jenis dial jam tangan
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Jenis Dial Jam Tangan Pada Umumnya

Apa yang membuat kamu memutuskan untuk membeli sebuah jam tangan? Apakah karena brandnya? Apakah karena desain dari jam tangan itu sendiri?

Desain jam tangan bagi sebagian orang adalah faktor penentu akan membeli jam tangan tersebut atau tidak. Sebab jam tangan adalah produk personal. Seseorang bisa suka dengan suatu jam tangan biasanya karena desain jam tangan tersebut mewakili kepribadiannya. Mereka merasa jam tangan tersebut tidak mengganggu kepribadiannya. Contohnya untuk orang yang memiliki privasi tinggi akan suka dengan jam tangan hitam karena mereka merasa warna lain akan terlalu mencuri perhatian orang lain. Kalau bicara desain pada sebuah jam tangan, selain dari warnanya ya dari desain case dan dialnya. Mengenai dial ini sendiri ada beberapa jenis dial pada jam tangan yang biasanya dapat kita temui.

Pada artikel ini kita membahas beberapa jenis dial pada jam tangan yang umumnya akan kalian temukan.

Jenis Dial Jam Tangan Yang Paling Sering Ditemukan

1. Sunray Dial
jenis dial sunray

Ini adalah jenis dial yang sangat cocok yang dikenal memiliki desain yang sangat minimalis. Sesuai namanya konsep desain dari dial ini adalah seperti matahari terbit. Biasanya pada dial jenis ini posisi angka-angka diganti dengan motif strip. Untuk penempatannya sendiri seperti fokusnya berada di tengah dial. Uniknya jika dilihat dari keseluruhan dial ini akan membentuk seperti pancaran cahaya sinar matahari.

2. Crosshair Dial
jenis dial sunray

Kalau dial jenis ini memberikan kesan klasik kepada para penggunanya. Ciri khas dari dial ini adalah adanya satu garis secara vertikal dan satu garis lagi secara horizontal. Kedua garis tersebut akan saling berpotongan di pusat tengah dial. Kalau dilihat seperti bidikan target. Tebal tipisnya garisnya biasanya tergantung dengan desain dari brand pembuat jam tangan tersebut. Tetapi umumnya tidak terlalu tebal karena sesuai namanya adalah crosshair dan harusnya setebal rambut.

3. Skeleton Dial
skeleton dial

Jenis dial ini umumnya terdapat pada jam tangan otomatis. Tujuan dari dial jenis ini adalah untuk memperlihatkan keindahan pergerakan dari jam tangan otomatis. Jadi dial jenis ini memiliki desain yang tembus pandang ke dalam bagian mesin jam tangan. Dialnya dibuat memiliki bagian-bagian yang terbuka untuk dapat melihat ke dalam. Namun jenis dial ini tidak hanya terdapat pada jam tangan otomatis tetapi juga jam tangan baterai juga.

4. Open Heart Dial
open heart

Ini merupaka desain dial yang banyak terdapat pada jam tangan otomatis juga. Sesuai namanya dial ini terbuka pada bagian jantung dari jam tangan. Jadi bentuk dialnya adalah seperti penuh pada bagian lain dan ada sebuah lubang di bagian terentu. Umumnya lubang tersebut ada di bagian kiri bawah sekitar angka 7 dan 8. Lubang tersebut akan memperlihatkan bagian utama jam tangan otomatis yang memperlihatkan gerakan yang sangat indah.

Nah ini lah beberapa jenis dial yang akan kamu jumpai paling banyak di pasaran. Kamu sendiri suka jenis dial yang apa?

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *