mengenal jam tangan otomatis
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Mengenal Jam Tangan Otomatis Lebih Dalam

Jam tangan seperti mesin pada umumnya seperti mobil juga. Dia perlu digunakan secara rutin, dia juga butuh perawatan agar dapat berjalan dengan baik.

Banyak hal yang ingin diketahui tentang sebuah benda sebelum membelinya. Semua orang tentu tidak ingin membeli kucing dalam karung. Begitu pula dengan jam tangan, seseorang pasti ingin mencari informasi jelas sebelum membeli sebuah jam tangan. Kalau kamu ingin lebih mengenal tentang jam tangan otomatis, maka kamu sudah mendarat di tempat yang benar.

Banyak hal yang simpang siur tentang sebuah jam tangan otomatis. Mulai dari pantangan-pantangannya seperti tidak boleh diputar terbalik dan lain sebagainya. Pada artikel ini kita akan membahas tentang jam tangan otomatis secara lebih mendalam. Mengenai seluk beluknya hingga pandangan menurut penulis.

Mengenal apa itu jam tangan otomatis

jam tangan otomatis

Jam tangan otomatis merupakan tipe jam tangan yang pertama kali ditemukan. Dapat digunakan meskipun tanpa baterai dengan memutar crown sebagai sumber daya jam tangannya. Sekarang jam tangan otomatis menggunakan oscilator weight untuk membantu mengisi daya. Jadi kita tinggal menggunakan jam tangan tersebut secara rutin untuk mengisi daya.

Ada yang mengatakan begini tentang jam tangan otomatis: “Saya tahu bahwa power reserve jam tangan otomatis akan menurun jika tidak digunakan secara teratur. Tapi kenapa bisa begitu? Bukankah seharusnya mereka dapat bertahan selamanya

Menurut saya sendiri seperti ini. Waktu tidak berhenti hanya karena kamu tidak memakai jam tangan kamu. Apakah kamu berharap mobil kamu akan langsung menyala dan berjalan seperti di puncak performanya jika kamu meninggalkannya di garasi selama setahun? Dua tahun? Lima? Jam tangan adalah mesin. Kita harus memperlakukannya seperti mesin lainnya. Jam tangan membutuhkan perawatan bahkan jika kamu menggunakannya secara teratur. Dan terutama jika tidak.

Lantas bagaimana cara perawatan yang benar?
mesin jam

Jam tangan memiliki pelumas di dalam roda giginya. Pelumas akan berkurang seiring waktu, seperti halnya gasket. Tapi tempat terbesar kamu akan melihat hilangnya kinerja adalah di bagian escapement wheel. Kebanyakan jam tangan otomatis memiliki escapement wheel, yang membutuhkan oli untuk bekerja dengan baik.

Masalah akan muncul dengan meninggalkan jam tangan terlalu lama tidak dipakai dan kamu memutuskan untuk memakainya lagi secara teratur. Roda gigi pada jam tangan yang akan tetap berfungsi dengan baik sampai pada suatu saat tidak berfungsi karena kekeringan. Saat kamu menyadari masalah kamu akan mendapatkan tagihan perbaikan yang mahal bahkan lebih buruk lagi. Terlebih jika itu jam tangan vintage yang susah ditemukan sparepartnya.

Jadi sebaiknya kamu melakukan servis terlebih dahulu sebelum kamu gunakan jam tangan yang sudah lama kamu biarkan. Orang bilang mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Kemudian ada yang memperhatikan jewel sebelum membeli jam tangan otomatis. Apa itu?
jewel

Mengapa saya harus peduli berapa banyak jewel yang dimiliki jam tangan saya? Saya bahkan tidak bisa melihat jewel tersebut.

Permata di jam tangan biasanya jewel adalah rubi sintetis. Jewel digunakan sebagai bantalan untuk poros roda gigi baja di rangkaian roda gigi. Baja yang melawan rubi, dengan minyak yang bagus, hampir tidak memiliki gesekan. Penggunaan jewel untuk pivot dimulai pada awal abad ke-18. Meskipun tidak begitu populer selama ratusan tahun berikutnya. Pergerakan jam tangan yang sederhana yang hanya menunjukkan waktu biasanya memiliki 17 permata untuk setiap poros di rangkaian roda gigi, ditambah tiga di escapement.

Saat pengguna jam tangan mulai peduli hitungan permata adalah ketika tidak setiap jam tangan memiliki bantalan jewel tersebut. Jam tangan murah yang diproduksi secara massal sering memiliki sedikit atau tidak ada jewel sama sekali, tergantung pada desainnya. Jumlah permata yang tinggi dikaitkan dengan kualitas oleh konsumen, jadi membual tentang hal itu menjadi sesuatu yang dilakukan banyak brand saat ini. Beberapa brand bahkan akan merekatkan rubi non-fungsional ke dalam mesin, hanya untuk meningkatkan jumlah jewel.

Ya, itu adalah semacam anakronisme, tapi begitu juga dengan horologi mekanis. Dan omong-omong, jam tangan benar-benar penuh dengan hal-hal yang membuat kamu peduli untuk sesuatu yang tidak dapat kamu lihat.

Apakah ini sudah cukup menjawab untuk kebutuhan jam tangan otomatis kamu? Kalau tidak cukup boleh meninggalkan komentar ya. Akan penulis jawab atau akan dibuat artikel baru untuk membahas hal tersebut.

Baca juga :

Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Karakter Tokoh Dunia Dari Jam Tangan Yang Digunakan
Karakter Tokoh Indonesia Dari Jam Tangan Yang Digunakan
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Fungsi Rotating Bezel Pada Diver Watch
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Bange

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *