Momen Bahagia Yang Biasa Dilakukan Saat Idul Fitri
Uncategorized

Momen Bahagia Yang Biasa Dilakukan Saat Idul Fitri

Momen Penting Idul Fitri. Tidak terasa hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Hari kemenangan bagi umat muslim setelah menempuh puasa Ramadhan selama 30 hari. Sebulan penuh menahan rasa lapar, haus serta menahan diri dari godaan-godaan setan untuk tetap melakukan ibadah puasa. Inilah saat umat Islam kembali ke fitrah (kesucian) seperti anak yang baru dilahirkan.

Nah, pada saat hari raya Idul Fitri pasti sangat identik sekali dengan berkumpul bersama keluraga melakukan silahturahmi. Dan saat bersama dengan keluarga di Idul Fitri, ada momen-momen yang biasa dilakukan yaitu :

Momen Penting Idul Fitri

Sholat Ied  

Sholat ied merupakan sunah dan mendekati “wajib” yang  dilakukan setiap umat islam yang dilakukan setelah fajar muncul. Ini menunjukan pelengkap puasa anda dan menandakan awal dari bulan syawal.

Wajib dilaksanakan secara berjamaah sebanyak dua rokaat dan diisi dengan khutbah pada akhir. Khutbah sholat ‘ied yang yang mayoritas berisi tentang kemenangan umat Islam setelah mengarungi samudra haus, lapar dan berbagai nafsu yang membatalkan puasa. Sholat ‘ied mengawali umat Islam untuk merayakan kemenangan sebagai manusia yang suci dari dosa. Hari bahagia yang dirayakan dengan gembira. Inilah  ititik balik manusia kembali kepada kesucian (fitrah).

Saling Bermaafan Bersama Keluarga Momen Penting Idul Fitri

Hari pertama di Hari raya Idul Fitri menjadi momen yang istimewa untuk saling bermaaf-maafan anggota keluarga terutama kepada kedua orang tua. Hari raya Idul Fitri, sangat identik sekali dengan momen untuk saling bermaafan antara anggota keluarga. Momen mereka saling mengampuni satu sama lain.

Momen bermaaf-maafan juga menunjukan momen kerendahan hati manusia sebagai makhluk yang tidak lepas dari dosa-dosa tetapi ingin menghapusnya dengan kebaikan. Dan, manusia hanya beranggapan bahwa tak pantas masuk ke surga tetapi tidak kuat atas siksa neraka. Saat saling bermaafan itulah menjadi momen penting untuk melepaskan segala dosa yang menjerat manusia.

Berziarah Ke Makam Keluarga

Hari pertama pada Hari Raya Idul Fitri juga menjadi waktu yang spesial untuk berziarah kepada keluarga yang telah mendahului untuk menghadap Allah SWT. Bukan hanya kebahagiaan di dunia saja, tetapi ingat kepada kematian membuat kita lebih bersyukur dan berbuat lebih baik pada bulan-bulan berikutnya, khususnya bisa bertemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan.

Dengan melakukan ziarah ke makam keluarga, kita bisa sekaligus mengingat momen bahagia saat keluarga kita masih hidup. Kadang momen berziarah ini bisa menjadi momen saling menangis karena mengingat keluarga pada saat hidup, dan merasa sedih tidak dapat berkumpul lagi di hari raya Idul Fitri. Dan juga sekaligus sebagai momen untuk kita berefleksi bahwa kehidupan itu tidak selamanya, karena segala kehidupan akan kembali lagi ke tangan Yang Maha Kuasa.

Menikmati Hidangan Khas Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri sangat identik sekali dengan banyak makanan. Menimati hidangan khas lebaran. Bahkan ada sebagian menu yang hanya dibuat pada saat Idul Fitri saja. Hal tersebut yang menjadikan momen lebaran menjadi semakin istimewa.

Apalagi momen menikmati makakanan khas lebaran, sambil dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga tercinta. Menjadikan momen itu semakin menyenangkan. Berkumpul dengan keluarga saat Hari Raya Idul Fitri memang menjadi momen yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Apalagi, saat semua yang hadir memberikan rasa bahagia. Di meja makan itulah, kebersamaan itu terjalin erat. Bukan hanya berbagai menu yang tersaji di meja makan saja berbaur menjadi satu tetapi kebahagiaan mampu bersatu menjadi satu untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

Semoga momen di atas dapat kita gunakan sebaik-baiknya utnuk meningkatkan nilai silahturahmi kita kepada sesama sebagai ciptaan Allah.

Sumber : Kompasiana.com

Ramadhan telah berlalu, fajar kemenangan telah menyambut.
Membawa sinar terang kedamaian dan kesucian.
Menebarkan berkah di idul fitri yang suci.

RADATIME mengucapkan,
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.
Mohon Maaf Lahir Dan Bathin.
Semoga Idul Fitri kali ini kita diberikan berkah yang melimpah.
Diberikan kebahagiaan, diberikan perlindungan dari Allah.
Dan semoga pandemic yang melanda dunia saat ini
dapat segera berkakhir. Amin.

Jangan lupa lihat koleksi terbaru jam tangan di RADATIME

Kamu perlu tips untuk memilih jam tangan Anda?
Yuk klik disini.

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *