fungsi helium escape valve
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Fungsi Helium Escape Valve Pada Jam Tangan Diver

Pernahkah kamu dengan sengaja mencari jam tangan diver dengan spesifikasi ini? Memiliki helium escape valve untuk melepas gas helium.

Namun apakah kamu benar-benar memerlukan fitur yang tidak murah tersebut? Apa sih sebenarnya fungsi dari helium escape valve tersebut sampai mengisinya saja bisa sampai jutaan harganya? Kali ini kita akan coba untuk membahas tuntas apa itu helium escape valve tersebut. Kemudian seberapa pentingkah fitur tersebut untuk kamu atau siapakah yang lebih pantas memakai fitur tersebut.

Jadi untuk kamu yang belum tahu helium escape valve adalah sebuah mekanisme pada jam tangan diver untuk melepaskan gas helium. Lalu apa tujuannya melepas gas helium tersebut? Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan pada jam tangan kamu. Lho kenapa bisa sampai rusak? Jadi kita perlu mengenal lebih dalam dulu fungsi dari helium escape valve ini.

Mengenal Fungsi Helium Escape Valve

Saat kamu menyelam pada kedalaman tertentu di dalam lautan ada suatu bagian yang memiliki campuran gas disebut trimix. Gas trimix ini terdiri dari campuran Oksigen, Nitrogen dan Helium. Nah yang paling berpengaruh disini adalah Helium sebagai partikel terkecil. Helium dapat masuk ke dalam bagian jam tangan meskipun jam tangan kamu tahan air. Sebab bentuknya yang sangat kecil.

Nah disinilah fungsi dari jam tangan yang memiliki helium escape valve bekerja. Biasanya jam tangan dengan valve tersebut akan memiliki gas helium juga di dalam jam tangannya. Saat mencapai ke kedalaman yang memiliki kandungan gas trimix biasanya tekanan dari luar terhadap jam tangan kita akan sangat tinggi. Jam tangan yang tidak memiliki gas helium di dalamnya umumnya akan rusak pada kedalaman ini.

mekanisme kerja helium escape valve

Gas helium di dalam jam tangan ini yang akan menjadi penyeimbang tekanan antara luar dan dalam jam tangan. Jadi tekanan yang keras dari luar akan menjadi sama dengan tekanan di dalam. Jadi jam tangan kamu tidak akan rusak. Ada tapinya juga sih, yaitu saat kamu kembali ke atas permukaan.

Sewaktu kamu kembali ke permukaan sekarang malah tekanan dari dalam jam tangan kamu yang menjadi tinggi. Jika dibiarkan begitu saja maka jam tangan kamu akan terus menekan dari dalam. Akibatnya seperti glass jam tangan yang tiba-tiba terlepas mungkin saja terjadi.

Untuk mencegah hal itu, disinilah dibutuhkan helium escape valve yang biasanya terletak di bagian crown. Buka lah valve tersebut untuk melepas tekanan dari dalam jam tangan tersebut sehingga tidak akan merusak jam tangan kamu. Kalau sudah dilepaskan maka kamu perlu mengisi lagi gas helium kamu sebelum kembali menyelam.

Kemudian Untuk Siapakah Jam Tangan Untuk Helium Escape Valve Tersebut?

crown dengan helium escape valve

Jika kamu hanya menyelam dalam waktu yang sebentar dan tidak terlalu sering atau bahkan setiap hari, maka jam tangan diver biasa sudah bisa menemani kamu. Jam tangan dengan helium escape valve malah akan terasa mubazir. Kamu tidak memerlukan jam tangan dengan helium hanya untuk menyelam biasa saja dalam perjalanan wisata kamu.

Jam tangan dengan fitur helium escape valve ini cocoknya untuk orang yang sering melakukan penyelaman bahkan tiap hari. Apalagi jika melakukan penyelaman dalam waktu yang lama. Orang-orang yang bekerja di bawah air seperti instruktur selam atau bahkan pekerja di bawah laut seperti pekerja las, dan lain-lain.

Nah namun untuk kamu yang melakukan penyelaman dalam juga sebaiknya memiliki jam tangan dengan fitur ini. Penyelaman dengan kedalaman di atas 500 meter sebaiknya menggunakan jam tangan ini untuk mengurangi resiko kerusakan.

Sudah mengerti bukan apa itu helium escape valve dan fungsinya serta untuk siapa saja cocoknya. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *