jam tangan black market
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Tips Jitu Menghindari Jam Tangan Black Market

Barang Black Market (BM) sejatinya tidak hanya merugikan negara karena tidak melalui perpajakan. Namun barang BM juga merugikan pembeli yang tidak mendapat jaminan akan garansi resmi.

Terkadang sebagai pembeli kita pasti tergiur dengan harga yang jauh lebih rendah. Murah kurang murah dan akhirnya suka mencari dari berbagai sumber. Dari satu penjual hingga penjual lainnya akhirnya mendapat yang paling murah. Akan tetapi ada kalanya saat kita mencari yang paling murah kita tersesat dan membeli barang yang terkadang bukan resmi. Catatan: penulis bukan mendiskreditkan barang murah. Ada kalanya barang murah juga resmi kok. Hal ini juga berlaku di dunia jam tangan. Dunia jam tangan juga tidak luput dari dunia Black Market.

Layaknya dunia ponsel yang banyak diselimuti oleh barang-barang Black Market, dunia jam tangan juga begitu. Sebagai aksesoris yang harus melewati pajak yang cukup tinggi, membuat sebagian penjual nakal melakukan jalan ini. Membuatnya terhindar dari pajak membuat mereka bisa menjual jauh lebih murah dari yang lainnya. Tujuannya hanya satu yaitu meraup keuntungan pribadi.

Bagaimana Menghindari Jam Tangan Black Market?

Bukan berarti jam tangan BM tidak bisa dihindari. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu tidak membeli barang yang sekedar murah saja. Menjadi pembeli yang pintar-pintar terkadang dibutuhkan sebab pintar saja tidak cukup.

1. Perhatikan Harganya
harga jam tangan

Kalau mau dilihat dari segi harga, penulis akan memberikan sedikit pemahaman bahwa ada range harga yang bisa diterima. Range harga yang termasuk wajar dan sudah masuk taraf tidak wajar. Jika kamu akan membeli sebuah jam tangan misalkan dengan harga umumnya Rp. 2 juta. Jika ada yang menjual dengan harga Rp. 100 – Rp. 500 ribuan itu sudah bisa dipastikan sebagai jam tangan palsu (KW).

Lantas bagaimana dengan range harga yang termasuk BM? Umumnya dengan harga sekitar Rp. 2 juta maka jika ada yang menjual lebih murah maka harga yang bisa diterima sekitar Rp. 100 ribu – Rp. 150 ribu lebih murah. Di luar dari harga segitu maka saya sendiri akan meragukan jam tangan tersebut.

2. Belilah Dari Tempat Terpercaya
toko terpercaya

Ini lah cara paling jitu untuk menghindari barang BM. Belilah dari toko yang memang terpercaya. Hanya menjual barang original saja. Contohnya adalah RADATIME.CO.ID yang merupakan Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia sejak tahun 2009. Sudah 11 tahun mengarungi dunia jam tangan menjadi sebuah keyakinan yang bisa kamu percayakan.

Hanya menjual barang original dan bergaransi resmi, sebab bagi RADATIME.CO.ID kepuasan dan kepercayaan customer adalah nomor 1.

3. Perhatikan Kelengkapan & Garansinya
kelengkapan jam tangan

Kalau kamu merasa sudah menemukan harga yang wajar dan penjual yang kamu bisa percayai makan ini langkah berikutnya. Tanyakan mengenai kelengkapan yang didapat + garansinya. Jika kamu hadir di toko langsung tanyakan langsung kepada sellernya mengenai buku garansi dan kelengkapan kotaknya.

Jika kamu akan membelinya secara online maka tanyakan kepada seller mengenai garansi yang didapat apakah garansi nasional atau garansi toko. Sebuah brand jam tangan yang resmi menerima garansi secara nasional dan bisa diperbaiki dimana saja. Berbeda dengan jam tangan BM, karena tidak melewati perpajakan umumnya jam tangan tersebut tidak dilengkapi dengan buku garansi. Biasanya seller jam tangan BM hanya akan memberikan garansi toko. Jangan pernah terima garansi seperti itu.

kotak dan kartu garansi

Saran dari saya sendiri adalah jika akan membeli secara online maka belilah dari toko yang sudah punya kredibilitas tinggi di dunia ini. Sebab beberapa seller nakal malah akan berbohong jika ditanyakan mengenai garansi.

Sedikit tips, umumnya jam tangan BM tidak bisa dilihat dari mesinnya, sebab mesinnya adalah original. Hanya saja jam tangan BM tidak melewati perpajakan jadinya akan merugikan negara dan sebagai pembeli kita juga dirugikan dengan benefit yang tidak bisa kita dapatkan sebagai pembeli.

Inilah sedikit tips yang bisa penulis bagikan agar kamu dapat terhindar dari jam tangan black market (BM). Pintar-pintar lah menjadi seorang pembeli, sebab terkadang pintar saja tidak cukup.

Baca Juga:

TEMUKAN SEJARAH PERKEMBANGAN JAM TANGAN DI DUNIA YANG BELUM KAMU KETAHUI DISINI!

KENAPA JAM TANGAN BISA MAHAL & LAYAK INVESTASI?

TIPS MERAWAT JAM TANGAN OTOMATIS ALA RADATIME

Follow us on :

Instagram : @RADATIME.ID

FACEBOOK : @RADA TIME

YOUTUBE : RADATIME

OFFICIAL WEBSITE : www.radatime.co.id

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *