jam tangan otomatis & quartz
FAKTA JAM TANGAN,  INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Mana Lebih Baik? Jam Tangan Otomatis & Baterai

Jauh sebelum melihat model jam tangan, kita tentu dihadapkan pada 2 pilihan. Apakah itu otomatis atau quartz (baterai).

Kita tentu tidak dihadapkan pada pilihan yang mudah, memilih diantara 2 tipe jam tangan ini. Sebab kalau ini pilihan mudah tentu kamu tidak akan mendarat di artikel kami ini. Wkwk. Saat memilih antara jam tangan otomatis & baterai pastinya kita memilih yang memiliki banyak kelebihan. Ini adalah naluri utama sebagai manusia, namun ada faktor lain yaitu HARGA.

Supaya kamu tidak sia-sia sudah mendarat di artikel ini. Kami akan kami bahas kelebihan dan kekurangan dari jam tangan otomatis dan baterai. Pandangan ini adalah dari berbagai perspektif, jadi semoga bisa membantu kamu memutuskan jam tangan yang tepat. Sebab jam tangan menurut kami adalah aksesoris yang akan menemani keseharian kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Jam Tangan Otomatis & Baterai

Jam Tangan Otomatis

jam tangan otomatis

Kami mulai dengan jam tangan otomatis terlebih dahulu. Seperti namanya ini, jam tangan otomatis memiliki sistem kerja mekanis tanpa perlu bantuan baterai. Jam tangan otomatis terkenal dengan kerumitannya. Bayangkan saja dalam 1 benda kecil tersebut terkandung lebih dari 120 parts.

Kelebihan dari jam tangan otomatis adalah dapat berjalan tanpa baterai. Selama kamu menggunakan jam tangan tersebut di tangan maka dia dapat tetap berjalan. Sebab jam tangan otomatis menggunakan sistem rotor yang akan mengisi daya selama rotor tersebut berputar.

jam tangan otomatis desain

Kelebihan lainnya adalah desain jam tangan otomatis umumnya memiliki keindahan tertentu. Penulis sendiri sangat suka dengan jam tangan otomatis yang dialnya terlihat parts mesin di dalamnya. Meskipun beberapa ada yang dialnya tertutup. Tapi bagi penulis melihat setiap parts bergerak saat jam berjalan adalah sebuah keindahan.

Kekurangannya dari jam tangan otomatis adalah pada akurasinya. Biasanya jam tangan otomatis memiliki akurasi +/- 10 detik per hari atau +/- 10 – 15 menit / bulan. Sebuah selisih yang cukup besar. Namun saat ini banyak jam tangan otomatis yang memiliki akurasi yang tinggi kok. Akan tetapi akurasi ini tentu dibayar dengan harga yang tinggi.

power reserve

Satu lagi kekurangan jam tangan otomatis menurut penulis adalah di daya tahannya. Jam tangan otomatis bisa bertahan selama kita gunakan. Namun saat kita diamkan maka jam tangan ini hanya bisa bertahan sekitar 40-48 jam. Ini tentu tergantung kepada tipenya. Artinya jika kamu menyimpan jam tangan otomatis kamu selama 1 bulan maka kamu perlu bersiap untuk mengatur ulang waktunya.

Tapi sebenarnya masalah penyimpanan bisa diakali dengan menyimpan jam tangan otomatis kamu di dalam watch winder.

Jam Tangan Baterai

Selesai dengan jam tangan otomatis, kita membahas jam tangan baterai. Layaknya namanya jam tangan baterai tentu membutuhkan baterai sebagai sumber daya penggeraknya. Tenaga dari baterai tersebut dialirkan melalui Intergrated Circuit (IC) agar jam tangan tersebut dapat berjalan.

Kelebihan dari jam tangan baterai tentu saja ada pada akurasi dari jam tangan tersebut. Pada jam tangan baterai akurasi adalah +/- 5 sampai 10 detik per bulan atau +/- 1 menit per tahun. Tentunya dari hal ini akurasi dari jam tangan baterai jauh lebih baik daripada jam tangan otomatis. Menurut kami hal ini karena adanya bantuan dari IC yang membuat jalannya jam tangan ini lebih teratur.

Kalau kamu masih butuh kelebihan lainnya, maka yang bisa penulis berikan adalah dari segi desain. Jam tangan baterai itu biasanya memiliki desain yang lebih bervariatif. Model-model sport keren dengan chronograph adalah didominasi oleh jam tangan baterai loh. Hal ini bukan tanpa alasan, biasanya jam tangan baterai memiliki daya tahan yang lebih baik daripada otomatis. Jam tangan otomatis yang terdiri dari ratusan parts di dalamnya tentu akan berakibat buruk jika dipakai untuk aktifitas tangan yang tinggi.

Namun untuk kamu yang males gonta-ganti baterai disinilah masalah utama dari jam tangan baterai. Kamu harus mengganti baterai dari jam tersebut setelah beberapa tahun sekali. Daya tahan baterai tergantung dari jenis dan model jam tangna tersebut. Untuk jam tangan dengan 3 jarum umumnya memiliki daya tahan baterai 2 – 5 tahun. Untuk yang memiliki chronograph hanya sekitar 2 – 3 tahun, tergantung dengan seberapa sering dipakai fitur tersebut. Biasanya sih jam tangan digital lebih tahan, perkiraan bisa sampai 10 tahun.

Kekurangan yang lainnya? Sebenarnya tidak banyak kekurangan pada jam tangan baterai ini. Tapi saat baterainya sudah habis segeralah ganti. Karena menurut kami takutnya adalah baterai yang terlalu lama akan membuat kebocoran cairan pada baterai yang akan merusak bagian IC dari mesinnya.

Lantas manakah yang terbaik diantara jam tangan otomatis & baterai? Akan kami berikan beberapa sudut pandang yang akan membantu kamu memutuskan.

Kesimpulannya adalah, jika kamu memiliki budget yang nge-pas maka boleh melihat jam tangan baterai. Sebab biasanya jam tangan baterai memiliki harga yang lebih terjangkau. Namun kalau kamu punya budget lebih tidak ada salahnya membeli jam tangan otomatis. Sebab jam tangan otomatis adalah keindahan jam tangan yang sesungguhnya.

Kalau kamu memiliki aktifitas tangan yang tinggi seperti olahraga, maka jam tangan baterai adalah pilihannya. Untuk jam tangan otomatis tidak begitu kami rekomendasi untuk olaharaga seperti tenis atau badminton. Kerusakan pada mesin bisa terjadi saat kamu menghentakan tangan kamu untuk smash misalnya.

Jam tangan otomatis sejatinya untuk aktifitas kantoran dan acara formal. Kamu akan terlihat lebih berwibawa dengan jam tangan tersebut. Namun kalau kamu punya budget berlebih dan punya aktifitas tangan yang tinggi bagaimana? Maka kami menyarankan carilah jam tangan baterai yang memiliki daya tahan yang baik. Seperti Casio dengan G-Shock dan Baby-G nya.

Nah bagaimana? Masih bingung mau mencari yang mana? Boleh tinggalkan komentar akan kami bantu jawab. Atau kamu bisa juga berkunjung ke website kami di WWW.RADATIME.CO.ID dan berkonsultasi dengan admin kami yang ramah.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Mengenal Sertifikat COSC Pada Jam Tangan
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *