Vanguard-9025
ARTIKEL,  INFO JAM TANGAN

Kenapa Jam Tangan Berbeda Dengan Aksesoris Lainnya

Banyak aksesoris yang bisa melekat di tubuh kita. Kita sebut saja beberapa yang paling sering dijumpai yaitu: kalung, gelang, anting, tas, dan yang paling istimewa menurut penulis yaitu Jam Tangan. Kenapa saya bilang jam tangan itu istimewa? Dari sudut pandang saya, ada alasan tersendiri kenapa saya bisa berpendapat seperti itu.

Penulis atau saya pribadi bukan seorang yang cukup percaya diri untuk mengenakan aksesoris seperti gelang atau kalung apalagi anting. Aksesoris yang coba saya kenakan pertama kali adalah jam tangan. Bahkan sampai saat ini hanya jam tangan yang masih saya gunakan dan terasa janggal kalau tidak ada di pergelangan tangan. Saya coba memberikan beberapa pertimbangan kenapa saya memilih jam tangan sebagai aksesoris pertama saya.

Vanguard-9025

Kenapa Saya Memilih Jam Tangan?

Ada beberapa alasan kenapa saya memilih jam tangan dibandingkan dengan aksesoris lainnya. Alasan pribadi saya adalah sebagai berikut:

  1. Fungsinya

Alasan pastinya seseorang menggunakan jam tangan adalah karena fungsinya yang dapat melihat waktu dengan lebih mudah. Begitu juga dengan penulis sendiri. Saya ingin lebih mudah untuk melihat waktu, sebab saya pribadi tidak selalu dekat dengan handphone jadi yang paling dekat dan melekat adalah jam tangan.

Selain itu ada momen tertentu yang membuat kita harus melihat waktu dengan cara lebih “sopan”. Melihat waktu melalui handphone misalnya saat kondisi tertentu seperti sedang berbicara dengan orang akan terkesan kurang sopan. Kita harus mengangkat handphone dan menekan satu tombol misalnya yang membuat perhatian kita sedikit teralihkan. Kalau kita menggunakan jam tangan kita bisa melihat waktu hanya dengan melirik sedikit saja. Pandangan dan fokus kita juga akan tetap terjaga.

2. Style

Bagi penulis sendiri yang seorang introvert memakai aksesoris akan membuat saya merasa kurang nyaman dan kurang percaya diri. Pertama untuk aksesoris seperti kalung atau gelang umumnya akan berkilau dan berwarna emas. Hal seperti ini membuat saya merasa kurang percaya diri karena terasa terlalu “glowing” dan berkilau serta takut menjadi pusat perhatian orang lain. Sesuatu yang merupakan hal yang ditakutkan oleh seorang introvert.

Di sisi lain jam tangan aksesoris yang cukup berbeda. Memiliki banyak style dan warna membuat pilihan yang cukup banyak. Bagi penulis sendiri sangat nyaman mengenakan jam tangan yang tidak terlalu menarik perhatian. Umumnya warna hitam atau gelap menjadi langganan pilihan penulis, karena warna tersebut tidak terlalu berkilau dan sesuai dengan pribadi saya. Alasan ini lah yang membuat saya memilih jam tangan sebagai aksesoris karena pilihan style yang begitu banyak.

3. Makna Jam Tangan

Untuk kamu yang terbiasa menggunakan jam tangan kamu akan paham makna yang satu ini. Penulis sendiri sudah merasakan yang satu ini. Sedikit akan saya ceritakan pengalaman yang baru saya alami sendiri.

Kejadian ini baru terjadi sekitar seminggu lalu. Jadi penulis punya 1 jam tangan yang sudah menemani saya sekitar 4 tahunan dengan warna hitam pada dial jam tangan dan strap stainless steel berwarna hitam juga. Bagi penulis sendiri tidak tahu kenapa sangat menyukai desain dan warna dari jam tangan ini, rasanya seperti sangat mewakili pribadi saya sendiri.

Tepat seminggu yang lalu karena kurang berhati-hati jam tangan saya jatuh dan membuat kaca jam saya pecah dan ada bagian yang lepas pada dialnya. Setelah kejadian itu saya jadi tidak bisa menggunakan jam tangan tersebut. Sedikit terasa kosong dan sedih saat melihat kondisi jam tersebut. Dari sini penulis paham jam tangan itu memiliki arti yang lebih dari sekedar penunjuk waktu. Untuk kondisi tertentu jam tangan seperti teman yang mendampingi serta mencatat setiap momen dalam hidup kita.

4. Daya Tahan dan Minim Perawatan

Aksesoris lainnya memerlukan perawatan yang cukup “merepotkan” menurut penulis. Seperti kalung atau gelang yang terkadang kilauannya bisa memudar. Perlu dibawa untuk dicuci agar bisa kembali berkilau. Terkadang kalau kita kurang berhati-hati juga bisa putus kalung atau gelangnya.

Di satu sisi setelah penulis menggunakan jam tangan rasanya tidak terlalu repot perawatannya. Paling hanya sekitar 3 atau 4 tahun sekali untuk mengganti baterai. Kalau menggunakan jam tangan otomatis malah tidak perlu mengganti baterai. Haha. Kamu hanya perlu terkadang untuk membersihkan jam tangannya saja. Mungkin beberapa bulan sekali, tetapi tidak perlu dibawa ke orang yang bisa mencucinya. Cukup dicuci saja sendiri.

Jadi ini beberapa alasan kenapa jam tangan itu bisa berbeda dibandingkan dengan aksesoris lainnya. Ini versi penulis. Kalau versi kamu bagaimana? Coba share di kolom komentar dong.

By: Carles Juliandy, S.Kom., M.Kom.

Baca juga :
Tahu Jam Tangan Solar? Begini Proses Isi Dayanya
Tip Memilih Jam Tangan Sesuai Bentuk Tangan
Ketahui Karakter Tokoh Dunia ini dari Jam Tangannya
Membedakan Jam Tangan Original dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi Radatime
Alasan orang membeli Jam Tangan Mahal

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *