jam tangan solar radatime
ARTIKEL,  TIPS JAM TANGAN

Tahu Jam Tangan Solar ? Begini Proses Isi Dayanya

Jam Tangan Solar ? Apa Itu ?

Jam tangan solar adalah jam tangan yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Cahaya yang diterima baterai surya (unit baterai di bawah dial) akan diubah menjadi energi listrik. Energi disimpan di baterai yang dapat diisi ulang dan digunakan untuk menjalankan jam. Tidak seperti baterai sekali pakai seperti dry battery dan button battery, rechargeable battery atau baterai isi ulang lebih ramah lingkungan. Baterai isi ulang juga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama dengan pengisian dan penggunaan daya berulang-ulang.

Sebuah Jam tangan solar tidak terisi ulang walaupun terpapar cahaya. Apakah jam tersebut tidak berfungsi? Intensitas cahaya dan durasi diperlukan dalam pengisian ulang. Jika keduanya tidak mencukupi, pengisian ulang tidak akan maksimal.

Lingkungan Yang Sesuai Untuk Pengisian Ulang Jam Tangan Solar

kk

Untuk mengisi ulang jam tangan solar, perlu paparan cahaya. Karena cahaya ruangan lebih lemah daripada cahaya matahari, butuh waktu lebih lama untuk mengisi ulang sebuah jam tangan solar. Selama pengisian ulang, letakkan jam tangan di dekat jendela dan biarkan terpapar cahaya matahari dengan posisi dial menghadap matahari. Selama pengisian ulang, pastikan jam tangan tidak mengalami kenaikan suhu secara drastis.

Petunjuk Untuk Sumber Cahaya (IUX)

Dari Sinar matahari

2
Di bawah sinar matahari musim panas
Sekitar 100,000 lx

3
Hari berawan
Sekitar 10,000 lx
4
Cahaya Ruangan
5cm dari lampu neon 30W, sekitar 10,000 lx
Jam Tangan Solar
Cahaya Ruangan
20cm dari lampu neon 30W, sekitar 3,000 lx
Jam Tangan Solar
Ruangan kantor umum
Sekitar 700 lx

Keterangan :
“Lx (lux)” adalah satuan pencahayaan untuk mengukur intensitas cahaya. Satu lux setara dengan satu lumen (jumlah cahaya) per meter persegi. 1lx=1lm/㎡. Untuk detail mengenai waktu pengisian ulang setiap kaliber, harap merujuk pada buku panduan.

Lingkungan Yang Tidak Sesuai Untuk Pengisian Ulang

Jam tangan solar tidak dapat terisi ulang di kegelapan. Dalam situasi tersebut, energi akan habis sehingga jam tangan terhenti. Jam tangan terlindung di bawah lengan baju dan jam tangan digunakan atau disimpan dalam kondisi tanpa paparan cahaya untuk waktu lama. Jam tangan tidak memperoleh cukup daya saat dikenakan di pergelangan tangan. Pastikan Anda meletakkannya di dekat jendela dan memaparkannya ke cahaya matahari saat tidak dikenakan.

Cara Perawatan

Kapasitas atau efisiensi pengisian ulang baterai akan berkurang perlahan karena berbagai faktor, misalnya penggunaan dalam jangka panjang atau kondisi penggunaan yang buruk. Komponen mekanis yang aus atau terkontaminasi atau minyak yang terdegradasi juga dapat memperpendek siklus pengisian ulang. Kami menyarankan agar jam tangan Anda diservis setiap 3 atau 4 tahun agar tetap berfungsi dengan sempurna dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Bagai pemeriksaan kesehatan, penting untuk mengecek adanya sisa-sisa minyak pelumas, mur yang kendor, karat, keringat, dan kecacatan pada jam tangan. Hal-hal tersebut akan ditangani saat pemeriksaan agar tidak terjadi kerusakan. Selain itu, komponen yang telah aus akan diganti agar fungsi dan ketahanan air tetap seperti jam tangan baru.

Mencegah Agar Jam Tangan Solar Tidak Kehabisan Daya

Lakukan pengisian ulang sebulan sekali dengan memaparkannya ke sinar matahari di dekat jendela selama 5-6 jam dengan posisi dial menghadap matahari. Ketika jam tangan tidak dikenakan, letakkan pada tempat yang terpapar cahaya agar terisi ulang. Untuk menghindari masalah seperti matinya jam tangan, lakukan pengisian ulang secara teratur.

Harap perhatikan saat jam tangan akan kehabisan daya, terutama saat musim gugur dan musim dingin karena melemahnya sinar matahari, dan jam tangan cenderung terlindung di bawah lengan baju. Untuk pengisian ulang, jangan tinggalkan jam tangan di dashboard mobil dalam waktu yang lama karena kenaikan suhu secara drastis dapat mengakibatkan kerusakan komponen atau fungsi jam tangan.Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat merusak bahan kulit atau menghitamkan gelang urethane. Oleh karena itu, jangan tinggalkan jam tangan di bawah sinar matahari kecuali selama pengisian ulang.

Sumber : www.seiko.co.id

Jadi manakah yang menjadi pilihan Anda untuk menemani olahraga berlari ? Yuk langsung aja order di RADATIME

Baca juga
Ingin Menghemat Waktu ? Ternyata ada tipsnya!!
Alasan Mengapa Jam Tangan Cocok Dijadikan Hadiah
Jam Tangan Dr.Ji Sun Woo Dalam Serial ‘The World Of The Married’
Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan #DirumahAja!

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *