investasi saham, momen & waktu
ARTIKEL,  NEWS & EVENT

Investasi Saham, Momen & Waktu

POM POM..ARB..ARA…HAKA!…menjadi kata-kata top trending di pembicaraan akhir-akhir ini.

Investasi atau trading di pasar saham sontak menjadi daftar favorit guna menghasilkan pemasukan selama masa pandemi. Di sosial media, grup WA atau media online lainnya ikut marak membahas topik yang panas ini. Dari untung miliaran Rupiah sehari sampai yang nyangkut alias tidak bisa dijual sahamnya karena disuspen atau ARB. Serunya topik ini menjadi lebih panas dengan eksistensi influencer ataupun tokoh yang juga ikut nimbrung menyinggung topik ini. Hal ini membuat investasi saham sekarang bukan sekedar antara faktor momen dan waktu saja, tapi pengaruh dari seorang influencer menjadi faktor yang perlu diperhitungkan.

Catatan:
  • ARB: Auto Rejection Bawah adalah batas maksimal turunnya harga saham dalam satu hari (7%)
  • ARA: Auto Rejection Atas adalah batas maksimal kenaikan harga saham dalam satu hari (25-35%)
    (Berdasarkan ketentuan di tahun 2020)
  • HAKA: Hajar Kanan adalah membeli langsung saham di harga ditawarkan tanpa mengantri
  • POM POM: istilah untuk menghasut orang lain membeli saham tertentu

Mayoritas tentu akan mudah terpancing emosinya sewaktu menyaksikan banyak testimoni menghasilkan uang dengan sangat mudah alias cuan, apalagi legal. Hingga banyak yang pinjol alias pinjaman online, membeli saham menggunakan uang yang diperuntukkan kebutuhan penting seperti uang sayur, uang kuliah, uang pernikahan, uang organisasi, dan lain sebagainya.

Namun, di balik iming-iming cuan, tanpa pengetahuan yang memadai, segala bentuk investasi berpotensi menjadi sangat beresiko. Oleh sebab itu, di artikel kali ini, saya akan membahas bersama sang pakar finansial yang sudah menjadi narasumber finansial nasional dan internasional, Frankie Wijoyo Prasetio (FWP), CFO of The Nodigon Company. Sehingga kita semua memiliki panduan yang bijak dalam berinvestasi.

Pakar saham
Frankie Wijoyo Prasetio
*IG: @frankiewp

Pandangan Seorang Pakar Finansial Tentang Situasi Saat Ini

Menurut Pak Frankie, “bagaimana Anda menyikapi situasi yang happening mengenai dunia pasar saham saat ini?”.

FWP: “Investasi yang paling baik adalah pada pengetahuan, klise memang tetapi dengan memiliki pengetahuan yang memadai, maka resiko yang diambil menjadi lebih kecil. A good friend of mine said that “risk is the function of understanding”. How true! Tanpa pengetahuan (pengertian) yang benar, tanpa kita sadari kita akan mengambil resiko yang lebih besar dari yang seharusnya kita lakukan.

Dengan memiliki pengetahuan yang memadai, kita akan sanggup untuk memilah dan memilih antara investasi yang baik untuk dilakukan, dan juga yang perlu kita hindari.

investasi saham dan momen
Alur Investasi Saham

Sebagai investor, kita harus selalu ingat bahwa apa yang kita beli adalah “kepemilikan dari sebuah perusahaan” it’s a business that is running and well operating. Terkadang orang sering melupakan kalau yang dibeli adalah perusahaan, bukan kertas. Jadi approach yang benar terhadap investasi juga harusnya memiliki time-frame yang panjang, not instant.

On Influencer-Effect: Umumnya, saya tidak akan “mendengar kata orang” untuk membuat keputusan investasi saya, karena untuk mendapatkan hasil yang benar, tentunya kita harus memiliki PROSES yang benar. Apalagi keputusan investasi adalah keputusan yang sangat penting yang menentukan apakah uang investasi tersebut bertambah atau berkurang (untung atau rugi), yang kadangkala jumlahnya tidak sedikit pula.”

Pengaruh Momen & Waktu Dalam Investasi Saham

Market Bullish

Proses yang benar berarti mengoptimalkan setiap momen dan itu sangat penting dalam berinvestasi. Ada momen menunggu seperti wait and see, momen profit taking, momen membeli atau momen mengoptimalkan diri seperti meng-upgrade diri. “Menurut Pak Frankie, apa saja rumus keberhasilan untuk seorang investor yang berkaitan dengan momen?”

FWP: “ ’Be greedy when others are fearful, and be fearful when others are greedy’ kalimat emas dari Warren Buffett yang sudah jutaan kali diulang oleh banyak orang ini adalah kalimat yang luar biasa sederhana tetapi luar biasa benar.
And this golden quote also has stood the test of time.

Hal lain yang bisa ditambahkan mungkin adalah: “enjoy the process”.

What kind of process? I think sebagai investor, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah belajar sebanyak-banyaknya, dan medium terbaik adalah dari buku. Kenapa? Karena buku is a more reliable source, and buku memaksa kita untuk berimajinasi dan berpikir. Proses inilah yang akan sangat membantu kita dalam membentuk mindset kita.”

Bagaimana Memaknai Waktu

Dari yang Pak Frankie utarakan, alokasi prioritas waktu dan menikmati jalannya proses adalah faktor utama keberhasilan investasi. Pak Frankie dikenal sebagai sosok yang sangat menghargai waktu. Dari beberapa pertemuan, Pak Frankie sering mengingatkan pentingnya timing dalam berinvestasi. Menyambung kaitan dengan timing, Pak Frankie seringkali bercerita tentang kegiatan pribadinya termasuk menyinggung koleksi jam tangan. Saya pun memverifikasi, “Menarik sekali korelasi investasi saham, momen dan waktu, boleh pak Frankie cerita apa pendapat Anda mengenai jam tangan dan seberapa penting?”

Salah Satu Koleksi Jam Tangan FWP

FWP: “Most of my watches are a gift from others (my wife and my business partner), so they held a special place in my heart. Jam tangan adalah hal yang mengingatkan saya pada momen-momen penting dalam hidup, oleh karena itu I think my watches are the most important items for me, it fills my life with LOVE :D.”

Luar biasa, jam tangan memang bukan hanya aksesoris semata, secara tidak langsung adalah sebuah bentuk dalam mengapresiasi waktu. Kami yakin apresiasi waktu merupakan faktor utama kesuksesan dan kebahagiaan. Terima kasih kepada Pak Frankie atas perbincangan yang semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Semoga momen berharga selalu memancar dalam waktu Anda – Radiate Moments In Time.

“The two most powerful warriors are patience and time”

Leo Tolstoy – Penulis dari Rusia yang dikenal sebagai salah satu penulis terbesar di dunia

*Disclaimer On:
Materi ini hanya memberikan informasi dan bukan sebagai rekomendasi atau ajakan kepada siapapun untuk membeli atau menjual efek tertentu.

Hendra Kesuma

CEO of RADATIME

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *