ARTIKEL,  NEWS & EVENT

Kesalahan yang terjadi saat belanja online. Nomor 4 pasti pernah kamu lakukan!

Di momen menjelang liburan akhir tahun ini konsumen yang berbelanja secara online meningkat, menurut riset yang dilakukan oleh Forrester. Di saat seperti ini yang turut senang atas tingginya minat untuk berbelanja online bukan hanya mereka yang memiliki situs belanja online, melainkan para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab (penipu) juga ikut senang, karena semakin banyak transaksi yang terjadi, maka makin banyak pula kesempatan “mereka” untuk melakukan penipuan.

Seperti beberapa kasus yang sering terjadi terhadap para pelanggan RADATIME yang tertipu atas akun palsu yang ‘mengatas’ namakan RADATIME. Dan ini adalah beberapa kiat yang bisa bisa membantu kamu terhindar dari akun-akun palsu yang mengatas namakan brand-brand besar lainnya terutama RADATIME:

  1. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja Tips ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang Anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Kalau tidak meyakinkan, kamu bisa cek melalui google untuk melihat ulasan dari konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian di web tersebut. Kalau ada yang tidak beres, segeralah untuk meninggalkan situs web tersebut.
  2. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang di beli tidak bisa di lihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang di kirim cacat, misalnya Anda di perbolehkan melakukan refund atau mengirim barang kembali dan mendapat ganti yang baru.
  3. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik. Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.
  4. Jangan mudah tergoda barang murah, jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang muncul pada jendela pencarian kamu atau tiba-tiba ada oknum yang menghubungi kamu via pesan singkat mengatas namakan perusahaan yang selama ini kamu perhatikan. Sebaiknya, kunjungi situs web perusahaan itu dan langsung belanja dari sana atau tanyakan dulu kejelasan tentang nomor Customer Service mereka.
  5. Cari informasi mengenai keamanan situs belanja tersebut. Misalnya, berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada. Ketika Anda di minta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’. Artinya informasi pembayaran itu di enkripsi yang artinya situs tersebut lebih aman.
  6. Amankan PC kamu dengan memiliki antivirus. Lebih baik lagi kalau kamu memasang anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.
  7. Pertimbangkanlah cara pembayaran. Pada saat ini sistem pembayaran sudah banyak dilakukan dengan Transfer, Kartu Kredit, Paypal, Doku, hingga COD untuk daerah-daerah tertentu. Jika kamu ragu pada suatu perusahaan online (e-commerce) sangat aman bila kamu berbelanja melalui ‘market place’ karena di dalam ‘market place’ kamu bisa mendapatkan uang kamu kembali apa bila toko di ‘market place’ tersebut melakukan penipuan, lagi pula di ‘market place’ disediakan ulasan mengenai sebuah toko yang bisa kamu baca terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.
  8. Periksa harga total. Harga barang, ongkos kirim, sudah benar dan tidak terjadi kesalahan pencantuman harga, banyaknya barang dan lain sebagainya.
  9. Simpan bukti transaksi Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual. Yang bisa menjadi bukti kalau-kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Di atas adalah beberapa kiat yang bisa kamu perhatikan saat berbelanja online melalui situs-situs di internet. Jangan lupa untuk meriahkan harbolnas RADATIME dan dapatkan Diskon sd 75%  untuk jam tangan dari Alexandre Christie, Casio, Rhythm, Valentino Rudy, Guy Laroche, Puma, Mango, Teiwe, South Point, dsb. Segera klik gambar di bawah ini!

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *