Jewels Jam Tangan Otomatis
INFO JAM TANGAN

Jewels Jam Tangan Otomatis (Kenal Lebih Dekat)

Pada saat membeli Jam Tangan Otomatis sering melihat kata Jewels pada Dial atau Back Case nya? Nah sebenarnya apa arti tulisan dari 21 jewels, 21 jewels, atau bahkan 25 jewels?

Secara harafiah Jewels memiliki arti permata. Tapi apakah jam tangan yang sebuah aksesoris memiliki permata di dalamnya, yang umumnya adalah sebuah perhiasan?

Sebenarnya Jewels itu bukan permata seperti permata pada cincin atau kalung, tetapi ini adalah sebagai alat untuk membantu stabilitas dari sebuah jam tangan otomatis. Begini kira-kira ceritanya.

Fungsi Jewels Pada Jam Tangan Otomatis

Jewels umumnya terdapat pada jam tangan otomatis saja. Kenapa begitu?

Karena pada jam tangan otomatis terdapat roda gigi yang sangat banyak sekali. Roda gigi ini saling berkaitan dan saling memutar antara yang satu dengan yang lainnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan akurasi yang tinggi pada jam tangan otomatis ini.

Dengan banyaknya roda gigi yang saling memutar dan saling berkaitan tentu perlu Bearing yang kuat. Nah apa itu Bearing? Secara singkat Bearing adalah pusat dari perputaran roda gigi atau titik tengah perputaran roda gigi. Untuk mempertahankan perputaran ini maka perlu adanya dudukan yang menyangga roda gigi tersebut sehingga putarannya dapat berjalan halus dan tahan lama.

Bearing yang berbahan kurang keras dan solid biasanya tidak akan bertahan lama pada jam tangan. Hal ini dikarenakan pada jam tangan dalam 1 detik bisa terjadi banyak putaran. Oleh karena itu dipakailah Bearing dengan bahan dasar yang lebih kuat yaitu Jewels.

Pada dulunya memang Jewels yang digunakan memang terbuat dari permata asli. Namun seiring perkembangan jaman dan teknologi, kemudian semakin susahnya mencari Jewels yang asli maka untuk sekarang Jewels yang digunakan adalah Jewels buatan atau sintetis.

Jewels sintetis ini umumnya disebut sebagai Synthetic Ruby (Rubi Sintetis) karena warnanya yang mirip dengan batu permata merah keunguan yang disebut rubi.

Mengenai tulisan 21,23 atau 25 Jewels ini merupakan jumlah Jewels yang terdapat pada jam tangan tersebut, bukan tingkat kemurnian dari Jewels tersebut.

Bagaimana nih RADATIMERS apakah artikel ini cukup menjawab rasa penasaran kamu?

Baca juga :
Bagian Utama Jam Tangan, Apa Saja Itu?
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020

6 Jam Tangan Unik Dunia

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *