Perbedaan Chronograph & Multifungsi
ARTIKEL

Perbedaan Chronograph & Multifungsi Jam Tangan

Berbicara mengenai fungsi tambahan pada jam tangan, ada 2 yang paling terkenal. Kedua fungsi itu adalah Chronograph & Multifungsi. Tahukah kamu dimana perbedaan keduanya?

Seiring dengan perkembangan jaman fungsi dari sebuah jam tangan semakin beragam. Beberapa fungsi tambahan tersebut dibuat untuk mempermudah pemakai jam tangan dalam beraktivitas sehari-hari. Mempermudah sehingga pemakai jam tangan tidak hanya untuk melihat waktu saja. Saat ini terdapat 2 fungsi tambahan yang sangat populer yaitu: Chronograph & Multifungsi. Namun tahukah Radatimers, apa perbedaan antara Chronograph & Multifungsi pada jam tangan ini?

Perbedaan Chronograph & Multifungsi

Chronograph

Jam Tangan Chronograph

Chronograph secara harfiah berarti “Penulis Waktu”, yang merupakan terjemahan dari gabungan kata berbahasa Yunani yaitu “chronos” yang berarti waktu dan “grafika” yang berarti tulisan.

Awalnya pada tahun 1815 oleh Louis Moinet, beliau menciptakan cikal bakal yang akan menjadi chronograph pertama setelah disempurnakan pada tahun 1816. Moinet menemukan chronograph semata-mata sebagai alat untuk bekerja dengan peralatan astronomi.

Namun secara sederhananya fungsi dari Chronograph adalah Stopwatch. Untuk membantu kita mengukur waktu jangka pendek secara lebih mudah. Radatimers dapat mengukur waktu dengan jangka tertentu dengan bantuan dari Chronograph ini.

Salah satu ciri khas dari jam tangan ini adalah umumnya terdapat 2 pushers atau tombol yang berada diantara Crown pada jam tangan Radatimers. Kedua tombol ini memiliki fungsi yang berbeda. Tombol pertama umumnya berada pada bagian atas, fungsinya adalah untuk memulai atau menghentikan fungsi dari Chronograph. Tombol yang kedua adalah untuk melakukan reset atau pengaturan kembali menjadi 0 fungsi Chronograph tersebut. Akan tetapi fungsi tombol reset ini bisa digunakan saat fungsi Chronograph dalam posisi pause atau berhenti.

Multifungsi

Jam Tangan Multifungsi

Sesuai namanya jam tangan dengan tambahan fitur Multifungsi artinya jam tangan itu memiliki fungsi lain selain menunjukkan waktu.

Fitur yang umumnya terdapat pada jam tangan Multifungsi seperti fitur untuk melihat tanggal, hari, pagi atau siang, pengukur 12 jam atau 24 jam, dan lain-lain.

Beberapa jam tangan tidak hanya meletakkan 1 fitur saja pada jam tangannya. Ada yang memberikan fungsi tanggal dan hari sekaligus. Ataupun ada yang memberikan fungsi tanggal dan 12 atau 24 jam.

Namun beberapa brand jam tangan tidak hanya memberikan fitur Chronograph atau Multifungsi saja. Beberapa brand jam tangan bahkan ada yang memberikan kedua fungsi ini sekaligus. Sehingga fungsi dari jam tangan tersebut menjadi sangat lengkap.

Nah bagaimana Radatimers, sudah mengerti perbedaan dari kedua fitur tambahan pada jam tangan ini?

Baca juga artikel lainnya ya:

Baca juga
Bagian Utama Jam Tangan, Apa Saja Itu?
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Jam Tangan Dr.Ji Sun Woo Dalam Serial ‘The World Of The Married’
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *