jewel pada jam tangan
FAKTA JAM TANGAN,  INFO JAM TANGAN

Jewel Pada Jam Tangan: Mengenal Lebih Dalam

Jewel pada jam tangan adalah bagian penting dari jam tangan otomatis. Faktanya, kolektor jam yang serius memeriksa berapa banyak permata yang dimiliki sebuah mesin jam sebelum melakukan pembelian.

Namun, ada beberapa yang tidak memperhatikan detail ini. Bagaimanapun juga, jewel jam tangan sangat diperlukan, terutama untuk mesin jam mekanis. Tapi tujuan apa yang sebenarnya jewel-jewel ini lakukan? Apakah bagian-bagian ini mengubah nilai sebuah jam tangan? Baca terus untuk mencari tahu.

Apa Jewel Pada Jam Tangan Itu?

Jewel adalah Perhiasan perhiasan, bantalan permata, atau sekadar permata yang dapat ditemukan dalam gerakan jam tangan. Mereka digambarkan sebagai batu rubi sintetis atau safir kecil yang dipasang ke dalam lubang mesin jam.

Kita semua tahu jam tangan otomatis tidak membutuhkan baterai untuk berfungsi. Sebaliknya, mereka menggunakan mekanisme putaran pegas untuk berjalan. Fungsi jewel jam tangan adalah untuk membantu proses ini.

Gerakan pada jam tangan otomatis adalah kumpulan rumit dari berbagai bagian kecil seperti roda gigi dan pegas. Bagian-bagian ini membantu mesin jam bergerak, berputar, dan, di akhir proses, membantu jarum jam untuk berdetak.

Kebanyakan jam tangan high-end, self-winding, dan hand-wound di pasaran, dulu dan sekarang, memiliki bantalan yang terbuat dari permata. Jadi, bantalan permata. Karena bantalan ini terbuat dari batu mulia, kehalusannya membantu menjaga agar gesekan tidak menghalangi produksi energi sebuah mesin jam. Setiap bantalan membuat roda gigi berputar dengan mulus.

Dulu, jewel jam tangan terbuat dari permata berharga seperti ruby. Sebelumnya, pabrikan menggunakan bantuan kuarsa, kaca, atau garnet dalam pengerjaannya. Jadi, ya, perhiasan arloji secara historis memang terbuat dari batu mulia!

Namun, seiring waktu dan teknologi memungkinkan, beberapa inovasi berhasil mengurangi banyak biaya bagi produsen mesin jam. Banyak pabrikan baru-baru ini mengadopsi penggunaan rubi dan safir sintetis, yang dibuat di laboratorium tidak hanya untuk sumber yang lebih nyaman dan hemat biaya, tetapi juga untuk alasan yang lebih etis.

Jewel ini – sintetis atau tidak – memiliki fungsi yang sama. Semuanya bertindak sebagai bantalan untuk membuat jam tangan bergerak lebih efisien dan mencegahnya mudah aus. Jewel memungkinkan komponen logam berputar bebas untuk gerakan yang lebih akurat dan tahan lama. Singkatnya, jewel membantu membuat gerakan bertahan lebih lama dari sebelumnya.

Apa jenis jewel jam tangan?

Anda akan berpikir bahwa jewel adalah satu jenis untuk semua. Namun, mereka bisa lebih rumit dari itu. Bantalan memiliki empat jenis berbeda yang dapat ditemukan dalam gerakan modern: topi, lubang, palet, dan perhiasan rol. Nah jenis-jenis ini akan dibahas pada artikel lainnya. Jadi ditunggu ya.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *