hamilton - jam tangan baterai pertama
INFO JAM TANGAN,  NEWS & EVENT

Jam Tangan Baterai Pertama – Hamilton Electric

Jangan memanggil jam tangan ini sebagai jam tangan quartz. Sebab ini bukan quartz, melainkan baterai. Bahkan sudah ada sebelum jam tangan quartz ada.

Beberapa jam tangan paling menarik berasal dari masa transisi dan, di era setelah Perang Dunia Kedua. Hamilton menciptakan Electric 500 – jam tangan pertama yang menggunakan mesin jam bertenaga baterai.

Menjadi perhatian Hamilton adalah di suatu titik dimana kita akan krisis batu quartz, yang membuat kita harus mencari alternatif lain. Hamilton ini juga menandai momen yang berlalu dalam waktu. Pada saat itu ketika pembuat jam Amerika bermain dengan teknologi terkini untuk sebuah jam tangan.

Pada tahun-tahun setelah Perang Dunia Kedua, pasar untuk jam tangan buatan Amerika sangat kompetitif. Brand pembuat seperti Elgin, Bulova, dan Hamilton berlomba untuk mengembangkan jam tangan yang lebih canggih secara teknis yang akan menarik konsumen.

Salah satu inovasi paling tajam adalah mengembangkan jam tangan bertenaga baterai daripada jam tangan otomatis konvensional. Hasilnya yang Anda lihat adalah pemenangnya: Hamilton Electric 500. Meskipun Hamilton adalah jam tangan pertama yang menawarkan jam tangan bertenaga baterai untuk konsumen. Namun Hamilton 500 itu adalah kemenangan yang datang dengan biaya yang signifikan, pada akhirnya.

Mengenal Hamilton 500 – Jam Tangan Baterai Pertama

jam tangan baterai pertama
Hamilton 500

Mesin Pergerakan Hamilton 500 menggunakan baterai yang dikembangkan bersama oleh Hamilton, dan Perusahaan Karbon Nasional (yang kemudian menjadi Union Carbide). Mereka setuju untuk bekerja dengan mereka setelah lebih dari 40 pembuat baterai menolaknya.

Baterai dirancang agar tahan bocor dan memberikan tegangan yang sangat konstan. Hamilton pada satu titik bermain-main dengan ide membuat baterai itu sendiri untuk mengurangi biaya, serta membebaskan mereka dari ketergantungan pada satu pemasok. Ternyata pembuatan baterai sesuai skala membuatnya terjangkau, dan mereka meninggalkan ide untuk mendapatkannya. ke dalam bisnis baterai.

Dalam gerakan Hamilton 500, tidak ada main spring utama – kekuatan untuk menggerakkan roda gigi dan jarum jam berasal dari gerakan roda keseimbangan besar, yang mengindeks roda gigi saat roda berayun.

Sistem Pergerakan Hamilton 500
Mesin Hamilton 500

Hamilton 500 adalah apa yang disebut jam tangan listrik “kumparan bergerak” – jika Anda perhatikan, satu sisi timbangan terlihat lebih atau kurang normal, dengan sekrup penyeimbang; sisi lain memiliki kumparan kawat besar yang dipasang di atasnya. Koil adalah elektromagnet.

Di bawah keseimbangan, dipasang ke piring, ada dua magnet permanen berbentuk cakram. Saat keseimbangan berayun, kumparan memasuki celah antara dua magnet, dan salah satu dari dua pegas kawat yang sangat tipis yang dapat Anda lihat lewat di bawah keseimbangan memberi aliran arus pendek ke kumparan, melalui kontak di hub keseimbangan .

Pergerakan Hamilton 500

Medan magnet yang diinduksi dalam kumparan berinteraksi dengan medan magnet permanen, yang membuatnya terus berayun. Pegas keseimbangan terbuat dari paduan non-magnet, tetapi para insinyur Hamilton masih harus bersusah payah untuk menjaga kebocoran medan magnet seminimal mungkin.

Hal ini mengharuskan mereka untuk mengembangkan formula milik mereka sendiri untuk baterai platinum dan kobalt (tanpa melanggar sebelumnya paten oleh General Electric, yang membutuhkan beberapa upaya). Pegas kedua dari dua pegas tipis dan panjang sebenarnya adalah pegas “perjalanan”, yang tersandung oleh permata di pusat keseimbangan, dan yang bertindak untuk memutus kontak listrik antara pegas pembawa arus. Ini memotong medan magnet di kumparan dan keseimbangan bebas berayun melalui busur penuhnya.

Akhir Dari Hamilton 500
Akhir Era Hamilton 500

Paku utama di peti mati untuk Hamilton Electrics adalah pengenalan oleh Bulova, pada tahun 1960, dari garpu tala bertenaga baterai Accutron.

Tidak seperti Hamilton, Bulova mendukung produknya dengan pelatihan staf layanan yang ekstensif sejak awal. Tentu saja, Accutron, seperti Electric, dengan sendirinya akan menjadi jalan buntu.

Saat itu ketika tahun 1969, Seiko memperkenalkan Astron kuarsa, yang menandai dimulainya era ketika penunjuk waktu abadi. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, menjadi benar-benar akurat di mana-mana.

Meskipun Hamilton Electric (yang akhirnya berhenti diproduksi pada 1969) pada akhirnya mengalami kegagalan. Kita tidak bisa menyangkal itu masih merupakan bagian dari teknik yang sangat cerdik dan hingga hari ini. Mereka memiliki penggemar – di antara para kolektor, jika bukan pembuat jam.

Sumber: https://www.hodinkee.com/articles/the-amazing-made-in-america-hamilton-electric-the-worlds-first-battery-powered-watch

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *