jenis bezel jam tangan
ARTIKEL,  INFO JAM TANGAN

Jenis Bezel Jam Tangan Yang Perlu Kamu Tahu

Bezel terkadang menjadi pertimbangan saat seseorang membeli jam tangan. Karena bentuk sebuah bezel dapat menentukan identitas sebuah jam tangan.

Pada artikel ini kita akan coba membahas jenis bezel jam tangan yang perlu kamu tahu. Namun sebelum bergerak sampai sana, kita coba mengenal dulu apa itu bezel dan fungsinya.

Jadi singkatnya bezel adalah sebuah ‘bingkai’ yang mengelilingi glass pada jam tangan kita yang sekaligus membingkai dial jam tangan. Secara umumnya bezel terbuat dari bahan stainless, namun seiring perkembangan jaman bahan yang digunakan juga berkembang. Ada yang terbuat dari keramik maupun resin bahkan kayu.

Dulunya bezel jam tangan itu simpel, namun seiring perkembangan jaman, desain bezel semakin rumit. Bahkan beberapa desain bezel sekarang sudah memiliki fungsi yang bisa digunakan oleh pengguna jam tangan. Nah kita akan mulai membahas beberapa jenis bezel jam tangan yang perlu kamu tahu.

Jenis Bezel Pada Jam Tangan

1. Bezel Biasa / Decorative Bezel
bezel decorative

Ini mungkin bezel paling umum yang dapat Anda temukan di jam tangan. Bezel biasa adalah bingkai yang dipasang dan tidak memiliki fungsi tambahan apa pun. Bezel polos bisa benar-benar polos dan hanya dengan logam standar. Bisa juga memiliki warna atau desain lain seperti kancing, ukiran, permata, dan lainnya. Poin utamanya adalah bezel jenis ini hanya bersifat dekoratif dan tidak memiliki fitur lain.

2. Count Up Bezel / Dive Bezel
count up bezel jam tangan

Bezel ini biasa digunakan untuk jam tangan selam. Skala dari 0 hingga 60 menunjukkan berapa menit waktu yang telah berlalu. Saat berada dalam posisi semula, skala di bezel sejajar dengan penanda menit di jam tangan.

Bezel penghitung hanya dapat diputar berlawanan arah jarum jam. Ini untuk menghindari kasus di mana bezel tidak sengaja disetel saat menyelam, sehingga waktu yang tersisa tidak akan salah hitung.

Ini adalah fitur keselamatan untuk memastikan bahwa jika bezel tidak sengaja bergeser, Anda akan mendapatkan lebih banyak udara di dalam tangki daripada lebih sedikit.

3. Countdown Bezel
countdown bezel

Dari namanya sendiri, Anda mungkin sudah bisa menebak fungsi bezel jam tangan ini. Mirip dengan bezel count up, bezel hitung mundur juga memiliki tanda dari 0 hingga 60.

Perbedaannya adalah untuk bezel hitung mundur akan menghitung mundur mulai dari 60 hingga nol. Selain itu, tidak seperti bezel count up, Anda dapat memutar bezel hitung mundur ke kedua arah. Karena fungsinya, biasanya pelari dan pembalap jenis lain yang menggunakan bezel ini.

4. Tachymeter Bezel
bezel tachymeter jam tangan

Tachymeter mungkin merupakan bezel jam tangan yang paling umum dalam hal olahraga yang berhubungan dengan kecepatan. Itu adalah bezel tetap. Artinya bezel tidak dapat diputar, tidak seperti bezel count up atau countdown.

Skala tachymeter dimulai dari sekitar 4000-1000 unit dan berakhir pada 60 unit pada posisi jam 12 saat membaca dalam gerakan searah jarum jam. Orang sering menggunakan bezel ini untuk mengukur waktu, kecepatan, atau jarak.

5. Bezel Compass
bezel compass jam tangan

Dari namanya sendiri, Anda mungkin sudah bisa menebak apa yang dilakukan bezel jam tangan ini. Bezel kompas ditandai dengan empat arah dan seringkali dengan derajat di antaranya.

Sekarang, Anda sudah dapat menentukan letak utara jika Anda memiliki jam tangan biasa. Namun, bingkai kompas membuatnya lebih mudah karena Anda dapat memutarnya untuk menandai letak utara sehingga Anda tidak akan lupa.

Bezel ini sangat berguna untuk pendaki dan petualang. Namun, harus diperhatikan bahwa ini bukan kompas magnet sehingga Anda hanya dapat menggunakannya untuk tujuan ini selama matahari terbit dan terlihat.

6. GMT Bezel
gmt bezel jam tangan

Bezel GMT sangat cocok untuk petualang internasional. GMT adalah singkatan dari Greenwich Mean Time dan sering digunakan untuk zona waktu. Bezel GMT memiliki tanda 24 jam di sekelilingnya dan pada dial ada jarum GMT.

Nah inilah beberapa jenis bezel jam tangan yang paling umum dijumpai. Sebenarnya masih banyak jenis bezel lain. Namun beberapa yang mimin sebutkan ini adalah yang paling sering ditemukan. Mimin akan bahas beberapa yang lainnya pada kesempatan lain.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Mengenal Sertifikat COSC Pada Jam Tangan
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *