, out of the box, imajinatif, sportif adalah karakter yang melekat pada jam tangan dengan fitur Chronograph atau Multifunction.

Berdasarkan survey internal, mayoritas pemakai jam tangan Chronograph bahkan tidak mengetahui cara memakai fungsi stopwatch. Oleh sebab itu, bisa diasumsi bahwa jam tangan adalah sebuah produk yang berkaitan erat dengan psikologis sang pemakai dibandingkan dengan fungsinya.

Jam tangan Chronograph dan Multifunction terlihat hampir sama, tetapi memiliki perbedaan yang dominan. Persamaannya adalah keduanya memiliki tambahan jarum jam kecil.

Jam tangan Chronograph memiliki stopwatch yang berfungsi untuk menghitung jalannya waktu seperti yang digunakan untuk menghitung waktu perlombaan lari. Dengan menekan satu tombol, fitur stopwatch akan mulai jalan mencatat waktu yang diukur.

Jam tangan Multifunction memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi jarum jam kecil pada jam tangan Multifunction adalah informasi tanggal (1-31), hari (Monday-Sunday), 24 hours display (Pukul 1-24).

Dari sisi harga, jam tangan Chronograph umumnya lebih mahal dibanding jam tangan Multifunction dengan model yang setingkat.

Dari Kiri (G-750A) ke Kanan (G-102) : Chronograph dengan pilot crown, Multifunction

Dual Time

Bagi Anda yang mobile, suka traveling  atau termasuk orang yang teliti dalam mengelola waktu, jam tangan Dual Time adalah pilihan yang cocok.

Sesuai dengan namanya, dual time memiliki 2 zona waktu dalam 1 jam tangan yaitu zona waktu pertama dan kedua. Zona waktu kedua bisa ditampilkan dengan jarum panjang tambahan, atau di salah satu subdial atau berdiri masing-masing. Sebuah jam tangan juga bisa memiliki lebih dari 2 zona waktu yang disebut Multi Time Zone.

Jam tangan Multi Time Zone. Sumber: superwatchman.com

Moon Phase

Moon phase adalah fase bulan yang terdapat di sebuah jam tangan. Moon phase menceritakan posisi bulan di mana pemakai berada. Dari fase bulan baru hingga fase setengah purnama akhir.

Secara teknis, umumnya rotasi moon phase di jam tangan untuk satu siklus penuh fase bulan adalah 29.5 hari. Dikarenakan terjadi selisih keakuratan fase bulan, jam tangan Moon Phase memerlukan penyetelan kembali kurang lebih di setiap 593 hari atau 2 tahun 7 bulan dan 15 hari.

Penyuka jam tangan moon phase merefleksikan orang yang sangat menghargai waktu. Secara sadar atau tidak sadar, sang pemakai membutuhkan informasi fase bulan di mana fungsi ini sebenarnya bisa tergantikan oleh gawai atau bahkan kurang dibutuhkan banyak orang.

Jam tangan moon phase tergolong ekslusif dan lebih mahal karena komplikasi ini dan juga dari sisi estetikanya.

*Komplikasi: fitur sebuah jam tangan yang tidak memiliki kaitan langsung dengan tampilan waktu utama

Jam tangan Moon Phase
Source (kiri): hodinkee.com , kanan: L-50180

2 Hands or 3 Hands Movement

Jam tangan dengan tampilan sederhana tetapi memiliki kesan yang mendalam. 2 hands movement adalah jam tangan yang terdiri dari 2 jarum yaitu jarum jam dan jarum menit saja. 3 hands movement memiliki 1 tambahan jarum detik.

Jam tangan 3 Hands Movement (G-9029)

enyuka jam tangan 2 hands movement umumnya adalah orang yang efisien, pembuat keputusan yang relatif cepat, tidak suka ribet dan lebih mementingkan estetika (visual) daripada fungsi atau hal teknis ribet di dalam aktivitasnya.

Orang yang tidak suka membuang waktu untuk hal-hal yang menurutnya kurang penting bisa diasumsi dari pemakai jam tangan 3 hands movement. Cara berpikir penyuka jam tangan ini umumnya adalah to the point, kurang menyukai basa basi atau ide yang ribet. Namun, tipe pemakai jam tangan ini juga cukup memperhatikan hal-hal teknis dan juga detil.

Karakter Dari Fitur Jam Tangan

Semakin banyak informasi pada jam tangan merefleksikan bahwa penyuka jam tangan cenderung membutuhkan kendali pada jumlah informasi yang dibutuhkan sewaktu menjalankan aktivitas.

Patek Philippe dengan dengan 20 komplikasi (fitur) seharga Rp. 31 Milyar (USD 2.2 Juta). 1USD= Rp.14.250
Sumber: Hodinkee.com

Jam tangan adalah aksesoris ultimat (tertinggi) dengan koneksi emosional yang berkaitan erat dengan karakter sang pemakai jam tangan. Jika sang pemilik merasa kurang cocok dengan jam tangannya, maka jam tangan tersebut juga akan lebih banyak berdiam di tempat penyimpanan.

Jam tangan yang cocok dan bermakna akan menjadi sahabat sang pemakai untuk bersama-sama melewati ruang dan waktu. Semoga Anda menemukan sahabat Anda dan semoga momen-momen indah selalu terpancar dalam waktu Anda.

#radiatemomentsintime

Coz Your Watch, Your Personality!

Hendra Kesuma

CEO of RADATIME

Artikel ini sudah diliput oleh :

This image has an empty alt attribute; its file name is BISNIS-AH.png
This image has an empty alt attribute; its file name is TRIBUN-AH.png

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *