ARTIKEL,  NEWS & EVENT

SOSOK Hendra Kesuma, Menghargai Setiap Momen Melalui Jam Tangan

SOSOK Hendra Kesuma, CEO Radatime, Menghargai Setiap Momen Melalui Jam Tangan

Hendra Kesuma, CEO RADATIME selalu menyimpan setiap memori kehidupan dan menghargai setiap momennya melalui sebuah jam tangan. Ia telah terjun ke industri jam tangan selama tiga belas tahun dan juga merupakan generasi ke-3 di dalam keluarga jam tangan.

Awal cerita terbentuknya RADATIME pada 2009 dimulai dari kisahnya bersama dengan kekasihnya yang mencoba membangun sebuah bisnis melalui penjualan online. Pada masa itu, media online dan Friendster kerap kali digunakan dan sangat popular. Mereka mencoba untuk melakukan penjualannya mulai dari pagi hingga tengah malam untuk menjalankan bisnis jam tangan. Setelah berjalan melalui Friendster tiga sampai enam bulan, hasilnya nihil dan tidak ada pembelian.

Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya pada tahun 2009 Hendra pun membentuk RADATIME bersama temannya melalui website radatime.blogspot.com yang kemudian diluncurkan menjadi radatime.com pada 8 Agustus 2009.

Hendra dan temannya pun mencoba menjalankan iklan di wilayah Aceh dan Padang, tapi tak disangka penjualan pertamanya kala itu terjadi di Irian Jaya. Momen itu yang menjadi pemberi adrenalin yang luar biasa bagi tim. Walaupun saat itu orang sekitar, kerabat dan juga teman yang dikenal pun merasa penjualan online sangat tidak mungkin karena internetnya belum secanggih sekarang.

Tim sangat yakin bahwa teknologi kedepannya akan terus bergerak maju dan cepat sehingga cepat atau lambat transaksinya akan berubah ke online. Yang memotivasi Hendra untuk membangun dan menjalankan bisnis RADATIME adalah ingin mengubah mindset masyarakat tentang toko jam. Karena ia telah terjun lama di industri jam, ia tahu toko jam merupakan salah satu toko yang paling sedikit dikunjungi, hal itu karena mindset bahwa toko jam tangan hanya untuk kalangan elite.

Store

Berawal dari itulah perjuangan RADATIME untuk menghadirkan suatu pelayanan dengan kelas bintang lima dan bisa diakses oleh siapapun bahkan sampai ke seluruh penjuru dunia. Selain itu dia melihat bahwa apresiasi waktu pada masyarakat Indonesia masih kurang. Inilah sebuah kesempatan mulia bahwa di dalam bisnis kita berkontribusi kepada masyarakat yaitu mensosialisasikan tentang pentingnya momen atau waktu.

Hendra percaya, kehidupan yang berkualitas bisa ditingkatkan dengan adanya peningkatan apresiasi waktu. Selain itu ia juga sangat mengutamakan menjual barang original/asli. Karena menurutnya, memiliki karakter yang original itu sangat penting untuk kemajuan bangsa, sehingga bisa membangun atau menciptakan hal-hal yang kuat.



Sehingga hadirlah tagline RADATIME yaitu Radiate Moments In Time yang berarti memancarkan momen indah dalam waktu. Dari tagline inilah, Hendra berharap masyarakat umum bisa lebih semangat untuk menghargai momen.

Waktu selalu sama dari lahir hingga sekarang, namun aktivitas terus bertambah. Mengingat hal itu, ia menyadari manajemen waktu yang baik adalah ketika bisa meningkatkan peluang kesuksesan serta kebahagiaan dan bersyukur dalam hidup.

Oleh karena itu, apa yang RADATIME hendak lakukan hanya satu, terus menjual jam tangan original dan juga mensosialisasikan bahwa jam tangan itu bukan hanya penunjuk waktu, tetapi aksesoris bermakna yang mengarungi momen penting dalam hidup kita selamanya.

Jam tangan sebagai piagam kehidupan

Jam tangan ini benar-benar aksesoris yang bermakna. Karena kerap sekali ia alami ketika orang lain yang beli jam tangan di harga sekitar Rp 150ribu pada sepuluh tahun silam, tetap membayar biaya perbaikan jam tangan yang sudah di angka Rp 300ribu. Hendra sering kali merekomendasikan untuk membeli yang baru saja namun pelanggan tersebut selalu meminta tolong untuk tetap memperbaiki jam tersebut karena barang itu adalah peninggalan dari seseorang.

Ia juga menceritakan pengalamannya ketika jam tangannya juga menjadi saksi sejarah ketika ia memulai dari awal karir dan telah mencatat suka dan duka yang jasanya besar.

Maka dari itu, jam tangan adalah hadiah terbaik yang juga bisa dikatakan sebagai piagam terutama sebagai hadiah untuk orang berkelas tinggi, karena memberikan jam seperti mempersembahkan waktu yang mulia dan berharga.

Meskipun kita sudah sudah tidak ada di dunia ini lagi, jam itu masih akan tetap mencatat momen bagi yang terhubungan dengan jam tersebut, sehingga jam tangan itu akan benar-benar menyimpan memori.

Pegang Prinsip Apresiasi Waktu

Dalam menjalankan dan mengembangkan RADATIME, Hendra memegang prinsip apresiasi waktu sebagai prinsip utama. Menurutnya, kita wajib untuk mengapresiasi waktu, karena waktu adalah sesuatu yang mahal dan tidak bisa dibeli dengan uang jika dilewatkan tanpa kita hargai. Kemudian prinsip dari apresiasi waktu itu akan membuat kita mencintai proses, bahwa untuk mencapai hasil yang bagus, proses adalah salah satu elemen terpenting.

Kemudian ia juga mengatakan, selama menjual jam tangan, menjaga kesempurnaan jam tangan adalah hal paling penting dan menjadi salah satu tantangan yang besar. Karena apabila ada satu goresan kecil saja itu bisa membuat customer tidak jadi membeli. Maka pada jam tangan, kesempurnaan itu sangat diperhatikan.

Diliput oleh:

This image has an empty alt attribute; its file name is TRIBUN-AH-1.webp

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *