istilah dunia jam tangan
ARTIKEL,  INFO JAM TANGAN

Istilah-Istilah Dunia Jam Tangan (Bagian 2)

Setelah selesai dengan istilah-istilah dunia jam tangan bagian 1, sekarang kita akan melanjutkan untuk bagian yang ke 2

Sebab dalam dunia jam tangan begitu banyak istilah-istilah yang mungkin asing bagi kamu. Beberapa istilah yang asing bagi kamu ini bisa membuat kamu ragu dalam membeli jam tangan sebab tidak tahu arti istilah yang dimaksud.

Agar kamu tidak bingung dan tidak ragu lagi maka kami memberikan lagi beberapa istilah dunia jam tangan yang umum dijumpai. Sehingga jam tangan yang kamu beli adalah yang paling sesuai dan kamu sukai.

13 Istilah Dunia Jam Tangan Bagian 2

1. Minute Repeater
istilah jam tangan minute repeater

Minute Repeater merupakan fitur untuk memberi tanda pada saat melewati menit tertentu akan memiliki bunyi. Misalnya setiap 30 menit berlalu, jam tangan terdapat bunyi penandanya. Fitur ini ada kaitannya dengan petite sonnerie.

2. Moon Phase

Fitur ini dapat mengetahui pergerakan bulan terhadap bumi. Jadi dengan fitur moon phase kita dapat mengetahui posisi bulan. Apakah posisi bulan sabit, setengah, atau bulan penuh.

Siklus bulan berlangsung selama 29 hari, 12 jam, 44 menit,dan 2,8 detik. Berkat center wheel pada mesin yang menghasilkan satu putaran per jam, rangkaian rasio gear dapat digunakan untuk menghitung siklus bulan.

3. NATO Strap

NATO sebenarnya adalah singkatan dari North Atlantic Treaty Organization. Strap NATO adalah strap dengan bahan dasar nilon atau biasanya kita sebut strap kanvas. Nama NATO disematkan karena awalnya strap ini dibuat khusus untuk kebutuhan anggota militer.

4. Perpetual Calendar
istilah jam tangan perpetual

Fitur komplikasi ini adalah untuk jam tangan dengan tingkat komplikasi kalender yang sangat tinggi. Singkatnya fitur ini akan koreksi secara otomatis bulan yang memiliki kurang dari 31 hari dan tahun kabisat.

5. Power Reserve

Power reserve biasanya ada pada jam tangan otomatis. Jadi fungsinya adalah seperti penunjuk minyak pada motor atau mobil untuk mengetahui sisa tenaga pada jam tangan otomatis.

Umumnya jam tangan yang sering kita jumpai di pasaran itu memiliki power reserve sekitar 30 – 48 jam.

6. Pulsometer

Fitur yang biasanya terpadat pada smartwatch. Jadi pulsometer adalah fitur untuk mengetahui denyut nadi kita sehingga bisa terpantau kondisi kesehatan kita.

7. Rotor

Rotor adalah salah satu part dari jam tangan otomatis. Sebuah bagian seperti piringan setengah lingkaran yang membantu untuk mengisi daya jam tangan otomatis kamu. Rotor berputar tak beraturan pada porosnya saat jam tangan digerakkan dan berfungsi memberikan daya pada jam tangan.

8. Repeater

Tingkat kerumitan pada jam mekanikal yang akan berbunyi pada jam atau menit yang ditentukan. Repeater diaktifkan dengan menekan pusher atau menggeser slider. Pusher ditemukan pada abad ke-17, jauh sebelum listrik ditemukan, repeater berguna untuk menunjukkan waktu setelah petang.

9. Rate

Rate biasanya digunakan untuk menentukan tingkat akurasi dari sebuah jam tangan. Biasanya dinyatakan dengan satuan detik dan simbol +/-.

10. Sub Dial

Bagian sub dial adalah bagian pada dial yang menunjukkan untuk informasi unik tertentu. Sub dial seringnya terdapat pada jam chronograph. Namun seiring dengan perkembangan sub dial juga digunakan untuk menunjukkan seperti tanggal maupun siang atau malam.

11. Strap
istilah jam tangan strap

Untuk strap adalah tali jam tangan yang biasa kamu gunakan. Strap yang umum ditemui di pasaran yaitu: kulit, stainless steel, rubber dan kanvas atau NATO.

12. Sub Seconds
istilah jam tangan sub seconds

Kalau mau dibilang sub seconds sebenarnya bisa dibilang sebagai variasi dari sub dial. Sub seconds adalah istilah untuk jarum detik yang tidak berada di tengah dial, melainkan yang ada di bagian sub dial. Biasanya model ini ada pada jam tangan dengan chronograph.

13. Tachymeter
istilah jam tangan tachymeter

Fitur ini adalah skala yang terdapat pada dial/bezel jam tangan yang berfungsi untuk mengukur kecepatan berdasarkan waktu tempuh. Tachymeter biasanya digunakan oleh juri pencatat waktu untuk kejuaraan balap mobil atau motor. Fitur tachymeter biasanya terdapat pada jam diver maupun pilot.

Begitulah beberapa lagi istilah-istilah dunia jam tangan bagian 2. Tunggu beberapa istilah lagi yang akan hadir di bagian ke 3.

Baca juga :
Kamus Dunia Jam Tangan Yang Umum Dijumpai
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *