jam tangan atau smartphone
FAKTA JAM TANGAN,  INFO JAM TANGAN

Melihat Waktu Pakai Jam Tangan Atau Smartphone?

Pernahkah kamu berpikir saya ada smartphone saya tidak perlu mempunyai jam tangan untuk melihat waktu?

Kalau kamu pernah berpikir seperti itu, maka kamu termasuk orang yang tidak suka keribetan. Tidak suka memakai banyak aksesoris dan cenderung terkesan minimalis atau sederhana. Semua smartphone saat ini dilengkapi dengan jam yang terhubung dengan GPS sehingga selalu akurat. Jadi dengan begitu apakah kamu akan melihat waktu dengan jam tangan atau hanya smartphone?

Sebenarnya keduanya adalah sesuatu yang tidak bisa dibandingkan secara apple to apple begitu saja. Akan tercipta keadaan yang tidak seimbang jika dibandingkan dengan begitu. Yang satu smartphone hampir menjelma menjadi kebutuhan orang saat ini untuk berkomunikasi dengan mudah. Di sisi lain jam tangan telah menjelma menjadi lebih dari sekedar aksesoris.

Baik jam tangan atau smartphone sama-sama menunjukkan waktu

Ya. Memang untuk saat ini smartphone memiliki penunjuk waktu, bisa dibilang sangat akurat apalagi dibandingkan dengan jam tangan otomatis. Namun smartphone bukanlah diciptakan sebagai murni penunjuk waktu. Smartphone diciptakan sebagai alat komunikasi murni yang memudahkan kita untuk berhubungan dengan orang tanpa dibatasi oleh tempat.

Kalau mau dibandingkan tetap bisa saja…
Etika & Kemudahan
melihat waktu di smartphone

Melihat waktu akan lebih mudah jika kita melihat jam tangan saja. Karena memang itulah fungsi utama dari jam tangan. Kalau menggunakan jam tangan kamu hanya perlu mengangkat tanganmu dan melihat ke arah pergelangan tangan kamu. Bandingkan dengan smartphone yang perlu kamu keluarkan dari saku atau tas lalu menghidupkan layar untuk melihat waktunya.

Jika mau dibicarakan secara etika maka penulis bisa memberikan analogi seperti ini. Bayangkan kamu sedang bicara dengan seseorang, kamu ingin melihat sudah waktu berapa ini. Apakah akan sopan kamu melihat ke smartphone, menyalakan layarnya dan tidak melihat orang yang bicara untuk melihat layar. Atau akan lebih sopan jika kamu hanya sekedar mengangkat tangan dan dengan sekilas melihat tangan. Penulis merasa jauh terkesan lebih sopan jika melihat ke pergelangan tangan.

Akurasi
akurasi

Jika mau dilihat dari akurasi, bagaimanapun smartphone akan jauh lebih akurat. Saat ini smartphone sudah terkoneksi dengan satelit dan GPS yang bisa otomatis mengatur zona waktu. Jadi meskipun kamu berpindah lokasi yang berbeda zona waktu kamu tidak perlu mengaturnya di smartphone kamu. Smartphone akan mengaturnya secara otomatis untuk kamu. Selain itu dalam waktu 1 tahun bisa dipastikan akurasi waktu smartphone tidak akan lewat dari 5 detik.

Jam tangan di sisi lain tidak memiliki koneksi dengan satelit sehingga waktunya diatur dengan menggunakan mesin yang ada di dalamnya. Mekanisme jam tangan quartz memang memiliki akurasi cukup baik, namun masih memiliki selisih +- 1 menit per tahunnya. Meskipun untuk jam tangan digital saat ini bisa kamu andalkan untuk akurasinya ataupun ada jam tangan yang saat ini bisa terkoneksi dengan satelit.

Daya Tahan
daya tahan smartphone atau jam tangan

Berapa umur pakai sebuah smartphone yang paling lama? 2 tahun atau 3 tahun? Berdasarkan pengalaman pribadi penulis daya tahan smartphone yang memasuki umur 2 tahun akan terasa penurunan performa. Paling jelas terasa adalah di bagian baterainya. Kita hampir harus selalu ganti smartphone setiap 2 atau 3 tahun sekali.

Di sisi lain jam tangan memiliki daya tahan yang sangat lama. Penulis sendiri memiliki jam tangan Fossil dan sudah menemani penulis selama lebih dari 6 tahun. Sampai saat ini tetap dapat berjalan dengan baik tanpa adanya penurunan performa. Paling saja ada sedikit lecet di bagian kaca karena efek pemakaian.

Fashion & Status
jam tangan yang cocok

Kalau dilihat dari sudut pandang ini jam tangan tentu lebih menjanjikan. Jam tangan yang cantik tentu akan menarik perhatian orang yang melihatnya. Meskipun jam tersebut tidak mahal tapi jam tersebut akan menarik perhatian kalau memang cocok dengan penggunanya.

Di sisi lain smartphone adalah barang yang sangat umum dijumpai dan dipegang oleh seseorang. Banyak orang tidak akan memperhatikan apakah smartphone tersebut cocok dengan kamu atau tidak. Paling orang akan memperhatikan saat kamu menggunakan smartphone baru. Meskipun beberapa smartphone yang mahal dan premium akan membuat orang tertarik dan membuat smartphone tersebut terkesan seperti barang fashion.

Jadi apakah kamu akan memilih smartphone atau jam tangan untuk melihat waktu? Itu bebas kepada kamu loh. Penulis hanya membuka sudut pandang kamu.

Kalau kamu memutuskan untuk menggunakan jam tangan maka kamu sudah datang ke tempat yang tepat. Sebab RADATIME.CO.ID selalu memberikan diskon menarik untuk semua brand jam tangan pilihanmu.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Sejarah Lahirnya Si Tangguh G-Shock
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *