Pocket Watch
ARTIKEL,  FAKTA JAM TANGAN

10 Fakta Tentang Jam Tangan. Yang Terakhir Baru Tahu Nih.

Fakta Jam Tangan – Suka atau tidak suka jam tangan, Anda harus mengakui bahwa jam tangan selalu berada di sekitar kita sama halnya dengan industri fashion lainnya. Dengan merek-merek mewah yang mahal, sejarah yang berabad-abad lamanya, dan karakter menarik yang memproduksi dan memakai jam tangan. Tapi ada beberapa fakta yang sebagian orang belum tahu tentang jam tangan. Nah, artikel kali ini kita akan bahas fakta-fakta mengenai jam tangan.

Fakta Jam Tangan

1. Jam Kantong Digunakan Untuk Mendominasi Pasar

Jam kantong hampir mati di pasaran dunia modern, tetapi beberapa ratus tahun yang lalu, ia mendominasi pasar. Faktanya, jam tangan jarang dipakai sampai sekitar 100 tahun terakhir. Meskipun mereka tampak lebih kuno dan kurang berfungsi, tetapi kita pun mungkin akan memilikinya jika kita hidup di abad ke-19. Malah kalau dilihat keren banget ya desain jam tangan kantong itu keren-keren yah.

2. Jam Pertama Di Dunia Terbuat Dari Batu

Meskipun sejarawan percaya bahwa bangsa Sumeria adalah orang pertama yang mencatat waktu pada 2000 SM, bukti paling awal penggunaan benda fisik untuk menjaga waktu berasal dari Mesir kuno. Yang mereka lakukan adalah mengukir obelisk batu besar yang akan ditempatkan di lokasi tertentu. Saat matahari bergerak, begitu pula bayangan batu itu. Mereka memperkirakan waktu dari panjang dan arah bayangan ini.

3. Jam Tangan Mahal Lebih Sering Tidak Akurat

Ini tidak selalu terjadi, tetapi terkadang trennya adalah jam tangan yang lebih murah menggunakan mesin jam kuarsa dan jam tangan mewah menggunakan jam mekanis. Meskipun jam tangan mekanis lebih berat, lebih indah untuk dilihat, dan lebih kompleks, jam tangan mekanis sebenarnya kurang akurat daripada kuarsa. Tentu saja, sebagian besar kolektor jam tangan tidak mengejar fungsionalitas murni saat berbelanja. Sebaliknya, mereka membayar untuk pengerjaan yang datang dengan cara kerja yang rumit.

4. Jam Tangan Awalnya Dibuat Untuk Wanita

Di dunia modern, hampir semua orang memakai jam tangan. Di masa lalu, beda lagi kasusnya. Seperti yangs udah di sebutkan di atas, jam kantong mendominasi industri dalam waktu yang lama. Saat jam tangan muncul pertama kalu, tujuan utamanya adalah untuk menghiasi pergelangan tangan para wanita, yang umumnya tidak membawajam kantong layaknya pria. Hanya setelah beberapa dekade, para pria memutuskan bahwa mereka juga menyukai jam tangan di pergelangan tangan mereka.

5. Jam Tangan Berkunjung ke Luar Angkasa & Bulan

Pada beberpa puluh tahun lalu masing-masing negara berlomba untuk ke luar angka, tetapi satu hal yang jarang disebutkan adalah jam tangan yang dikenakan para astronot. Jika Anda tidak tahu, sebenarnya Rusia yang berhasil mencapai luar angkasa lebih dulu. Ketika mereka melakukannya, astronot mereka mengenakan jam tangan Strela. Ketika AS melihat bahwa Rusia telah berhasil mencapai luar angkasa pertama kali, mereka meningkatkan penelitian dan pengembangan mereka. Hasilnya adalah AS yang pertama sampai ke bulan. Jam tangan yang dikenakan oleh astronot mereka adalah Omega Speedmaster.

6. Jam Tangan Hadir Dalam Sejarah Perang

Salah satu faktor terpenting dalam perang adalah merencanakan serangan terkoordinasi. Sayangnya, sangat sulit untuk melakukannya bila Anda tidak tahu waktunya. Dalam Perang Dunia I, hal ini tidak menjadi masalah, karena setiap tentara mulai memakai jam tangan untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dengan mereka, mereka bisa menyinkronkan serangan mereka secara efektif.

7. Casio Menguji Model G-Shock Mereka Dengan Cara Yang Paling Logis

Model Casio G-Shock dikenal di seluruh industri sebagai model yang hampir tidak bisa dihancurkan. Mereka tahan air sampai kedalaman yang luar biasa, tahan guncangan, dan dapat diandalkan seperti jam tangan. Saat Casio menguji jam tangan ini, mereka tidak melakukan percobaan di laboratorium yang pengap. Sebaliknya, mereka menguji ketahanan guncangan menggunakan metode yang paling logis: Melemparkan prototipe dari jendela lantai 4.

8. Rolex Pernah Sampai Hingga Dasar Laut

Meskipun sebagian besar jam tangan mewah memiliki ketahanan air hingga 100-300 m, Rolex membawa segalanya lebih jauh lagi dengan jam tangan Deep Sea Special mereka. Jam tersebut dibawa hampir 11.000 meter ke dasar Palung Mariana dan dilakukan dengan sempurna di bawah tekanan besar.

9. Sebagian besar Iklan Jam Tangan Waktu Di Set Ke 10:10

Sebagian kita mungkin tidak memperhatikan bahwa iklan jam hampir selalu menggunakan waktu yang sama yaitu pukul 10.10. Alasannya? Pakar pemasaran percaya bahwa orang lebih cenderung membeli jam tangan ini karena saat itu wajah tersenyum.

10. Pada Tahun 2017 Seseorang Rela Membayar Rp 258 Milyar Hanya Untuk Sebuah Jam Tangan

Jam tangan termahal yang pernah dibeli adalah Rolex Daytona, yang biasanya dijual dengan harga tidak lebih dari Rp 435 juta. Pasalnya, itu dimiliki oleh aktor terkenal Paul Newman dan jelas sangat dicari karenanya. Sehingga orang rela membayar hingga Rp 258 Milyar karena memiliki nilai sendiri dari jam tangan tersebut.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat dan memberikan kita wawasan yang lebih lagi tentang jam tangan yang ada di dunia ini ya.

Sumber : www.prowatches.com

Baca juga :
Bagian Utama Jam Tangan, Apa Saja Itu?
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *