1 Unit Jam Tangan 400 Miliar
INFO JAM TANGAN

Terjual! 1 Buah Jam Tangan Seharga Rp 465 Miliar

1 Buah jam tangan seharga Rp 465 Miliar akhirnya terjual! Jam tangan merek PATEK PHILIPPE, Grandmaster Chime Ref. 6300A-010. Terjual di pelelangan Geneva, Swiss, pada tanggal 9 November 2019.

Tepatnya 31,19 juta Dolar Amerika atau senilai 23.250 unit sepeda motor (seharga Rp. 20 juta per unit) atau senilai 3.100 unit mobil Low Cost Green Car, 25 unit mobil Lamborghini Adventador S Roadster (seharga Rp. 19 miliar per unit).

Apa Hebatnya 1 Buah Jam Tangan Seharga Rp 465 Miliar Ini?

Adalah pertanyaan yang paling sering muncul dan sulit dijelaskan dengan satu kalimat. Untuk itu mari kita coba melihat kehebatan jam tangan ini dari beberapa poin.

Merek Patek Philippe

Patek Philippe berdiri lebih dari 180 tahun, tepatnya pada tahun 1839.

Passion Is More Important Than A Rule Book” adalah filosofi yang dipegang Patek Philippe. Tidak ada buku peraturan cara membuat jam bagi pembuat jam (watchmaker) yang bergabung di Patek Philippe.

Karena yang dibutuhkan adalah hasrat (passion) yang dicapai dengan keterbukaan dan ide.

Filosofi ini membuat Patek Philippe menciptakan jam terbaik di dunia yang mengoptimalkan setiap dimensi pemikiran pembuatan jam tangan.

Standar tertinggi membuat Patek Philippe dikenal oleh seluruh komunitas pembuatan jam sebagai yang terketat yang pernah ada. Mereka menentukan standar ketelitian ekstrim dengan prosedur inspeksi ketat yang tidak membiarkan ruang untuk kompromi.

Standar tertinggi berlaku secara total dari mesin, rangka, komponen eksterior (dial – muka jam, hands – jarum jam, pushers – tombol-tombol, bracelets – rantai, clasps – knop, dan lain-lain). Seluruhnya dibuat dengan pengetahuan total “know-how” dan seluruh aset yang diperlukan untuk desain, produksi serta perawatan jam yang terbaik.

Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 Itu Sendiri

Diluncurkan pada tahun 2014 untuk merayakan 175 tahun hari jadi Patek Philippe. Grandmaster Chime adalah jam tangan ter-rumit dengan 20 komplikasi termasuk 5 fungsi akustik* dengan dua di antaranya telah terpaten global oleh Patek Philippe.

*Fungsi akustik yang dipatenkan adalah bunyi alarm yang telah terprogram dan bunyi yang berdentum menginformasikan tanggal sewaktu diaktivasi oleh pemakai.

Jam tangan ini memiliki akurasi ekstrim dengan toleransi tidak lebih dari -3/+2 detik per hari dimana akurasi jam tangan otomatis umumnya +/-5 detik per hari.

Standar paling ketat untuk penyelesaian tahap akhir secara manual yang mengacu kepada tradisi Grand Genevan yang disegel dengan “Patek Philippe Seal”*.

*Patek Philippe Seal

– Patek Philippe Seal adalah segel dengan standar kualitas tertinggi dalam pembuatan jam tangan yang diimprovisasi dari Geneva Seal dengan garansi seumur hidup.

– Geneva Seal adalah segel standar kualitas tinggi yang wajib menjadi syarat utama jam berkualitas tinggi berharga sangat mahal.

– Untuk mendapatkan Geneva Seal, setiap komponen jam tangan wajib lulus inspeksi visual dengan pembesaran 4 kali atau jika ada yang kurang jelas maka digunakan 15 kali pembesaran.

– Beberapa kriteria Geneva Seal adalah polished chamfers – setiap ujung harus dipotong dan dipoles sempurna; circular graining – corak memutar pada komponen sehingga jejak pengerjaan sama sekali tidak berbekas; setiap komponen seperti lubang, permata harus dipoles sempurna; penggunaan komponen low-end sama sekali tidak diperbolehkan.

Detail Sebuah Jam Tangan
Detail yang sangat presisi dan berestetika tinggi. Sumber: Monochrome.
Detail mesin Patek Philippe yang sempurna. Sumber: Patek Philippe
Detail Mesin Jam Tangan
Movement dari Grandmaster Chime Ref. 6300A-010. Sumber: timeandtidewatches.com

Spesifikasi Teknis PATEK PHILIPPE 6300A-010

  • Hanya 1 pc di dunia dengan julukan “The Only One”.
  • Membutuhkan 100.000 jam untuk membuat jam tangan ini.
  • Rangka/Case, diameter: 47.7mm diameter, tebal: 16.07mm.
  • Case 2 tampilan atas bawah yang bisa diputar dan dilapisi kaca kristal safir.
  • Sisi waktu, warna ebony black – emas solid 18 karat.
  • Sisi kalender, warna golden opaline dengan corak guilloched hobnail yang dibuat dengan tangan (corak petak-petak kecil berbentuk piramida).
  • Beberapa Fungsi/Komplikasi:
  • Grande Sonnerie: Dentang informasi jam berapa, dentang informasi menit ke-15 ke berapa dan dentang informasi menit, yang bunyi secara otomatis tanpa harus diinisiasi oleh pengguna.
    Contoh: Jika jam menunjukkan pukul 10:48 akan berbunyi dentangan 10 kali, kemudian dentuman kombinasi dua gong 3 kali penanda 15 menit x 3= 45 menit, dan 3 kali dentuman tunggal menandakan 45+3= menit ke 48.
  • Petite Sonnerie: Dentang informasi jam berapa atau dentang informasi menit ke-15 ke berapa, yang bunyi secara otomatis tanpa harus diinisiasi oleh pengguna.
  • Minute Repeater: Dentang informasi jam berapa, dentang informasi menit ke-15 ke berapa dan dentang informasi menit yang bunyi ketika diinisiasi oleh pengguna.
  • Alarm dengan bunyi dentang.
  • Date Repeater: Informasi tanggal yang bisa berdentang.
  • Penanggalan kalender abadi.
  • Power-reserve indicator: Indikator enerji jam ini.
  • Strikework power-reserve indicator: Indikator enerji alat yang berdentang.
  • Second time zone: Zona dua waktu.
  • Moon Phase: Penanda posisi bulan (dari tanpa bulan – bulan sabit – purnama).
  • Four-digit year display: Tampilan tahun 4 digit. (too technical)
  • Mesin: Kaliber Calibre 300 GS AL 36-750 QIS FUS IRM – in-house (dibuat sendiri), dengan Patek Philippe Seal, 108 jewels (batu permata) – 25,200 Vibrasi Per Menit – 72 jam power reserve disempurnakan dengan Spiromax balance.
  • Kulit: Kulit aligator bermotif persegi yang dijahit tangan dengan knop fold over clasp.

Apa hebatnya lagi dari jam tangan ini?

Ingin tahu lagi kehebatan 1 buah jam tangan ini sehingga bisa terjual begitu tinggi harganya?

Kelebihan dari sisi intrinsik hampir mayoritas telah dijabarkan di atas, mari kita ulas dari sisi ekstrinsik.

Menurut hodinkee.com, persimpangan dari pembeli yang terkualifikasi dan pembeli yang memiliki apresiasi tertinggi dari ekspresi jam tangan Patek paling ekstrim adalah cukup kecil.

Tapi renungkan ini, “jam tangan ini hadir di acara pelelangan yang berisi peserta lelang yang terbiasa membayar puluhan hingga ratusan juta dolar Amerika untuk sebuah karya seni terbaik di dunia. Tiba-tiba, Patek adalah sesuatu yang dianggap jam paling ekslusif atau seni horologi yang pernah diproduksi. Selalu ada level selanjutnya”.

Penutup

Menurut kami, RADATIMERS, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik, alasan untuk memiliki sebuah jam tangan terdiri dari 5 alasan yaitu fungsi, status, fesyen, gaya hidup dan apresiasi terhadap mahakarya.

Dari sisi fungsi, jam tangan ini menyajikan informasi mengenai manajemen waktu dengan sangat komplit dan diproduksi dengan level tertinggi kombinasi antara buatan tangan, teknologi serta seni.

Yang paling dominan adalah kulminasi waktu dan upaya yang menembus batas rasional dalam mengapresiasi mulianya waktu dalam sebuah mahakarya. Hal inilah yang membuat nilai sebuah karya menjadi tidak relevan dengan analisa rasional dari sisi intrinsik.

Dibutuhkan intelijen dan wawasan yang tinggi untuk bisa menikmati suatu transmisi intelijensi dari pembuat ke pihak yang menikmati. Oleh sebab itu, hampir tidak ada suatu patokan harga yang bisa membatasi nilai kenikmatan ini.

Sebuah jam tangan layak disebut sebagai sebuah mahakarya yang disebut sebagai ultimate accessories atau the best microengineering in the universe.

Karena sebuah jam tangan sempurna adalah karya seni yang bisa dinikmati langsung di pergelangan tangan sang pemakai di berbagai dimensi waktu dan ruang.

Serta manfaat positif yang ditimbulkan dari sebuah jam tangan selain status, fesyen dan gaya hidup, juga menunjukkan seberapa penting makna perjalanan waktu bagi sang pemakai.

Menurut Anda, apakah ada alasan lain sehingga 1 buah jam tangan ini pantas terjual di harga ratusan miliar Rupiah?

#radiatemomentsintime

Hendra Kesuma

CEO of RADATIME

Referensi:

https://www.cnbc.com/2019/11/11/most-expensive-watch-ever-sold-fetches-31-million-at-auction.html

https://www.patek.com/en/company/news/patek-philippe-philosophy/the-heart-as-an-assistant

https://monochrome-watches.com/patek-philippe-6300a-unique-steel-grandmaster-chime-only-watch-2019/

https://monochrome-watches.com/watchtime-wednesday-patek-philippe-seal/

https://monochrome-watches.com/patek-philippe-5496p-014-perpetual-calendar-retrograde-hands-review-live-photos-specs-price/

https://www.hodinkee.com/articles/the-patek-philippe-grandmaster-chime-ref-6300a-for-only-watch-2019

https://www.timeandwatches.com/2019/06/patek-philippe-grandmaster-chime-ref.html

https://www.ft.com/content/9703b328-b1d7-11ea-8aea-0082f86ce467

https://www.forbes.com/sites/carolbesler/2019/11/09/meet-the-worlds-most-expensive-watch-31-million-patek-philippe-sets-world-record-at-only-watch-auction/#41fa467c1c87

https://articles.bplans.com/proven-strategies-to-increase-your-nonprofits-revenue/

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Sejarah Lahirnya Si Tangguh G-Shock
Ketahui Karakter Tokoh Dunia Ini Melalui Jam Tangan
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Otomatis Versi RADATIME
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *