Jam Tangan Automatic Kinetic
ARTIKEL

Mesin Automatic VS Mesin Kinetic Lebih Bagus Mana ?

Jam Tangan Automatic Kinetic. Setelah sempat membahas perbedaan jam tangan Analog dan jam tangan Digital. Kali ini RADATIME akan membahas mengenai perbedaan jam tangan Otomatis dengan jam tangan Kinetis. Seperti namanya, jam tangan ini menggunakan tenaga gerak untuk mengisi daya. Sama-sama menggunakan mesin yang berfungsi sebagai pengisi daya ketika bergerak. Namun bukan hal yang sama akan kita bahas, melainkan perbedaannya.

Jam tangan Automatic (otomatis)

Pada jam tangan otomatis tidak terdapat perangkat elektronik. Semua penggerak dari jam tangan automatic murni ditenagai oleh per utama. Yang diisi melalui putaran pada rotor jam tangan. Pada jam tangan manual, pengisian daya dilakukan dengan memutar pada jam tangan kearah atas. Dan untuk jam tangan automatic pengisian daya dilakukan tanpa memutar putaran, melainkan menggunakan pergerakan rotor.

Daya hasil putaran rotor disimpan yang kemudian disalurkan ke roda-roda dalam mesin jam tangan. Hingga jarum jam dapat bergerak dan menunjukkan fungsinya. Semua dilakukan secara mekanik tanpa menggunakan listrik.

Pada umumnya jam tangan otomatis memiliki penunjuk daya rotor yang disebut Power Reserve. Pada jam tangan otomatis memiliki ketahanan rata-rata 40 jam. Dan apabila jam tangan tidak digunakan selama kurang lebih 48-72 jam, tenaga pada rotor akan habis. Dan akan membuat jam tangan berhenti bergerak. Hal ini menyebabkan jam tangan tidak lagi berfungsi.

Jam tangan Kinetic

Meskipun sama dengan jam tangan automatic yang memiliki rotor sebagai penggeraknya. Tentu saja tetap ada perbedaan yang menjadi keunggulan jam tangan Kinetis. Yaitu pergerakan rotor pada mengisi daya pada kapasitor.. Dan ini merupakan perbedaan mencolok bahwa jam tangan automatic murni menggunakan mesin sebagai penggeraknya. Namun, jam tangan Kinetis menggunakan tenaga listrik. Yang berguna menggerakkan jarum jam dan mesin pada jam tangan ini.

Mesin jam tangan Kinetis menggabungkan antara konsep pengisian daya yang diterapkan oleh mesin mekanis otomatis. Konsep mengenai jam tangan Kinetis ini ditemukan, dikembangkan, serta dipatenkan oleh Seiko.

Seiko berpendapat Kinetis adalah sebuah hal baru penggabungan otomatis dengan teknologi baterai. Seiko memperkenalkannya dengan nama AGM (Automatic Generating Movement) dan sesuai harapan. Hal baru ini sukses sebagai jam tangan yang ramah lingkungan, akurat dan tahan lama.

Keunggulan

Keunggulan lain adalah jam tangan ini akan tetap mati bila tidak digunakan. Pemberi daya bisa bertahan 1,5 bulan sampai 6 bulan. Dan keunggulan inilah yang membuat jam tangan Kinetis diterima baik di pasaran.

Selain dari itu, jam tangan Kinetis yang tidak lagi berjalan akan mati secara otomatis untuk menghemat daya. Karena inilah yang menyebabkan jam tangan ini akan mencari waktunya sendiri, ketika di hidupkan setelah lama dalam kondisi mati. Ini merupakan teknologi canggih otomatis yang di buat oleh Seiko.

Oleh karena itu, diantara kedua tipe ini manakah yang kamu suka ? Atau kamu sudah memiliki salah satu bahkan kedua dari jam tangan ini ? Tuliskan pengalaman kamu dalam menggunakan jam tangan canggih ini di kolom komentar. Jam Tangan Automatic Kinetic

Koleksi jam tangan pria.

koleksi jam tangan wanita.

koleksi smartwatch.

Dan jangan lupa follow sosial media RADATIME ya
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *