tips merawat jam tangan otomatis
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Tips Merawat Jam Tangan Otomatis Yang Benar

Orang mengatakan sesuatu yang istmewa perlu perawatan yang istimewa juga agar tetap mengeluarkan aura pancarannya.

Salah satu mahakarya di dunia jam tangan ya jam tangan otomatis. Sebuah mesin penunjuk waktu yang hanya berdiameter 40-50mm dengan lebih dari 120 parts di dalamnya. Setiap bagian terbentuk dan tersusun dengan sangat presisi. Bayangkan, bukankah sebuah mahakarya? Seperti dibilang di awal, mahakarya harus dirawat dengan baik. Untuk jam tangan otomatis kita juga harus paham tips merawat jam tersebut agar lebih tahan lama.

Merawat jam tangan otomatis sendiri adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah sih. Menurut penulis sendiri ya semuanya didasarkan pada kebiasaan saja. Jika kita sudah terbiasa pasti tidak akan terasa sulit. Sebenarnya untuk perawatan bukan kita harus membuka setiap bagian jam tangan dan dibersihkan. Tips merawat jam tangan otomatis ini lebih kepada cara penggunaan dan penyimpanan saja.

Tips Merawat Jam Tangan Otomatis

Cara-cara yang akan saya share disini adalah lebih kepada pengalaman sendiri yang digabungkan dengan beberapa literasi. Saya mencoba untuk menyerdehanakan tips ini semudah mungkin agar dapat dilakukan dengan mudah. Kamu pun yang melakukannya akan terasa lebih mudah dan terbiasa.

1. Penggunaan
jam tangan otomatis

Mungkin banyak yang bertanya aktifitas tangan yang terlalu padat dapat merusak jam tangan otomatis. Ini mitos atau fakta? Ini adalah fakta. Jangan menggunakan jam tangan otomatis saat kamu memiliki kegiatan tangan yang tinggi. Seperti saat olahraga yang seperti tenis, voli, ataupun badminton.

Hal ini disebabkan oleh mekanisme jam tangan otomatis yang tersusun dari ratusan parts kecil yang sangat presisi. Gerakan tangan yang besar atau hentakan yang keras dan konstan tentu dapat membuat beberapa parts sedikit lari posisinya. Efek yang dapat diakibatkan seperti akurasi yang berkurang atau paling parah adalah kerusakan.

Untuk itu sebaiknya gunakan jam tangan otomatis kamu saat tidak memiliki aktifitas tangan yang tinggi. Seperti saat bekerja, sedang hangout, ataupun sedang berada dalam kegiatan sehari-hari.

2. Pengisian Daya
oscilator weight jam otomatis

Jam tangan otomatis saat ini sudah memiliki mekanisme pengisian daya sendiri saat kita gunakan. Menggunakan oscilator weight untuk mengisi daya di mainspring. Namun sampai saat ini ada cara lain untuk mengisi daya. Cara yang sudah digunakan sejak jaman dahulu untuk mengisi daya yaitu dengan memutar crown.

Untuk mengisi daya via crown tersebut juga memiliki aturannya tersendiri. Memutar crown yang benar adalah melakukannya minimal 2 hari sekali. Sebab umumnya daya tahan dari jam tangan otomatis sendiri jika minim pergerakan adalah 40 – 48 jam.

Jumlah putaran juga harus diperhatikan, umumnya adalah 20-30 kali putaran dan jangan terlalu banyak. Memutar terlalu banyak akan membuat mainspring terkunci terlalu kuat dan takutnya malah akan merusaknya. Kemudian adalah putar crown searah dengan jarum jam.

3. Penyimpanan
watch winder

Seperti yang dibilang pada poin sebelumnya daya tahan pada jam tangan otomatis umumnya 40 – 48 jam. Jika disimpan terlalu lama dan tidak digunakan atau tidak digerakan tentu jam tangan otomatis tersebut akan berhenti.

Untuk membuatnya tetap dapat bergerak meskipun kamu tidak menggunakannya adalah bisa dengan menyimpan di dalam watch winder. Dengan watch winder, jam tangan otomatis tersebut akan tetap bergerak dan mengisi daya. Jadinya jam tangan otomatis kamu tidak akan kehabisan daya. Meskipun kamu tetap bisa mengisi daya dengan memutar crown setiap 2 hari sekali, namun akan lebih memudahkan jika disimpan di watch winder.

Nah sudah mengerti kan bagaimana tips-tips untuk merawat jam tangan otomatis kamu. Akan penulis bagikan lagi beberapa tips seputar dunia jam tangan. Jangan sampai kelewatan ya.

Baca juga

Ingin Menghemat Waktu ? Ternyata ada tipsnya!!
Alasan Mengapa Jam Tangan Cocok Dijadikan Hadiah
Jam Tangan Dr.Ji Sun Woo Dalam Serial ‘The World Of The Married’
Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan #DirumahAja!

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *