hari-kartini
NEWS & EVENT

Sejarah Singkat Hari Kartini: 21 April 2022

Di balik perayaan Hari Kartini yang diadakan setiap tanggal 21 April ini, ada sejarah tersendiri yang diawali dengan satu tokoh pahlawan yang bernama R.A. Kartini.

Raden Ajeng Kartini, dikenal sebagai simbol perjuangan emanispasi wanita di Indonesia hingga saat ini. Tepat pada tanggal 21April, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. RA Kartini dikenal sebagai sosok yang cerdas dan berwawasan luas itu diketahui ingin melanjutkan pendidikannya di Belanda. Beliau lahir di Jepara tanggal 21 April 1879 , Kartini lahir dari keluarga kaya raya yang merupakan putri dari bangsawan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat.

Di akhir hayatnya, Kartini berhasil mewujudkan salah satu mimpinya, yaitu membangun sekolah di Rembang.Sebuah sekolah di Rembang berhasil didirikan dengan dukungan dan bantuan suaminya, KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan Bupati Rembang. Lalu bagaimana perjuangan Kartini yang sebenarnya?

RA Kartini

Kemampuan bahasa Belanda R.A. Kartini terus berkembang sejak ia diasingkan pada umur 12, alasannya adaah karena Kartini membaca dan juga mengirimkan surat kepada temannya yang berasal dari Belanda. Keahlian membaca Kartini dia dapatkan dari Rosa Abendanon, temannya. Tekad untuk berubah dan berinovasi seperti perempuan Eropa pun terlahir dari Kartini setelah dia melakukan kegiatan korespondensi dan membaca referensi dari buku.

Kartini juga mengirimkan surat ke Ibu Ovink Soer dengan harapan ingin mendapatkan beasiswa untuk belajar di Belanda. Namun harapannya sirna karena orang tuanya tidak memberikan izin. Pada 8 Agustus 1900, harapannya kembali muncul setelah kehadian JH Abendanon, Direktur departemen Edukasi, Seni dan Agama mengunjungi Jepara. Namun sekali lagi ditolak oleh pemerintah, dengan alasan tradisional yang mengatakan perempuan tidak diizinkan untuk belajar diluar rumah.

Kardinah,Roekmini, R.A Kartini

Jadi pada Juni 1903, Kartini dan saudaranya Roekmini memutuskan untuk mendirikan sekolah khusus anak perempuan di pendopo Jepara. Pelajaran yang disediakan meliputi membaca, menggambar, menulis, memasak, etika dan juga kerajinan tangan. Perjuangan mereka tidak berhenti sampai disana, karena Yayasan Sekolah Kartini mulai didirikan di banyak tempat, seperti di Semarang pada tahun 1912, diikuti di Surabaya, Cirebon, Yogyakarta, Madium, Malang dan wilayah lainnya di Nusantara.

Hari Kartini diresmikan pertama kali sebagai salah satu hari nasional oleh presiden pertama RI, Soekarno Hatta berdasarkan Kepres RI no.108, pada tanggal 2 Mei 1964 serta menetapkan R.A Kartini sebagai salah satu pahlawan wanita di Indonesia.

Dalam rangka memperingati hari Kartini, RADATIME juga ingin turut mengapresiasi wanita Indonesia. Untuk setiap pembelian jam tangan wanita, kamu akan mendapatkan totebag manis yang bisa digunakan untuk berkativitas sehari-hari. Selamat hari Kartini!

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *