jenis tanggal jam tangan
ARTIKEL,  INFO JAM TANGAN

Jenis Tanggal Jam Tangan Pada Umumnya

Complication sering disebut sebagai sebuah fitur tambahan pada sebuah jam tangan diluar dari fitur penunjuk waktunya.

Sejatinya sebuah jam tangan memberi tahu pemakainya jam berapa sekarang. Namun seiring perkembangan jaman banyak fitur-fitur lain. Beberapa complication yang sering Anda temui misalnya dual time zone atau chronograph. Tanggal adalah fitur yang paling dasar. Ada banyak jenis tanggal pada jam tangan, namun akan kita beritahu beberapa yang umumnya ditemui.

Meskipun terkadang tanggal sering dianggap sebagai fitur yang kurang penting. Akan tetapi bagi sebagian orang fitur ini memegang peranan yang cukup penting. Memiliki banyak tipe tanggal tentu memiliki banyak penggemarnya juga. Kita akan langsung membahasnya saja.

Jenis Tanggal Pada Jam Tangan

Date Window
jenis tanggal window

Ini adalah tampilan tanggal paling banyak dijumpai pada umumnya. Model tanggal seperti ini sering dibilang juga sebagai “Casino Date” karena warnanya. Sebab warna tulisan yang digunakan pada tanggal ini adalah warna hitam ataupun warna merah. Seperti warna pada kartu poker.

Big Date
Big date

Kalau yang tipe ini adalah tipe favorit dari penulis. Tipe big date ini menampilkan tanggal dengan sangat jelas. Biasanya tanggal ditampilkan dengan ukuran yang sangat besar. Terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian 1 di sebelah kiri terdiri dari angka 0 – 3 dan bagian 2 di sebelah kanan terdiri dari angka 0 – 9.

Day Date

Pada sistem penanggalan tangan seperti ini memiliki komplikasi yang cukup tinggi kalau dibuat otomatis. Tapi sistem penanggalan ini memberikan informasi hari apa disamping informasi tanggal saja. Buat yang sering lupa ini hari apa, maka boleh mencari tipe tanggal yang seperti ini.

Triple Calendar

Kalau yang day date belum cukup lengkap untuk kamu, maka ada yang lebih lengkap lagi. Tipe triple calendar bisa jadi solusi untuk kamu. Selain informasi tanggal dan hari, kamu juga bisa tahu informasi bulan. Jadi lengkap ya. Menurut penulis jam tangan seperti ini cocok untuk pebisnis yang ingin sangat efisien.

Perpetual Calendar
jenis kalender perpetual

Ini menurut penulis komplikasi yang cukup tertinggi dari sistem penanggalan pada jam tangan. Jika kamu terkadang mempunyai kalender yang tidak bisa berputar secara otomatis saat berganti bulan, maka ini solusinya. Perpetual calendar memungkinkan tanggal kita berganti menjadi ke tanggal 1 secara otomatis saat bertemu bulan yang hanya sebanyak 30 hari atau 28 hari.

Sebuah peringatan dari penulis adalah dengan komplikasi yang begitu tinggi tentu saja ada yang perlu diperhatikan. Ada batas waktu dimana kamu dilarang untuk mengatur tanggal. Jam 9 malam sampai jam 3 pagi adalah batas waktu dimana kamu tidak boleh mengganti atau mengatur tanggal.

Setiap tanggal diatur oleh roda gigi sedemikan rupa, dengan pergerakan otomatis. Kalau kamu mengganti tanggal di jam seperti itu maka ada kemungkinan akan merusak roda gigi. Jadi saran dari penulis berhati-hati ya.

Baca Juga:

TEMUKAN SEJARAH PERKEMBANGAN JAM TANGAN DI DUNIA YANG BELUM KAMU KETAHUI DISINI!

KENAPA JAM TANGAN BISA MAHAL & LAYAK INVESTASI?

TIPS MERAWAT JAM TANGAN OTOMATIS ALA RADATIME

Follow us on :

Instagram : @RADATIME.ID

FACEBOOK : @RADA TIME

YOUTUBE : RADATIME

OFFICIAL WEBSITE : www.radatime.co.id

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *