membedakan jam original & palsu
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

CEO’s Notes, Membedakan Jam Original & Palsu

Jam tangan sering dipandang sebagai aksesoris yang prestisius atau mahal bernilai jutaan hingga ratusan juta rupiah bahkan lebih. Dengan nilai yang fantastis, sering kali jam tangan dijadikan peluang mencari keuntungan dengan memalsukannya.

Dinamika perkembangan jam tangan saat ini pun tercermin dari pertanyaan yang paling banyak ditanyakan yaitu bagaimana membedakan antara jam original & palsu. Meskipun saat ini banyak konsumen yang mulai teredukasi dengan baik tentang informasi merek dan nama beken jam tangan, namun dinamika ini tidak dapat dihindari. Pertanyaan membedakan jam tangan asli & palsu masih sangat penting. Sebab bagi konsumen, untuk memiliki sebuah jam tangan original yang bisa berharga jutaan Rupiah atau lebih Harus bisa menjawab 1 pertanyaan penting. “Apakah harga jam tangan yang dibeli sesuai dengan nilainya, bukan palsu atau sembarang harga?

Jam tangan original dimulai di harga berapa?
jam tangan original termahal

Menurut dari sumber wp diamonds, jam tangan original termahal di dunia yang tercatat di tahun 2020 adalah Rp. 797 Miliar* dengan nama ‘Graff Diamonds Hallucination’ yang didesain oleh perusahaan GRAFF, sebuah perusahaan perhiasan batu mulia prestisius di dunia.

*US$ 55 million, dengan kurs 1 USD to IDR Rp. 14.500

Harga jam tangan original atau asli bergantung dari kebijakan setiap merek atau berdasarkan mekanisme yang ada di pasar. Contohnya, jam tangan Alexandre Christie original juga ada yang dibanderol dengan harga di bawah Rp. 500.000 atau jam tangan mewah yang dibanderol mulai dari harga Rp. 50 juta. Sejatinya, harga jam tangan original itu relatif, bisa dari murah hingga mahal, yang terpenting adalah tidak miring dari harga pasar yang ada.

Bagaimana membedakan jam original dengan jam palsu? Terbuat dari apa sih sebuah jam tangan original? Kenapa bisa mahal ya, apakah terbuat dari emas? KW* dan Aslinya mirip sekali, bagusan beli yang KW aja dong? Lagipula jika digunakan tidak ada yang tau itu jam tangan asli atau palsu. Sederet pertanyaan yang saya akan jawab di artikel ini.

*KW: singkatan dari kwalitas atau umumnya bermakna palsu

Membedakan Jam Original & Palsu

membedakan original & palsu

Untuk membedakan jam original dan palsu tidak selalu mudah. Penampilan hingga fungsi dari jam KW kadang memiliki kemiripan yang sama persis dengan jam tangan original yang ditiru. Ini dikarenakan produsen jam KW juga memiliki penelitian dan pengembangan di sisi kualitas desain dan produksi.

Cara yang termudah untuk memastikan jam tangan original untuk domisili Indonesia adalah dengan memilih penjual yang memiliki reputasi yang baik. Kemudian produk harus dilengkapi dengan perlengkapan resmi serta jaminan yang bisa diklaim di perwakilan atau pusat servis center resmi yang diakui di Indonesia.

Kenapa jam yang bisa diterima oleh perwakilan resmi itu penting?
official dealer

Jam tangan original bermerek umumnya didominasi oleh produsen luar negri. Untuk mengedarkan jam tangan mereka di Indonesia tentu memerlukan perwakilan resmi untuk menjamin komitmen kualitas dari jam tangan tersebut.

Konsumen umumnya memiliki keterbatasan dalam mengecek sebuah jam tangan. Hanya dari penampilan luar, seperti case (rangka) atau strap (rantai, kulit atau karet). Sedangkan mesin atau komponen yang tidak terlihat, cukup sulit untuk bisa diverifikasi langsung olehkonsumen. Sehingga jam tangan original yang bisa diklaim di perwakilan resmi merupakan langkah paling aman sebagai acuan bahwa jam tersebut original.

Kenapa bisa mahal ya, apakah jam original terbuat dari bahan khusus seperti emas?
jam original

Pertanyaan ini juga termasuk populer. Beberapa jam tangan original yang dibanderol di atas Rp. 10 juta bahkan tidak memiliki komponen emas sedikitpun. Jam tangan bisa bernilai tinggi disebabkan oleh berbagai faktor.

Pertama, posisi merek tersebut, contoh, telepon genggam, ada merek tertentu yang memiliki fitur atau komponen sederhana malah dibanderol jauh lebih mahal dibanding telepon genggam merek lain yang memiliki segudang fitur serta komponen berkualitas lebih tinggi. Posisi sebuah merek membanderol harga tinggi karena terasosiasi dengan status merek tersebut.

Kedua, kelangkaan produk atau didesain untuk hal tertentu. Contohnya, jam tangan yang hanya diproduksi dalam jumlah terbatas atau seri khusus yang berkolaborasi dengan pihak tertentu.

Ketiga, kualitas produk yang superior. Contoh, untuk jam tangan khusus diver (menyelam) dimana menggunakan fitur teknologi helium valve yang mendukung jam tangan dipakai untuk kedalaman yang sangat dalam.

Keempat, bahan material yang digunakan. Bahan material bisa digunakan untuk rangka (case), tali (strap) ataupun hingga komponen mesin, seperti emas, batu permata Ruby, berlian, dan lain sebagainya.

Kenapa Harus Jam Original?

Orisinalitas identik dengan komitmen dan tanggung jawab atas produk. Dari kualitas, desain hingga kontribusi emosional seperti status sosial. Berbagai aspek penting yang perludipertimbangkan dengan cermat dari sebuah jam tangan original.

1. Kesehatan
kesehatan

Jam tangan adalah sesuatu yang melekat langsung di kulit manusia. Bahan jam tangan pun bervariasi, ada yang berbahan logam, karet, karbon, kulit, ceramic, atau lainnya. Kulit manusia memang bersifat waterproof terhadap air, tetapi tidak senantiasa berlaku untuk substansi lainnya seperti bahan kimia tertentu. Bahan yang berbahaya dari jam tangan non original tertentu berpotensi masuk ke dalam tubuh manusia melalui pori-pori. Hal yang bisa terjadi adalah dari iritasi kulit hingga kanker bahkan tanpa disadari.

Beberapa bahan berbahaya yang sering ditemukan di jam tangan yang tidak memenuhi standar pemakaian:
– Timbal: logam berat beracun yang tidak bisa diuraikan. Timbal berpotensi mengganggu, merusak sel darah merah hingga menyebabkan anemia.
– Kadmium adalah karsinogen atau pemicu kanker. Kadmium juga bisa menyebabkan iritasi kulit.
– Nikel berpotensi menyebabkan iritasi kulit
– PVC atau jenis plastik berbahaya lainnya.

Produsen jam tangan original berkapasitas untuk memastikan bahwa setiap produknya bisa dipertanggung jawabkan dan memenuhi standar pemakaian. Sedangkan perusahaan jam non original tidak dibuat untuk bertanggung jawab secara legal dalam memenuhi standar pemakaian dan keamanan.

2. Kualitas Berstandar
standar kualitas jam original

Setiap produk original tentu menyajikan kualitas produk sesuai dengan yang ditawarkan. Keawetan dari bahan material hingga mesin jam tangan diproduksi untuk memenuhi standar kualitas yang ditentukan. Maka tidak heran, jam tangan original yang murah pun awet dipakai hingga bertahun-tahun.

3. Nama Baik
nama baik dan kredibilitas

Jam tangan yang berkualitas melebihi dari sekadar tampilan atau fungsi. Jam tangan original beridentik dengan status sosial atau representasi sang pemakai. Karena keindahan sebuah jam tangan sebenarnya tidak rasional tetapi lebih didominasi secara emosional.

Jam tangan tidak serta merta mengenai keakuratan waktu, karena ironisnya sebuah jam tangan yang sangat mahal malah tidak selalu lebih akurat dari jam tangan bertenaga baterai yang berharga ratusan ribu Rupiah. Jam tangan adalah sebuah cerita mengenai sang pemakai itu sendiri. Ibarat seseorang yang berpakaian serba rapi, wangi dan tampak berkelas tetapi menggunakan sebuah jam tangan non original VS seseorang yang berpenampilan seadanya tetapi menggunakan jam tangan origin.

Apa Nilai Sebuah Jam Tangan?
john clayton mayer

Jam tangan sering dilabel sebagai aksesoris ultimat atau aksesoris yang terpenting pada tubuh manusia. Seperti yang disampaikan oleh John Mayer, dikenal sebagai kolektor jam tangan paling berpengaruh di dunia dan juga penulis serta pelantun lagu New Light.

“A man’s got two shots for jewelry: a wedding ring and a watch. The watch is a lot easier to get on and off than a wedding ring.”

Selain berfungsi sebagai aksesoris prestisius, hal yang terpenting dari sebuah jam tangan adalah fungsinya dalam mencatat waktu, membawa dan menjaga momen. Jam tangan original yang bermakna menembus batas alasan rasional seperti harga.

Jam tangan original umumnya dipakai untuk jangka waktu yang lama dan akan membawa banyak kenangan setiap momen-momen penting dalam hidup. Sehingga untuk memiliki sebuah jam original yang baik, faktor-faktor rasional seperti harga yang murah atau miring serta kecanggihan fitur tidak serta merta menjadi alasan utama untuk mengapresiasi sebuah jam tangan. Dan jam tangan adalah mengenai momen.

“It’s a watch I identify with, that people identify with me,” he said. “Now, all it does is tell the time and the date, that’s it. But, man, how it does it.” – John Mayer, 7 Grammy Awards Winner and called as the world’s most influential watch collector.

Hendra Kesuma,

CEO of RADATIME

Reference

https://www.wpdiamonds.com/most-expensive-watch/
American Watch Association, http://www.americanwatchassociation.com/join/evils-ofcounterfeit-watches/
https://www.nytimes.com/2015/05/01/fashion/mens-style/john-mayer-watches.html
https://wtrproof.com/is-skin-waterproof-or-water-resistant/
https://www.halodoc.com/kesehatan/keracunan-timbal
https://www.madesafe.org/education/whats-in-that/jewelry/
https://www.brainyquote.com/quotes/john_mayer_450132

Baca Juga :

SEMANGAT BANGKIT UNTUK NEW NORMAL

HAL YANG DAPAT MERUSAK JAM TANGAN.

BEBERAPA TIPE-TIPE JAM TANGAN MASA KINI

Follow us on :

Instagram : @RADATIME.ID

FACEBOOK : @RADA TIME

YOUTUBE : RADATIME

OFFICIAL WEBSITE : www.radatime.co.id

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *