ARTIKEL,  INFO JAM TANGAN,  REKOMENDASI JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

CEO’s Notes, Kenapa Jam Tangan Itu Penting dan Apa Tren Sekarang?

CEO’s Notes, Kenapa Jam Tangan Itu Penting dan Apa Tren Sekarang?

Apakah Anda setuju bahwa faktor utama kesuksesan dan kebahagiaan berawal dari manajemen waktu yang baik?

Asal mula waktu

Rotasi membuat bagian dari bumi bergiliran mendapat pancaran sinar matahari. Untuk mendefinisikan periode dari bagian bumi yang berhadapan dengan matahari dan tidak, maka diberi label dengan nama seperti pagi, siang, malam dan berbagai istilah lainnya. Kemudian, untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas dan efisiensi dalam kehidupan, peradaban manusia menciptakan jam air, jam matahari sebagai instrumen penunjuk waktu hingga jam tangan.

Hingga saat ini, perjalanan peradaban manusia dalam menyempurnakan waktu sudah termasuk esktrim akurat, yaitu selisih waktu 1 detik dalam 33 Milyar tahun (ya benar, Milyar tahun). Penunjuk waktu tersebut adalah Atomic Clock yang berada di National Institute of Standards and Technology di Colorado, Amerika Serikat. Biarpun telah ada penunjuk waktu yang sangat akurat, misi perjalanan untuk waktu yang lebih baik terus berlanjut dan tidak pernah berhenti.

Peran koordinasi waktu merupakan kunci keberhasilan suatu aktivitas dalam kehidupan. Di antara tahun 1275 sampai tahun 1300, jam dinding pertama diciptakan di Eropa (antara negara Inggris atau negara Italia) yang menggantikan jam matahari dan jam air. Jam matahari sulit diandalkan sewaktu kurangnya sinar matahari dan jam air tidak akan berfungsi pada saat membeku karena temperatur yang rendah.

Sumber: https://www.uh.edu/engines/epi1506.htM

Pada zaman tersebut, ada 7 ritual keagamaan dalam 1 hari, salah satunya adalah pada waktu tengah malam sebelum fajar yang membutuhkan pengingat untuk membangunkan praktisi ritual. Sedangkan pada kehidupan di kota, masyarakat secara kolektif memiliki waktu seragam untuk membuka pasar, menutup pasar, pulang kerja, mematikan api penerangan dan tidur. Sangat sulit untuk mengkoordinasi waktu ke seluruh masyarakat yang mengandalkan satu penjaga waktu. Maka, setelah jam dinding diciptakan, jam tersebar dengan cepat dan luas dipergunakan. Jam dinding adalah pencapaian mekanis terhebat di zaman pertengahan.

Sebelumnya, pekerjaan dilakukan satu per satu yaitu pekerjaan selanjutnya baru bisa dilakukan setelah pekerjaan sebelumnya telah selesai. Dan pekerjaan juga bergantung kepada terangnya hari. Dengan adanya jam, produktivitas meningkat sangat pesat. Orientasi pekerjaan pun berubah, yaitu menggunakan waktu sebagai acuan. Berbagai pekerjaan bisa dilakukan berdasarkan kesepakatan waktu, alhasil pekerjaan bisa terselesaikan dengan lebih cepat, efektif dan efisien.

Ketepatan waktu dan kemajuan ekonomi

Kemajuan ekonomi sebuah bangsa berbanding lurus dengan tradisi ketepatan waktu masyarakatnya. Dari sumber industryweek.com di tahun 2004, negara yang paling tepat waktu berdasarkan urutan adalah Jerman, Belanda, Finlandia, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Denmark dan Swedia. Seluruh negara yang tepat waktu masuk ke dalam kategori negara dengan ekonomi maju.

Sumber data: PBB, World Economic Situation and Prospects 2014

Pentingnya jam tangan

Kemampuan koordinasi waktu yang akurat dipandang sebagai keunggulan yang menguntungkan. Di tahun 1880an, jam tangan adalah faktor penting kemenangan dalam perang Anglo-Burma.

Sumber: https://localnews.com.de/wp-content/uploads/2020/11/First-Anglo-Burmese-War.png

Karena penguasaan penggunaan waktu adalah sumber penentu keberhasilan, maka upaya penyempurnaan instrumen penunjuk waktu adalah ibarat perjalanan untuk sebuah persembahan terhadap mulianya waktu. Yang jika dianalisa secara logika akan semakin tidak masuk akal, contohnya sebuah jam tangan bernilai Milyaran Rupiah dengan kerumitan konstruksi yang belum tentu digunakan oleh penggunanya atau terbuat dari bahan mulia yang diproduksi dengan estetika dan presisi tertinggi.

Sumber: http://static1.squarespace.com

Sekarang, waktu yang akurat tersedia di mana-mana seperti di telepon genggam atau peralatan elektronik. Namun, jam tangan sebenarnya tidak hanya mengenai “informasi waktu”. Jam tangan adalah sebuah simbol yang menunjukkan seberapa besar seseorang menilai waktu dan memiliki kontrol terhadap waktu.

Spesialnya, jam tangan adalah aksesoris cerdas, yang terisi oleh hal yang paling berharga di kehidupan yaitu waktu. Jam tangan juga menduduki tempat yang paling strategis di tubuh manusia untuk berkomunikasi dengan sang pemakai secara elegan.

Tren jam tangan

Perjalanan perkembangan jam tangan berawal dari keperluan akan fungsi, kemudian berkembang dengan simbol status sosial, kemudian berkembang dengan fesyen dan gaya hidup.

Dari kayanya filosofi, sejarah, makna, fungsi, konstruksi dan bahan material, jam tangan layak dianggap sebagai aksesoris tertinggi atau ultimat. Ditambah fungsi dasarnya adalah untuk menyajikan dan mencatat waktu. Waktu yang dilewati oleh sebuah jam tangan dengan pemiliknya akan menoreh sejarah yang tidak akan bisa dibeli kembali.

Untuk saat ini, kebutuhan jam tangan di Nusantara didominasi oleh tipe sport, fesyen, formal dan casual. Untuk Pria, didominasi oleh model sport, casual dan formal; sedangkan untuk wanita didominasi oleh model fesyen dan formal.

* Model jam
– sport: tampilan bernuansa sport, ukuran diameter rangka jam (case) lebih besar, lebih tebal dan umumnya memiliki sub dial atau fungsi-fungsi tambahan di dalam muka jam (dial).

– Formal: tampilan yang cocok untuk acara formal, ukuran diameter rangka jam (case) lebih kecil, lebih tipis dan umumnya tidak memiliki sub dial.

– Casual: tampilan santai, umumnya lebih minimalis yang memiliki nuansa fesyen.

– Fesyen: tampilan glamor / berwarna-warni / memiliki hiasan batu permata.

Pada awalnya, jam tangan lebih dianggap seperti perhiasan, dengan ukuran yang tidak besar dan bernuansa formal. Seiring perkembangan fesyen dan gaya hidup, tren jam tangan bergeser ke ukuran yang lebih besar dan model yang lebih bervariasi.

Tak jarang, wanita terlihat memakai ukuran jam tangan pria. Begitu juga untuk jam tangan pria, ukuran diameter 42 milimeter – 50 milimeter adalah yang paling laris. Ini dikarenakan fungsi jam tangan saat ini lebih dominan sebagai alat komunikasi non-verbal, status atau identitas sang pemakai.

Jam tangan apa yang cocok?

Jam tangan identik dengan kepribadian sang pemakai, contohnya untuk kepribadian introvert akan cenderung memiliki ukuran yang tidak besar dan tidak mencolok. Tips memilih jam tangan adalah jam tangan yang sesuai dengan kepribadian sang pemakai dan harus mendengar kata hati diri sendiri. Berikut beberapa acuan:

KarakterModel
Outdoor, petualang, menyukai tantangan atau kompetitifSport
Suka mengembangkan ide, bereksplorasi, atau terlihat sportySport with subdials (atau jarum kecil di dalam)
Lebih menyukai sesuatu yang to the point atau tidak panjang lebarSport / Fesyen yang tiga jarum
Membutuhkan jam sebagai aksesoris atau perhiasanFesyen
Membutuhkan jam tangan yang bisa masuk ke segala suasana dan terlihat santaiCasual
Membutuhkan jam sebagai simbol/status dan berkesan lebih seriusFormal

Acuan pemilihan warna dasar muka jam (dial) juga bisa merepresentasikan karakter. Yang memiliki karakter dominasi/privasi/kontrol/kekuasaan atau mungkin sedikit tertutup cenderung memilih warna dasar muka yang gelap. Sedangkan karakter yang lebih terbuka, supel, mudah beradaptasi, transparan, suka menjadi pusat perhatian umumnya cenderung memilih warna dasar muka yang terang.

Jam tangan yang paling tepat adalah jam tangan yang bisa mengoptimalkan kepribadian sang pemakai di level yang lebih tinggi. Contoh, orang yang memiliki karakter lebih diam atau kurang percaya diri bisa mencoba untuk memilih jam tangan yang berukuran lebih besar atau lebih bervariasi dari bentuk atau warna. Dengan catatan sang pemakai memang bertujuan untuk meningkatkan karakter tersebut.

Jam tangan adalah sebuah instrumen yang bisa dipakai untuk jangka waktu yang sangat panjang. Cukup lumrah sebuah jam tangan berkualitas tinggi dipakai di atas 10 tahun. Sehingga akan lebih bermakna, jika pemilihan Tren Jam Tangan tidak berpatokan dengan harga yang termurah.

Di penghujung artikel ini, saya mewakili segenap tim mengucapkan “Selamat Hari Raya Lebaran 1 Syawal 1442 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin”. Selamat menyambut dan meraih kemenangan dengan manajemen waktu yang lebih baik untuk kesuksesan Indonesia dan kehidupan yang berbahagia.

Hendra Kesuma,

CEO of RADATIME

Radiate Moments In Time

Artikel ini telah diliput oleh :

sumber:

https://www.uh.edu/engines/epi1506.htm

https://worldpopulationreview.com/country-rankings/developed-countries

shttps://www.industryweek.com/the-economy/trade/article/21942679/the-relativity-of-time

https://www.un.org/en/development/desa/policy/wesp/wesp_current/2014wesp_country_classification.pdf

https://www.medievalchronicles.com/medieval-history/medieval-inventions-list/mechanical-clock/

https://www.un.org/en/development/desa/policy/wesp/wesp_current/2014wesp_country_classification.pdf

https://abcnews.go.com/Technology/worlds-accurate-clock-now/story?id=64877303

https://www.creationwatches.com/watchblog/automatic/the-history-of-wristwatches-how-it-all-began.html

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *