ketahui karakter tokoh indonesia
FAKTA JAM TANGAN,  INFO JAM TANGAN,  REVIEW JAM TANGAN

Ketahui Karakter Tokoh Indonesia Ini Melalui Jam Tangan

“Jam tangan itu adalah produk psikologis. Itulah alasannya slogan pertama dari RADATIME adalah ‘Your Watch. Your Personality.’” tukas Hendra Kesuma selaku CEO RADATIME.CO.ID.

Sebagai generasi ketiga dalam industri jam tangan membuat Hendra Kesuma selalu dikelilingi bunyi “tik tok” – suara detik dari jam dinding dan jam tangan dalam mengiringi kehidupannya. Apakah tidak bosan, setiap hari dengan jam melulu?.

Menurut Hendra Kesuma bahwa dia sangat beruntung bisa berada di industri jam tangan, dikarenakan sebuah jam tangan memiliki makna yang sangat mendalam. “Sangat menarik, semakin kita mengerti, penjelajahan untuk sesuatu yang mendalam semakin seru” lanjutnya.

Sesuatu yang bernyawa

“Jam tangan adalah sebuah aksesoris ultimat. Kemudian jam tangan bukan hanya sebuah aksesoris, perhiasan. Jam tangan ini adalah sesuatu, bagi saya sesuatu ini hidup/bernyawa, memberi kita sebuah akses untuk penjelajahan sangat mendalam melalui waktu. Ini adalah sesuatu yang sangat positif. “katanya.

Menurutnya, sebuah jam tangan membuka sebuah akses kepada penjelajahan menarik melalui waktu. Bisa berkaitan dengan sejarah, kultur, warisan, identitas, ide bahkan pemikiran terbrilian yang bisa dipikir oleh manusia.

Itulah alasannya banyak jam ultra-luxury atau sangat mahal di dunia malah memiliki fungsi yang belum tentu mudah digunakan untuk sehari-hari. Contoh tidak ada tanggal, sulit dilihat, harus dikunci setiap hari ataupun kesulitan lainnya.

Ini dikarenakan proses pembuatan jam ultra-luxury yaitu berawal dari jiwa atau identitas, baru dilakukan proses produksi jam. Sehingga sebuah jam tangan yang sangat bagus kualitasnya kaya akan makna dan arti. Berbeda dengan jam tangan yang diawali dengan produksi dulu baru dilakukan pemasaran.

Your Watch. Your Personality

Secara fundamental, tujuan memakai jam yaitu untuk fungsi, status, fesyen, gaya hidup atau apresiasi terhadap mahakarya yang sering kita namakan sebagai koleksi atau investasi. Apresiasi terhadap mahakarya adalah sesuatu yang tidak rasional.

Jam tangan 20 ribu dengan jam tangan 2 miliar, di mana hasil dari produk tersebut yaitu waktu. “Tidak mungkin Anda yang memakai jam tangan 2 miliar akan memiliki waktu 1 jam lebih banyak dibanding orang yang memakai jam tangan 20 ribu.” imbuhnya.

Jam mahal seringkali malah membutuhkan perawatan ekstra seperti lebih sensitif ataupun malah tidak akurat. Karena jam mahal biasanya menggunakan sistem mekanis/otomatis yang memiliki selisih waktu dari 1 menit hingga 10 menit per bulan. Sedangkan jam tangan baterai, umumnya hanya selisih 1 menit per tahun.

Jam tangan adalah sebuah self-appreciation. Setiap orang memiliki penilaian berbeda tentang seberapa penting sebuah jam tangan bagi dirinya, ada yang 200 ribu Rupiah, ada yang 10 juta Rupiah atau yang 100 juta Rupiah atau bahkan miliaran Rupiah.

Bukan berarti memiliki jam tangan yang mahal harganya adalah segalanya. Jam tangan adalah bentuk komunikasi non-verbal dari sang pemakai. Sesuatu yang irasional, emosional ataupun psikilogis, itulah kenapa jam tangan itu kami sebut “Your watch. Your personality.”

Karena secara non-verbal karakter seseorang akan terlihat dari jam tangan yang digunakannya. Sekarang mari coba ketahui karakter beberapa tokoh Indonesia melalui jam tangan yang sering mereka gunakan.

Karakter Tokoh Indonesia Melalui Jam Tangan Mereka

Jam tangan sangat penting dalam menunjang kehidupan yang optimal. Berikut ulasan dari jam tangan yang digunakan oleh tokoh-tokoh penting di Indonesia termasuk prediksi karakter yang akan kita ketahui dari perspektif jam tangan yang dipakai.

Michael Bambang Hartono (orang terkaya no. 2 Indonesia versi Forbes 2020, pemilik Djarum Super)

MIchael Bambang Hartono - Tokoh Indonesia
Michael Bambang Hartono

Beliau sering terlihat memakai Audemars Piguet Royal Oak dengan dial (dasar muka jam) warna hitam, 3 hands movement (3 jarum).

Karakter yang diprediksi dari jam yang dipakai adalah cenderung berminat pada hal-hal yang terbukti atau efektif. Kemudian efisien dalam penggunaan waktu, serta pembuat keputusan yang cepat. Ini terlihat dari pilihan 3 hands movement. Kemudian juga identik dengan power dan menyukai privasi, ini terlihat dari pilihan warna dial hitam.

Warna rose gold mencerminkan sosok Pak Bambang memiliki karakter kerendahan hati serta kemewahan yang bisa beradaptasi. Karakter yang berusaha mencapai yang terbaik namun bisa menyesuaikan keadaan atau bisa berbaur. Sosok pak Bambang juga terlihat sosok yang mempunyai loyalitas tinggi dan orientasi jangka panjang, terlihat dari pemilihan bahan metal di strap jam tersebut.

Erick Thohir (Menteri BUMN, Kabinet Indonesia Maju)

Erick Thohir - Tokoh Indonesia
Erick Thohir

Beliau terlihat sering memakai beberapa jam tangan, yang paling sering terlihat adalah Rolex Daytona Ceramic Black.

Karakter yang diprediksi dari jam yang dipakai adalah sosok yang menyukai tantangan dan memiliki pemikiran kreatif yang out-of-the-box, terlihat dari pemilihan jam chronograph (yang memiliki beberapa subdial).

Beliau juga terlihat memiliki karakter yang identik dengan dominasi, power dan ketegasan. Beliau termasuk juga sosok yang menyukai privasi, namun tidak terlalu dominan, ini terlihat dari pilihan warna dial hitam.

Selain itu, beliau juga adalah sosok yang memiliki karakter orientasi jangka panjang, rendah hati dan memiliki loyalitas yang tinggi, terlihat dari pilihan metal strap berwarna silver.

Sandiaga Uno (Pengusaha dan Politikus Indonesia)

Sandiaga Uno
Prabowo Subianto & Sandiaga Uno

Beliau terlihat sering memakai banyak jam, salah satu yang sering terlihat adalah jam Casio CPA-100-1A, ini adalah jam Islami yang memiliki informasi Sholat atau Kiblat.

Karakter yang diprediksi dari jam yang dipakai adalah sosok intelijen yang membutuhkan akurasi informasi atau detail yang baik. Karena beliau sering memilih tampilan digital yang mengandung informasi detail.

Beliau juga adalah sosok yang suka tantangan, siap masuk ke segala medan, mengutamakan efisiensi dan efektivitas dari segala keputusannya dan aktivitasnya, terlihat dari strap karet dan bernuansa sport. Beliau juga terlihat sebagai sosok yang rendah hati, membaur serta relijius.

Najwa Shihab (Pembawa acara, presenter)

Najwa Shihab - Tokoh Indonesia
Najwa Shihab

Presenter terkemuka Indonesia yang akrab dipanggil Mba Nana sering terlihat memakai berbagai koleksi jam tangan, dan yang paling sering dipakai adalah Rolex Oyster.

Karakter yang diprediksi dari jam yang dipakai adalah Mba Nana, sosok yang cukup fashionable, karena Mba Nana umumnya menyesuaikan dengan busana yang dipakai dan acara.

Sewaktu beliau memakai jam tangan dengan dial gelap, itu berarti sosok yang berkarakter tegas, dominasi, berprinsip. Kadang juga memakai jam tangan dengan dial putih yang mengimplikasikan keterbukaan, formal dan transaparan.

Mba Nana juga sosok yang memiliki loyalitas tinggi, feminim, memahami dan menuruti aturan yang ada, ini terlihat dari pilihan jam tangannya dengan ukuran kecil. Dari ukuran jam tangan, ada kecenderungan bahwa Mba Nana memiliki karakter introvert yang lebih dominan.

Nah ini lah beberapa perkiraan karakter beberapa tokoh ternama Indonesia yang bisa kita ketahui. Masih akan ada perkiraan karakter beberapa tokoh dunia ternama. Jadi ditunggu saja artikel berikutnya.

Penulis

Hendra Kesuma
CEO of RADATIME

Kamu perlu tips untuk memilih jam tangan Anda?
Yuk klik disini.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Sejarah Lahirnya Si Tangguh G-Shock
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *