mengenal sertifikat COSC
INFO JAM TANGAN,  REVIEW JAM TANGAN

Mengenal Sertifikat COSC Pada Jam Tangan

COSC adalah singkatan dari Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres yang merupakan sebuah organinasi yang mengawasi kualitas produksi jam tangan Swiss. COSC ini utamanya adalah mengawasi presisi dan akurasi setiap jam tangan swiss made. Pada artikel ini kita akan mengenal lebih dalam apa itu sertifikat COSC dan pengaruhnya untuk jam tangan.

Dalam bahasa Inggris COSC memiliki arti Official Swiss Chronometer Testing Institute. Sertifikasi ini bersifat netral dan tidak memihak. Saat ini, COSC masih sebagai salah satu sertifikat yang paling dipercayai untuk akurasi sebuah jam tangan Swiss. Hal ini terus pun terus dipertahankan meski akurasi jam tangan terbaik lebih banyak “direbut”oleh jam tangan berbasis digital.

Pengaruh Sertifikat COSC Terhadap Jam Tangan

COSC pertama didirikan pada tahun 1973 dan sebenarnya peninggalan-peninggalan tentang COSC ini telah ditemukan dari tahun 1878.

Pada tahun 1878, lima kanton pembuat jam memiliki ‘kantor kontrol resmi tingkat jam tangan’. Terletak di dalam sekolah pembuat jam atau sekolah teknik, kantor tersebut mengevaluasi kualitas benda-benda horologis.

Setiap kanton – Bern, Jenewa, Neuchâtel, Soleure, dan Vaud – memiliki kriteria berbeda dalam evaluasi. Selama hampir satu abad, industri pembuatan jam Swiss bergumul dengan perbedaan ini.

Maka, pada tahun 1973 Komisi Inspeksi Pusat mengusulkan pembentukan komisi tunggal. Komisi baru ini terdiri dari lima kanton, Swiss Chamber of Watchmaking, serta Federation of Swiss Watch Industry atau FH. Jadi, Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres.

Sejak didirikan, lembaga ini telah menjadi organisasi nirlaba yang hanya melayani merek jam tangan Swiss. Dimulai dengan tujuh laboratorium aktif, organisasi ini telah disederhanakan. Sekarang hanya memiliki tiga laboratorium yang berlokasi di Biel, Le Locle, dan Saint-Imier.

Pengaruhnya terhadap jam tangan yang memiliki sertifikat COSC adalah setiap jam tangan yang memiliki sertifikat COSC mempunyai kualitas yang tinggi. Bukan berarti jam tangan yang lainnya tidak memiliki kualitas yang tinggi. Akan tetapi jaminan kualitas dan akurasi jam tangan otomatis yang terkenal “buruk” tidak berlaku untuk jam tangan dengan sertifikasi ini.

Dengar-dengar nih, akurasi jam tangan otomatis dengan sertifikasi ini adalah mencapai 1 detik setiap tahun. Nah itulah sedikit bagaimana mengenal sertifikat COSC. Nanti akan dibahas lebih mendalam mengenai sertifikat ini.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *