kenapa jam tangan mahal
ARTIKEL,  INFO JAM TANGAN

Kenapa Jam Tangan Mahal? Kenali Sebabnya!

Pepatah “waktu adalah emas”, mungkin, umumnya merupakan salah satu frasa yang paling sering digunakan di mana-mana.

Waktu adalah sumber daya kita yang paling berharga karena itu terbatas. Lihat merek-merek seperti Rolex, Omega, dan Breguet, bagaimanapun, terima pepatah ini secara harfiah. Bagaimana? Melalui jam tangan jutaan dolar yang menduduki puncak daftar jam tangan termahal di dunia. Kenapa jam tangan bisa mahal begitu?

Ya, Anda membacanya dengan benar. Kita berbicara tentang label harga tujuh digit untuk jam tangan. Anda pernah mendengar tentang mereka sebelumnya dan mungkin bermimpi untuk memilikinya. Jadi, apakah Anda sedang mencari jam tangan paling mahal untuk ditambahkan ke koleksi Anda atau sekadar berbelanja di jendela untuk beberapa, kami menyusun daftar jam tangan mahal yang masing-masing harganya lebih dari $ 1 juta USD.

Mulai dari jam tangan yang disesuaikan hingga jam tangan paling rumit dalam sejarah, kami memberi Anda banyak pilihan untuk menginspirasi atau memberi Anda gambaran tentang apa yang Anda hadapi saat kami mengatakan jam tangan bernilai jutaan dolar. Jadi, siapkan dan siapkan segelas air saat kita haus akan jam tangan menarik yang masing-masing bernilai lebih dari satu juta dolar ini.

Kenapa Jam Tangan Mahal & Misteri Di Balik Label Harga Sejuta Dolar

Banyak faktor yang berperan saat memberi harga jam tangan mahal bahkan berharga jutaan dolar ini. Berikut adalah beberapa hal yang membuat jam tangan ini sangat mahal.

1. Merek

Tidak dapat disangkal bahwa hanya nama merek saja yang dapat menaikkan harga jam tangan apa pun, terutama jika itu adalah merek jam tangan mewah seperti Patek Philippe atau Vacheron Constantin. Bukan rahasia lagi bahwa bobot yang diberikan oleh merek-merek ini pada arloji pasti menambah nilai pada arloji. Bagaimanapun, merek jam tangan mewah ini berafiliasi dengan kemewahan lebih dari apa pun.

2. Warisan

Kami tidak hanya berbicara tentang warisan merek jam tangan, tetapi juga jam tangan itu sendiri. Beberapa merek memiliki sejarah indah di belakangnya yang langsung membuat arloji mereka didambakan, sehingga menarik harganya lebih tinggi dari biasanya. Contoh kasus: Paul Newman Rolex Cosmograph Daytona Reference 6239, atau hanya Paul Newman Daytona.

Di Phillips New York pada tahun 2017, harga yang dipukul turun dari arloji ini mencapai $ 17.752.500. Ini jauh melebihi perkiraan harga $ 1 juta hingga $ 2 juta yang dikenakan para ahli pada jam tangan. Meskipun ini bukan jam tangan yang sangat unik, kisah di baliknya ditambah nama Paul Newman yang dilampirkan di dalamnya benar-benar membantu menentukan nilai jam tangan tersebut.

Paul Newman Rolex Cosmograph Daytona Reference 6239
Jam Tangan Paul Newman Rolex Cosmograph Daytona | Foto dari Phillips
3. Penelitian & Pengembangan

Jam tangan adalah keajaiban teknik yang berakar dari penelitian panjang dan pengembangan yang membosankan. Banyak merek jam tangan menghabiskan waktu untuk penelitian dan pengembangan sebelum mereka dapat menghasilkan model baru atau bahkan versi baru dan lebih baik dari koleksi atau rangkaian jam tangan yang sudah ada. Itulah mengapa tidak mengherankan bagaimana jam tangan menjadi begitu mahal, mengingat banyaknya pengujian dan penyelidikan yang diperlukan untuk merilisnya. Kami memiliki, misalnya, Bulgari Octo yang membutuhkan banyak waktu dalam penelitian sebelum dianggap sebagai jam tangan tertipis di dunia dengan akurasi yang luar biasa.

4. Bahan

Mengingat jam tangan ini membutuhkan banyak waktu dalam penelitian dan pengembangan, maka mereka berhak untuk memiliki hanya bahan terbaik. Tidak murah atau mudah untuk membuat jam tangan, terutama jika jam tangan memiliki logam mulia dan permata yang tergabung di dalamnya. Kita berbicara tentang emas, berlian, dan bahkan bahan paten milik merek sendiri seperti Ceragold, yang merupakan campuran keramik dan emas 18K yang dibuat oleh Omega; atau Cermet (kombinasi keramik dan logam) dan Hublonium, paduan magnesium dan aluminium, diproduksi oleh – Anda dapat menebaknya – Hublot.

Vacheron Constantin reference 57260
Referensi Vacheron Constantin 57260 | Foto oleh Vacheron Constantin
5. Komplikasi

Jam tangan juga dapat dinilai dari kerumitan yang dimilikinya. Detail mengacu pada fungsi lain dari jam tangan selain fitur penunjuk waktunya (jam, jarum penunjuk, dan menit sentral). Misalnya, kalender abadi seperti yang terlihat pada jam tangan Patek Philippe Grand Complication atau jendela fase bulan seperti di beberapa jam tangan Jaquet Droz Grande Seconde. Semakin rumit arloji itu, semakin mahal harganya. Ambil saja dari Referensi Vacheron Constantin 57260 dengan 57 komplikasi.

6. Kelangkaan

Sebagian besar merek jam tangan mewah tidak memproduksi jam tangan mereka secara massal. Ini tidak hanya membantu mereka fokus pada kontrol kualitas jam tangan mereka, tetapi juga untuk memberikan kelangkaan jam tangan mereka, sehingga memberikan nilai yang lebih tinggi.

Dengan sebagian besar kolektor berdesakan untuk mendapatkan yang terbaru dari merek jam tangan mewah, tingginya permintaan di samping kurangnya pasokan secara otomatis menaikkan harga jam tangan. Contoh sempurna adalah Patek Philippe Nautilus. Seseorang harus menunggu sekitar 10 tahun sebelum mereka bisa mendapatkan ref baru Patek Philippe Nautilus. 5711

7. Faktor Lain (Tenaga Kerja, Pemasaran, dll.)

Tentu saja, ada faktor lain yang menentukan harga jam tangan seperti tenaga kerja profesional yang dibutuhkan untuk memproduksinya. Pabrikan hanya mempekerjakan ahli untuk membuat dan merakit arloji mereka, mengingat jam tangan itu rumit dan spesifik untuk detail terakhir. Bagaimana model dipasarkan juga harus dipertimbangkan.

Meskipun sebagian besar jam tangan mewah tidak selalu menggunakan taktik pemasaran yang hebat, beberapa merek masih melakukannya dengan cara tradisional dengan mempekerjakan duta merek selebriti dan mengadakan berbagai acara. Poin bonus jika jam tangan hadir dalam peristiwa sejarah tertentu, seperti Omega Speedmaster Professional, jam tangan pertama yang dikenakan di bulan.

Inilah beberapa alasan kenapa ada jam tangan berharga sangat mahal. Sebagian besar karena mahakarya dari jam tangan itu sendiri dan tingkat kerumitannya.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *