Material Terunik Jam Tangan
ARTIKEL

Material Terunik Yang Digunakan Pada Jam Tangan

Material jam tangan umumnya hanya biasa saja, tapi tahukah kamu ada beberapa perusahaan menggunakan material yang unik pada jam tangan. Berikut diantaranya.

Material Titanic Metal : RJ

RJ TItanic Metal

Salah satau koleki RJ Steampunk termasuk jam tangan dengan bezel yang sebagian terbuat dari logam yang diambil dari bangkai kapal Titanic. Bingkai cincin dibuat secara artifisial untuk memberikan tampilan steampunk yang otentik pada jam tangan, dan dial dilengkapi baling-baling kapal bergaya. Beberapa orang menganggapnya hambar atau norak, tetapi tidak diragukan lagi, ini unik.

Material Baja Damaskus : Christophe Claret X-Trem 1

Baja Damaskus

Baja Damaskus jarang digunakan dalam industri jam tangan karena pembuatan bahan ini merupakan pekerjaan yang sangat rumit dan melelahkan. Untuk membuat baja damascene, beberapa jenis baja ditempatkan satu di atas yang lain dan kemudian dilas. Setelah penempaan, potongan baja dibelah dua dan dua bagian lagi ditempatkan satu di atas yang lain. Yang disebut “pelipatan” ini menghasilkan baja damascene, yang menyatukan sifat-sifat berbagai baja yang digunakan dalam pembuatannya.

Breitlight : Breitling Avenger Hurricane Military

BREITLIGHT: Breitling Avenger Hurricane Military

Siapa pun yang memakai Avenger Hurricane Military akan melihat bahwa Breitlight terasa lebih hangat daripada logam, memiliki butiran marmer yang menarik, dan bobot yang terasa lebih ringan daripada baja tahan karat. Breitling mengatakan bahwa zat tersebut 3,3 kali lebih ringan dari titanium, namun juga lebih keras dari logam itu.

Dan material inovatifnya 5,8 kali lebih ringan dari baja, yang menjelaskan mengapa Avenger Hurricane Military 50 mm hanya memiliki berat sekitar 69 gram, belum termasuk bobot strap-nya. Serat polimer juga tahan gores. Breitling memperkenalkan material casing baru ini pada tahun 2016 dengan Avenger Hurricane yang juga berdiameter 50 mm. Avenger Hurricane 45 baru-baru ini dilengkapi dengan case Breitlight juga.

Material Sapphire Berwarna : Hublot Big Bang Unico Sapphire

Hublot terkenal dengan jam tangannya yang menggunakan bahan nonkonvensional, seperti linen, osmium atau karbon. Pada 2016, pabrikan Swiss ini meluncurkan model yang seluruhnya terbuat dari safir buatan. Safir menjadi berwarna satu tahun kemudian, khususnya biru atau merah. Dan terlepas dari warnanya, Batu Safir Unico Big Bang tidak kehilangan tampilan tembus pandangnya.

Meskipun kristal safir berwarna telah tersedia sejak awal abad ke-20, sangat sulit untuk mensintesisnya dalam rona yang sama. Untuk mencapai ini, Hublot menggabungkan aluminium oksida – bahan baku safir – dengan krom untuk safir biru atau besi untuk safir merah selama proses pembuatan.

Material Vantablack : MCT The Sequential One – S110 Evo Vantablack

material Vantablack : MCT The Sequential One – S110 Evo Vantablack

“Vantablack” adalah kombinasi dari akronim “Vertically Aligned NanoTubeArray” dan akhiran “hitam”. Sepiring Vantablack, dengan ketebalan hanya 1 mm, menyerap 99 persen cahaya yang datang dan karenanya terlihat hitam pekat. Buku Guinness World Records memuji materi ini sebagai “zat paling hitam dari semua zat buatan manusia” hingga 2015, ketika Vantablack dilampaui oleh “dimer bunglon gelap”.

Bahan yang mencapai penyerapan cahaya yang sama seperti Vantablack dengan ketebalan hanya satu mikrometer . Tak satu pun dari bahan-bahan ini pernah digunakan dalam industri jam tangan. Salah satu produsen jam tangan pertama yang menggunakan ini adalah MCT (Manufacture Contemporaine du Temps), yang menggunakan Vantablack untuk dial The Sequential One – S110 Evo Vantablack.

Aluminium Keramisasi : Zenith Chronomaster El Primero Range Rover Velar Edisi Khusus

material Aluminium Keramisasi

Casing hitam memberi tampilan sporty-teknis pada jam tangan. Itulah mengapa mereka sangat populer. Dalam kebanyakan kasus, jam tangan ini memiliki kotak baja tahan karat yang dilapisi PVD, meskipun beberapa jam tangan hitam terbuat dari keramik hitam. Zenith mengambil taktik berbeda. Casing 42-mm Chronomaster ini, yang dibuat bekerja sama dengan RangeRover, dibuat dari aluminium.

“Oksidasi elektrolitik plasma” mengubah permukaan logam menjadi oksida keramik, yang sangat tahan terhadap goresan dan korosi. Perawatan ini awalnya memberi case warna krem; berubah menjadi hitam ketika permukaannya terkena semburan pasir. Zenith menggambarkan produk akhir sebagai aluminium keramik.

Sumber : www.watchtime.com

material titanic

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *