winding jam tangan otomatis
INFO JAM TANGAN,  TIPS JAM TANGAN

Winding Jam Tangan Otomatis Yang Benar

Winding adalah kegiatan untuk memutar crown atau mahkota jam tangan kamu agar jam tangan otomatis kamu dapat terisi dayanya.

Sebab pada jam tangan otomatis awalnya adalah menggunakan sistem manual winding. Sistem winding otomatis dengan menggunakan rotor untuk membantu mengisi daya adalah inovasi dari Seiko yang jauh setelah sistem manual winding. Namun ada yang perlu diperhatikan agar winding jam tangan otomatis kamu benar dan tidak rusak.

Menurut kami ada 2 hal yang perlu diperhatikan saat winding jam kamu. Pertama adalah berapa kali kamu winding, yang kedua adalah arah winding kamu. Kami akan membahas lebih mendalam mengenai detil dari kedua hal ini.

Koleksi Jam Pria | Koleksi Jam Wanita

Cara Winding Jam Tangan Otomatis Yang Benar

Kapan Harus Melakukan Winding?

Seiko | Alexandre Christie | Aries Gold | Bonia

power reserve winding jam tangan
Power Reserve Jam Tangan

Jadi setiap jam tangan otomatis juga memiliki penyimpanan daya pada main spring. Penyimpanan daya ini berbeda setiap brand antara 40 jam – 200 jam. Namun umumnya untuk brand-brand komersial yang biasa dijumpai adalah 48 jam.

Untuk setiap kali kamu melakukan winding maka jam tangan kamu bisa berjalan sampai 2 hari jika winding penuh. Nah pertanyaannya pasti adalah berapa lama winding yang diperlukan agar jam tangan tersebut bisa terisi penuh?

Power reserve dengan penanda
Model Power Reserve

Kembali lagi berapa kali putar agar jam tangan tersebut bisa terisi penuh adalah tergantung kepada power reservenya. Semakin besar suatu power reserve tentu memerlukan putaran yang lebih banyak daripada yang power reserve kecil. Akan tetapi umumnya adalah butuh sekitar 20-30 kali putaran untuk power reserve 48 jam.

Kalau memutar lebih bagaimana? Untuk mekanisme jam tangan sekarang sebenarnya tidak ada masalah. Karena saat daya sudah terisi penuh maka yang kita putar tidak akan mempengaruhi main spring lagi. Ada juga yang putarannya akan menjadi lebih keras saat dayanya sudah terisi penuh.

Jadi sudah tahu kapan dan berapa kali harus melakukan winding? Saran kami adalah winding lah sehari sekali sebelum memakai jam tangan agar terasa optimal sebanyak kurang lebih 20 kali. Kalau yang winding otomatis maka tidak perlu diputar crownnya.

Arah Winding?

Casio | Garmin | Apple Watch | Tissot

Arah Winding Jam Tangan

Sebaiknya arah winding yang benar adalah sesuai dengan putaran jarum jam (clockwise). Hal ini dilakukan untuk tetap merawat main spring. karena umumnya mekanisme pergerakan jam tangan otomatis adalah sesuai dengan jarum jam. Memutarnya berlawanan arah jarum jam ditakutkan akan merusak roda gigi di dalamnya.

Bagusnya adalah di jaman sekarang ini banyak jam tangan otomatis yang membuat jika crown diputar terbalik maka dia tidak akan mempengaruhi main spring lagi. Namun ini tidak terdapat pada semua brand.

Nah kamu sudah paham kan bagaimana melakukan winding yang benar? Semoga bermanfaat ya. Bagikan juga artikel ini.

Baca juga :
Membedakan Jam Tangan Original Dan Palsu
Rekomendasi Jam Tangan Automatic Versi RADATIME
Beberapa Tipe-Tipe Jam Tangan Masa Kini
Seiko 5 & Street Fighter V, Kombinasi Nostalgia
Rekomendasi Jam Tangan Pria 2020
6 Jam Tangan Unik Di Dunia. Yang Kedua Unik Banget

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *