Jam Tangan Masuk Air
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Jam Tangan Masuk Air, Kenali Sumbernya

Perasaan sedih saat jam tangan kesayangan masuk air dan rusak, padahal sudah memiliki spesifikasi tahan air.

Jam tangan akhir-akhir ini sudah memiliki kemampuan tahan air dengan berbagai tingkatan. Tujuannya adalah untuk membuat pemakainya merasa tenang tanpa takut jam tangan miliknya masuk air.

Ada beberapa penyebab yang sering membuat jam tangan kemasukan air. Beberapa penyebab itu bisa terjadi karena kelalaian manusia baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa sumber masuknya air pada jam tangan. Sehingga kami berharap bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk jam tangan kamu lebih awet. Sebab jam tangan yang awet akan memberikan kamu momen terbaik untuk dilalui bersama.

Berbagai Sumber Jam Tangan Masuk Air

Nah mari kita langsung saja rincikan beberapa sumber masuknya air

Kaca (Glass)

Jika melalui kaca dari jam tangan beberapa penyebab masuknya air adalah melalui lem / silikon yang sudah usang ataupun ring water resistant sudah rusak (tidak maksimal). Penyebab utamanya adalah terbentur atau jatuh.

Crown / Putaran

Jika melalui putaran jam tangan bisa berasal seal dari crown atau crown itu sendiri telah keropos. Penyebabnya adalah kurang dibersihkan sehingga menjadi berdebu dan beberapa material yang masuk membuat keropos.

Case

Penyebab air bisa masuk melalui Case atau kerangka adalah karena kerangka jam keropos atau berlubang. Penyebabnya adalah bisa karena korosi (untuk saat ini rata-rata brand menggunakan stainless steel). Penyebab lainnya adalah karena benturan atau adanya benda tajam yang menusuk case.

Caseback

Untuk sumber masuknya air dari caseback adalah dikarenakan kerangka belakang jam yang keropos / berlubang karena terbentur atau jatuh. Masalah lainnya karena adanya kesalahan teknis saat perbaikan jam tangan yaitu caseback yang tidak tertutup dengan baik. Satu lagi penyebab masuknya air dari caseback adalah seal caseback atau karet (seal) sudah kaku dan usang (Biasanya karena faktor umur jam tangan).

Pusher

Sebenarnya sumber ini berlaku terutama untuk jam tangan yang memiliki fungsi chronograph. Tombol tekan stopwatch atau tombol fungsi lainnya. Biasanya terjadi karena menekan tombol tersebut di tekanan air yang terlalu kuat.

Spesifikasi

Penyebab utama masuknya air adalah karena melebihi spesifikasi yang tertera. Misalnya jam tangan dibawa pada kedalaman air tertentu diluar spesifikasinya (10 ATM dibawa untuk penyelaman 20 ATM). Sebagai catata bahwa untuk jam tangan diver diperlukan teknologi Helium untuk mencegah air masuk.

Nah ini lah beberapa sumber masuknya air ke dalam jam tangan kamu. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk mendapatkan informasi lainnya di dalam blog kita.

Baca juga :
Bagian Utama Jam Tangan, Apa Saja Itu?
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *